Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: 35 Daerah Wisata Di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Balikpapan - Balikpapan merupakan sebuah kota di Kalimantan Timur, Indonesia. Balikpapan mempunyai penduduk sebanyak 701.066 jiwa, yang merupakan 22 % dari keseluruhan penduduk Kaltim. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Meskipun kota ini dijuluki dengan kota Minyak alasannya ialah kota yang penghasil minyak terbesar di Indonesia, tetapi di balikpapan mempunyai banyak tempat-tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Perekonomian kota ini bertumpu pada sektor industri yang didominasi oleh industri minyak dan gas, perdagangan dan jasa. Kota ini mempunyai bandar udara berskala internasional, yakni Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan serta Pelabuhan Semayang selain pelabuhan minyak yang dimiliki Pertamina.

Di sektor perdagangan, pemerintah kota melindungi pengusaha lokal Balikpapan dengan membentuk peraturan daerah yang tidak lagi menerbitkan izin kepada toko modern menyerupai minimarket dari luar kota untuk beroperasi di Balikpapan. Selain itu pemerintah kota juga akan mengatur jarak dan jam operasional setiap minimarket sehingga pengusaha lokal sanggup bersaing di tengah kompetisi yang semakin ketat.

Tempat wisata yang paling populer di balikpapan yang sering dikunjungi wisatawan, yaitu Pantai Kemala dan Pantai Manggar. Tetapi mungkin jikalau Anda menyukai wisata alam, maka tempat terbaik yang sanggup Anda datangi ialah Hutan Lindung Sungai Wain, sebuah hutan tropis yang sangat alami dan ialah rumah bagi sejumlah tanaman dan fauna langka di dunia.

Baca ini : Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi
Nah itulah sedikit perkenalan mengenai kota balikpapan yang ada di kalimantan timur, Nah pada kesempatan kali ini akan mengajak anda untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata terbaik yang ada di Balikpapan.

1. Tempat Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo di Balikpapan
Hutan Bakau Margomulyo
Nah ini merupakan tempat wisata yang perlu anda kunjungi, Hutan Mangrove Margomulyo terletak di Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur atau juga dekat dengan sentra kota Balikpapan.

Kawasan mangrove ini merupakan hasil pembebasan lahan yang dilakukan oleh kota Balikpapan untuk dijadikan daerah konservasi tanaman bakau. Di Objek Wisata ini Anda juga akan mendapati sebuah jembatan yang indah yang terbuat dari sebuah kayu yang cukup panjang sekitar 800 meter.

Di hutan bakau Margomulyo pengunjung sanggup menyaksikan panorama keindahan alam yang sangat mempesona, di mana tempat wisata ini juga mempunyai sebuah menara intai yang terlihat sangat cantik, yang bermanfaat untuk menyaksikan aneka macam burung yang hidup dan tinggal di dalam hutan bakau Margomulyo tersebut.

Pepohonan hijau yang rindang yang menghiasi Daerah Wisata tersebut, menjadi pemandangan yang luar biasa indah, dan menciptakan udara di daerah tersebut sangat sejuk dan segar. Di Objek Wisata hutan bakau ini sangat terjaga kebersihannya sehingga di sana Anda tidak akan menemukan sedikit pun sampah yang di buang sembarangan.

2. Tempat Wisata Caribbean Island Water Park Di Balikpapan
Caribbean Island Water Park
Caribbean Island Water Park merupakan salah satu Objek Wisata taman air paling besar yang ada di Indonesia bab timur yang menunjukkan banyak sekali macam wahana permainan air yang sungguh sangat menarik untuk Dikunjungi.

Lokasi wisata Caribbean Island Water Park terletak berada tepat di jalan Kol. Syarifuddin Yoes II kota Balikpapan, di mana wisata Caribbean Island Water Park ini ialah destinasi wisata paling favorit untuk di kunjungi para wisata keluarga yang berada di jantung kota Balikpapan tersebut.

Selain itu di wisata ini Anda juga sanggup menikmati pesona pemandangan dari salah satu pondok yang terbuat dari kayu, sambil menjaga sang buah hati yang lagi asik bermain, atau apabila Anda gemar dan suka sekali berenang, Anda bisa ikut bermain dalam kolam renang tersebut.

Untuk biaya masuk ke tempat wisata ini Anda harus membeli tiket masuk Caribbean Island Waterpark sebesar Rp 45 ribu per orang atau Rp 25 ribu per orang untuk pelajar. Di selesai pekan, harga tiket masuk berlaku sama untuk semua tingkatan umur yaitu Rp 60 ribu per orang.

