Fakta Taman Sari yang Belum Kamu Tahu

Kota Yogyakarta adalah pilihan yang paling di cari pelancong di Indonesia, Destinasi wisata yang indah dan memukau. Paket pilihan liburan yang beraneka ragam seperti wisata alam, kuliner yang aduhai enaknya sampai wisata sejarah dapat Kamu nikmati di Kota Gudeg itu.

Destinasi wisata Taman Sari berada di di Jl. Komplek Taman Sari, Kraton, Patehan Yogyakarta. Apakah Kamu tahu guys? Bahwasannya tempat wisata ini dulunya merupakan tempat rekreasi untuk para keluarga kerajaan. Selain menjadi tempat rekreasi, tempa ini juga merupakan benteng pertahanan yang sudah berdiri sejak zaman dahulu.

destinasi wisata taman sari jogja

Objek wisata Taman Sari menjadi cagar budaya warisan Keraton Yogyakarta yang masih dapat kita lihat berdiri gagah . Objek wisata memukau ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan HB I, pada tahun 1758. Sampai saat ini istana Taman sari sudah mengalami beberapa kali renovasi sehingga terllihat menarik tanpa menghilangkan nilai historisnya. Taman sari terletak sekitar 300 meter sebelah barat dari Keraton Yogyakarta.

Daya tarik pengunjung berwisata ke Taman sari yaitu di sana  memiliki kolam air yang dikelilingi benteng setinggi 6 meter. Konon pada dahulu kala Taman sari dipergunakan untuk mandi para istri-istri Sultan HB X. Ditempat tesebut anda akan menemukan tempat semacam menara yang dipergunakan untuk melihat dan mengamati istri-istrinya yang sedang mandi.

Tujuan dibangunnya Taman sari Yogyakarta sebagai kompleks taman kerajaan yang di dalamnya terdiri dari : kolam pemandian, kanal air, ruangan-ruangan, dan sebuah kolam besar. Bangunan-bangunan pada Taman sari Yogyakarta terdiri dari :

1. Bagian Sakral  di Taman sari Yogyakarta berupa bangunan yang sedikit menyendiri yang dulunya digunakan oleh Sultan dan keluarganya untuk melakukan semedhi atau pertapaan.
2. Bagian Kolam Pemandian digunakan untuk membersihkan diri oleh Sultan dan keluarganya yang terdiri dari dua kolam yang dipisahkan oleh bangunan bertingkat. Air yang keluar dari pancuran yang berbentuk binatang dihiasi oleh pot-pot besar.
3. Bagian Pulau kenanga ada berbagai bangunan yaitu Pulau Cemeti, Sumur Gumulih dan lorong-lorong yang berada dibawah tanah.

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Fakta Taman Sari yang Belum Kamu Tahu. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Fakta Taman Sari yang Belum Kamu Tahu"

Post a Comment

Bali Attractions