Tempat Wisata Terbaik Yang Ada Di Indonesia: Serunya Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Goa Tapi Ada Airnya

Serunya Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Goa Tapi ada Airnya. - Tempat Wisata di Yogyakarta memang mempunyai banyak sekali variasi yang sangat beragam. Anda sanggup menemukan tempat wisata berupa museum, tempat bersejarah, pantai, gunung, dll. Salah satu yang juga sanggup anda temui yakni tempat wisata berupa goa. Sebenarnya hampir di setiap wisata goa yang ada di Indonesia, mengatakan satu keindahan alam yang hampir sama, yaitu berupa formasi stalagtit dan stalagmit yang indah dan dengan banyak sekali bentuk. Namun di disini kami akan membahas sebuah tempat wisata yang sangat unik yaitu Goa Pindul. Keunikan dari Goa ini yakni bagaimana kita menyusuri goa ini dari pangkal hingga ujung goa. Pasti anda akan berpikir kalai Goa Pindul ini sama dengan goa lainnya di Indonesia. Nyatanya tidak. Karena Goa Pindul ini didalamnya mengalir sungai bawah tanah. Sehingga sanggup dikatakan bahwa Goa Pindul ini berupa goa tapi didalamnya ada airnya. Goa Pindul mempunyai panjang 350 meter dengan kedalaman sungai antara 5 hingga 12 meter. Untuk menyusurinya tentu saja berbeda dengan menyusuri goa lain. Untuk menyusuri Goa Pindul diharapkan peralatan standard keamanan berupa rompi pelampung serta pelampung yang dalam hal ini menggunakan ban dalam bekas yang muat diduduki orang dewasa. Seru Bukan ? Mari kita ikuti review selengkapnya dari tempat wisata di Goa Pindul Yogyakarta ini.

 Tempat Wisata di Yogyakarta memang mempunyai banyak sekali variasi yang sangat bermacam-macam Tempat Wisata Terbaik Yang Ada Di Indonesia: Serunya Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Goa Tapi ada Airnya



Lokasi Goa Pindul

Lokasi Goa Pindul yakni di Yogyakarta atau alamat lengkapnya ada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Jalur yang anda lewati bila dari Yogyakarta menggunakan kendaraan beroda empat eksklusif yakni :

Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) – Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari  ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga hingga lokasi yang banyak terdapat goresan pena Pindhul/Pindul.

Legenda Goa Pindul Yogyakarta

Keberadaan Goa Pindul di Gunung Kidul Yogyakarta ini tidak sanggup dilepaskan dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang sudah diceritakan secara turun temurun oleh masyarakat sekitar goa. Kisah ini yakni kisah Joko SInglulung ketika sedang mencari ayahnya. beliau mencari dengan menelusuri hutan yang lebat, menyusuri sungai hingga mencarinya didalam goa. Saat mencari di goa yang ada airnya ini, kepala Joko Singlulung terbentur watu besar dan pipinya menjadi bengkak. Goa tempat Joko SInglulung terbentur ini dinamakan Goa Pindul yang berasal dari kata "Pipi gebendul", yang artinya pipi yang terbentur.

Serunya Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta

Seperti telah kami ungkapkan didepan bahwa untuk menyusuri Goa Pindul ini harus dilakukan dengan pelampung sebab kondisi yang basah dan sangat dalam. Aktivitas ini dinamakan "Cave Tubing". Istilah Cave Tubing pertama kali dipakai untuk menyebut penyusuran Goa Kalisuci. Cave Tubing di Kali Suci menggunakan ban ini diklaim sebagai kegiatan yang pertama di dunia, yang kemudian diikuti goa lain termasuk Goa Pindul yang terdapat sungai bawah tanahnya. Untuk menyusuri Goa Pindul ini harus berkelompok ya. Biasanya satu kelompok atau rombongan akan di pandu oleh satu petugas khusus yang bertugas menarik ban-ban pelampung rombongan sambil sekaligus menjadi pemandu wisata. Di dalam goa nanti petugas ini yang akan memperlihatkan kepada pengunjung ihwal beberapa informasi yang menarik. Oh ya bila memasuki Goa Pindul harus saling bergandengan ya. Di bannya ada talinya khusus yang harus dipegang oleh sesama anggota rombongan. Jika anda tiba sendirian atau dengan kelompok kecil biasanya akan digabungkan dengan rombongan lainnya. Anda diperbolehkan membawa kamera selama memasuki GoaPindul dan bebas memotret namun harus hati-hati ya, lengh dikit sanggup kecemplung ke air nanti kameranya. Tapi kalau tidak bawa kamera juga sayang banget, kapan lagi sanggup mendapat moment unik ibarat ini.