3. Tempat Wisata Pantai Lamaru di Balikpapan
Pantai Lamaru
Pantai Lamaru merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Manggar Segara Sari. Pantai ini menghadap ke arah Laut Sulawesi dan mempunyai pasir putih.

Pohon-pohon rindang turut berjajar di pinggiran pantainya. Ombaknya juga cukup akrab sehingga memungkinkan pengunjung untuk bermain, berenang ataupun berolahraga air lainnya. Namun pada bulan-bulan tertentu bisa terjadi ombak yang besar sehingga tidak kondusif bagi pengunjung.

Anda tidak perlu khawatir untuk mendapat kuliner dan minuman di pantai ini alasannya ialah penjual kuliner dan minuman di area Pantai Lamaru sudah dilokasikan pada beberapa bangunan khusus. Tempat parkir kendaraan berada di tengah area wisata sehingga terlihat rapi. Fasilitas lain yang tersedia di daerah pantai ini ialah toilet, kamar ganti pakaian dan mushola.

Untuk harga tiket masuk Anda harus membayar tiket masuk Pantai Lamaru sebesar Rp 2 ribu per orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka akan dikenai tarif sebesar Rp 2.500 (roda dua), Rp 5 ribu (roda empat), dan Rp 15.000 (bus).

4. Tempat Wisata Pantai Kemala di Balikpapan
Pantai Kemala
Pantai Kemala atau juga yang di kenal dengan sebutan pantai Polda atau juga Kemala Beach ini merupakan sebuah Objek Wisata pantai yang ada di kota Balikpapan yang cukup ramai di kunjungi oleh para wisatawan, terlebih lagi jikalau hari libur tiba, pastinya Pantai Kemala ini akan sangat ramai di padati oleh wisatawan.

Pantai ini terletak di daerah sentra kota Balikpapan, tepatnya di seputaran Jln. Jend Sudirman, Balikpapan Selatan,di pantai ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah apalagi jikalau anda menikmati keindahan sunrise dan sunset pantai ini akan lebih indah lagi. Anda juga bisa menikmati permainan banana boats, dengan membayar Rp.25.000,00 per orangnya, atau Anda juga sanggup menyewa sebuah jet ski sekitar Rp.800.000,00 per orang selama 1 jamnya.

Selain itu di daerah tempat wisata Pantai Kemala ini juga mempunyai banyak sekali macam restoran yang menyuguhkan aneka macam kuliner yang sangat lezat, sembari menikmati pemandangan di Pantai Kemala Anda bisa menyantap hidangan yang di suguhkan di restoran tersebut.

Untuk biaya tiket masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Kemala ini sebesar Rp 5000 per orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka dikenai tarif Rp 1000 (kendaraan roda dua) dan Rp 2 ribu (kendaraan roda empat).

5. Tempat Wisata Pantai Manggar Segarasari di Balikpapan
Pantai Manggar Segarasari
Pantai Manggar Segara Sari merupakan sebuah Objek Wisata pantai yang paling ramai di padati oleh para wisatawan setiap harinya, di mana pantai ini telah menyuguhkan keindahan pemandangan maritim yang sangat eksotis yang bisa Anda nikmati sepuasnya, tidak hanya itu saja, di pantai manggara segara sari ini Anda juga bisa menikmati wisata pantainya sambil menikmati segala kemudahan yang di suguhkan di Daerah Wisata ini.

Pantai Manggar Segarasari terletak di Kelurahan Manggar dan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kabupaten Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Pantai Manggar Segarasari terletak kurang lebih 15 kilometer sebelah timur Kota Balikpapan.

Beberapa kemudahan permainan yang di buat khusus untuk memberi kepuasan bagi para pengunjungnya juga bisa Anda nikmati hingga puas, contohnya saja dengan permainan layang-layang, jet ski, permainan bola, banana boat, volley pantai, berenang, bermain bahtera ban, hingga kemudahan bersepeda. Atau jikalau Anda hanya ingin menikmati pantai manggar segara sari yang lebih santai, Anda bisa duduk di bawah pepohonan hijau di sekitar pantai tersebut.

Untuk biaya tiket masuk Pantai Manggar Segara Sari sebesar Rp 1.000 per orang. Jika membawa kendaraan, akan dikenai tarif Rp 2.500 (roda dua), Rp 5 ribu (roda empat), dan Rp 15 ribu (bus).