Setelah masuk ke dalam Goa Pindul anda akan disuguhkan dengan beberapa formasi stalaktit dan stalagmit yang indah banget. Air dalam Goa ini damai kok, gak deras, bahkan alirannya tidak terasa, jadi aman. Pemandu biasanya menarik rombongan dengan pelan-pelan sambil menikmati pemandangan serta menjelaskan beberapa fenomena alam yang ada di dalam Goa Pindul yang menarik. Hati-hati ya, jangan sering-sering mendongak keatas, sebab di dalam goa terdapat kelelawar yang sanggup saja buang air kena wajah anda, hehe. Agak mengganggu sih, namun bagaimana lagi, secara alamiah memang goa ini yakni rumah mereka kan ? Kita yang bertamu disitu, jadi ya harus sedikit bersabar. Oh ya, kalau punya senter sanggup dibawa, yang khusus untuk adventure ya semoga lebih asyik. Didalam belum ada lampunya, penerangan hanya mengandalkan senter dari pemandu saja.

Di dalam Goa Pindul ada satu spot yang sangat menarik sekali. Pemandangan disini sungguh luar biasa. Kaprikornus di tempat ini cuilan atas goa ada semacam celah sehingga sinar matahari sanggup masuk. Jika anda memotretnya dengan angle yang pas dan settingan yang sepakat maka anda akan mendapat gambar yang luar biasa. Di bawah ada orang yeng sedang berenang di dalam goa dengan dihiasi sinar surgawi yang masuk ke dalam goa melalui celah tadi. Wuih, cantik deh, hampir ibarat dengan yang ada di Goa Jomblang.

 Tempat Wisata di Yogyakarta memang mempunyai banyak sekali variasi yang sangat bermacam-macam Tempat Wisata Terbaik Yang Ada Di Indonesia: Serunya Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Goa Tapi ada Airnya


Begitulah keindahan Goa Pindul yang telah populer di Indonesia. Karena keindahannya ini mengakibatkan tempat wisata Goa Pindul selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada isu terkini liburan. Saran kami bila ingin benar-benar menikmati keindahan dan suasana Goa Pindul, tiba saja pada waktu tidak isu terkini liburan. Dijamin menyenangkan. Pada isu terkini liburan maka akan penuh sesak. Ini yakni gambar Goa Pindul pada Bulan Mei 2015 ketika isu terkini liburan.

 Tempat Wisata di Yogyakarta memang mempunyai banyak sekali variasi yang sangat bermacam-macam Tempat Wisata Terbaik Yang Ada Di Indonesia: Serunya Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Goa Tapi ada Airnya


Penasaran bukan ? berikut ini akan kami berikan video ihwal wisata Goa Pindul. Dalam video ini akan ditampilkan pemandangan dari mulai diluar goa hingga ke dalam Goa Pindul Yogyakarta. Jika ingin melihat dalaman Goa Pindul ya mari berkunjung ke Goa Pindul Yogyakarta.


Fasilitas Goa Pindul Yogyakarta

Wisata Goa Pindul ini termasuk wisata yang sudah dikembangkan dengan baik. Disini telah tersedia mushola, warung-warung dna resto yang sanggup juga dijadikan sebagai tempat peristirahatan. Hal ini penting sebab biasanya dalam setiap rombongan tidak mesti semua ikut ber-Cave Tubing Ria, sebab mungkin ada anak kecil, atau orang renta yang mustahil untuk ikut nyemplung ke dalam sungai. Tentu saja mereka harus menunggu di lokasi peristirahatan. Menu yang ditawarkan oleh warung dan resto ini juga bermacam-macam serta harganya tidak terlalu mahal.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Yogyakarta

Untuk memasuki Goa Pindul Yogyakarta anda harus membayar sebesar Rp. 35.000,- per orang. Dengan biaya sebesar itu anda akan mendapat :
    Rompi Pelampung
    Ban pinggang
    Jasa guide yang profesional
    Tutorial atau pelatihan singkat penyusuran Gua Pindul

Wisata di Sekitar Goa Pindul Yogyakarta

Kita tahu bahwa tempat wisata di Gunung Kidul Yogyakarta ini ada banyak sekali. Paling banyak berupa pantai dan goa yang mempunyai pemandangan sangat eksotis. Di erat lokasi obyek wisata Goa Pindul anda sanggup menemui beberapa lokasi tempat wsiata lainnya yang tak kalah menarik. Wisata di Sekitar Goa Pindul Yogyakarta Yang paling banyak diminati yakni river tubing kali Oya. River tubing Kali Oya ini hampir sama dengan Goa Pindul namun yang disusuri yakni sungai Oya. Caranya sama, dengan menggunakan rompi pelampung dan ban dalam. (Baca : Serunya Wisata Water Tubing Kali Oya )Selain itu anda juga sanggup Off Road Desa Wisata Bejiharjo. Wisata ini masih terbilang baru. Disini pengunjung akan diajak berkeliling ke Desa Bejiharjo yang mempunyai bentang alam yang indah menggunakan kendaraan beroda empat jeep. Pastinya akan seru sebab dengan medan yang bergelombang akan memompa adrenalin kita. Selain Goa Pindul di sekitar Desa Bejiharjo juga terdapat Goa Gelatik yang pemandangannya tak kalah menarik. Anda yang masih mempunyai waktu sanggup mencoba mengunjungi goa yang satu ini.

Paket Wisata Goa Pindul Yogyakarta

Di Yogyakarta banyak sekali penyedia jasa wisata yang menyediakan Paket wisata Goa Pindul dengan banyak sekali kemudahan yang ditawarkan. Untuk lebih jelasnya anda sanggup browsing dahulu di internet. Di bawah ini yakni beberapa penyedia jasa paket wisata ke Goa Pindul yang sanggup anda jdikan refrensi. Perlu kami tekankan bahwa kami sama sekali tidak bekerjasama dengan penyedia jasa di bawah ini. Kami tidak bertanggung jawab terhadap layanan yang mereka sediakan. Kami mendapat informasi ini juga dari browsing di internet, daripada kami simpan, lebih baik kami infokan kepada anda, siapa tahu bermanfaat. Selain ihwal paket wisata anda juga sanggup konsultasikan ihwal penginapa atau hotel yang ada di sekitar Goa Pindul, khususnya bagi anda yang tiba dari jauh. Menurut informasi di sekitar Goa Pindul banyak dutemui semacam homestay miliki warga sekitar yang sanggup dimanfaatkan untuk menginap.

1. www.GoaPindulRizka.com
* Jl. Kyai Legi No. 101, Siyono Wetan RT. 64/10, Logandeng Playen, Gunungkidul, Yogyakarta (Sebelah selatan Gedung Serbaguna)
* Jl. Gelaran 1, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Jogja
No HP:
* 081.328.329.250
* 0878.3855.3266
* BBM: 52.509.780

2. https://www.panduanwisatajogja.com/paket-wisata-goa-pindul-jogja-2015/
Telp: (0274) 487451 (jam 09.00 – 17.00)
Telp/SMS/Whatsapp: 087738834592 / 081228056860
BBM: 7D9A1289 / 5242D654
Web: https://www.joglowisata.com/paket-wisata
Alamat:
Jl Wahid Hasyim 47-48 Waringin Condong Catur Sleman, Yogyakarta

3. https://goapindul.com/paket-wisata/
0812 2944 9004
0857 2954 3819
0819 0407 1919
pin bb: 2237e835
email: CaveTubingPindul@gmail.com
Alamat : Gelaran bejiharjo Karangmojo Gunungkidul DIY

4. https://www.rizkacatering.com


Baca Juga ya Informasi Wisata di Yogyakarta berikut :

Tempat Wisata di Yogyakarta Lengkap 
12 Pantai Indah Menawan di Gunung Kidul Yogyakarta
7 Goa Menawan di GUnung Kidul Yogyakarta 

Demikian tadi Informasi lengkap ihwal Tempat Wisata Goa Pindul yang spektakuler di Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga bermanfaat.
Sumber http://tempatwisatadaerah.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Terbaik Yang Ada Di Indonesia: Serunya Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Goa Tapi Ada Airnya. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Terbaik Yang Ada Di Indonesia: Serunya Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Goa Tapi Ada Airnya"

Post a Comment

Bali Attractions