6. Tempat Wisata Hutan Lindung Sungai Wain di Balikpapan
Hutan Lindung Sungai Wain
Hutan tropis yang masih belum dijamah tangan-tangan jahil insan yang ada di Balikpapan yaitu Hutan Lindung Sungai Wain. Dengan luas hutan sebesar 10 ribu ha, Di lokasi ini, pengunjung juga sanggup menikmati treking pendek dengan melintasi jalur sepanjang 400 meter di atas titian kayu, yaitu jembatan panjang yang ada di dekat waduk air sungai wain.

Pengunjung juga bisa menikmati treking sepanjang 3Km sambil melihat-lihat beberapa tanaman langka, menyerupai Kantung semar. untuk sanggup menikmati aneka ragam tanaman dan juga binatang langka menyerupai beruang madu, pengunjung perlu mendapat izin dari pihak pengelola.

Berlokasi di KM 23 Jalan Balikpapan -Samarinda, tersedia empat paket kunjungan yang sanggup Anda pilih untuk mendapat pengalaman wisata di tempat ini. Paket ini dibedakan menurut jumlah tamu yang ingin berwisata di daerah hutan lindung. Biayanya mulai dari Rp 350 ribu rupiah untuk Paket A (1-6 tamu).

7. Tempat Wisata Penangkaran Buaya Teritip di Balikpapan
Penangkaran Buaya Teritip di Balikpapan
Tempat wisata yang menjadi pusatnya penangkaran buaya ini berada di kota Balikpapan, di mana ada ribuan jenis ekor buaya yang bisa Anda temukan. Objek Wisata ini yang sudah beroperasi semenjak tahun 1991 di atas lahan seluas 5 hektar ini juga menyuguhkan kegiatan yang sangat menarik, di mana Anda bisa memberi makan buaya-buaya yang ada di tempat wisata tersebut.

Dipenangkaran ini anda akan mendapati banyak sekali spesies buaya yang jumlahnya ada sekitar 1.450 ekor buaya. Yang mana hal ini di mulai dari buaya muara hingga ada buaya yang berjenis dua spesies buaya yang kini terancam kepunahannya, yaitu buaya air tawar dan juga buaya supit.

Apabila Anda sudah cukup puas menyaksikan beberapa buaya yang sedang menyantap kuliner yang Anda berikan, Anda juga bisa menunggangi gajah lampung untuk di ajak berkeliling sambil menyaksikan buaya yang berkeliaran bebas di Daerah Wisata tersebut.

Tempat wisata ini bisa Anda kunjungi mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore, dan untuk bisa masuk ke Objek Wisata penangkaran buaya teritip ini Anda harus membayar tiket sebesar Rp.10.000 per orangnya. Sekian ulasan berlibur ke penangkaran buaya teritip di Balikpapan.

8. Tempat Wisata Monpera Balikpapan
Monpera Balikpapan
Inilah tugu yg jadi simbol keberanian rakyat Balikpapan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Monpera ini berada di sentra kota Balikpapan, terletak di Jl. Jenderal Sudirman (di depan markas Makodam VI Tanjung Pura). Monumen ini mempunyai latar belakang pantai berpasir putih & dikelilingi taman yg tertata apik.

Di lantai bawah monumen ini, terdapat satu buah museum mungil & di sektor belakangnya ada panggung terbuka. Terhadap sebanyak aktivitas atau event kusus, tidak jarang diadakan pertunjukan-pertunjukan tradisional di ruang wisata Balikpapan yg satu ini. Buat akan masuk ke monumen, Kamu mesti membayar ticket masuk kendaraan se gede Rupiah 1000 (kendaraan roda dua) & Rupiah 2 ribu (kendaraan roda empat).

Naik ke lantai tiga museum, terdapat patung juga sebagai replika wajah dari keenam pejuang kemerdekaan asal Sumsel. Pula ada koleksi baju Instansi baik sipil ataupun militer yg diharapkan keenam tokoh usaha dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

9. Tempat Wisata Taman Bekapai di Balikpapan
Taman Bekapai
Taman Bekapai yang merupakan salah satu taman kota ini berada tepat di jalan Protokol, di mana taman bekapai ini ruangannya terbuka untuk publik yang menjadi satu-satunya tempat bersantai yang berada di tengah kehidupan perkotaan yang cukup ramai.

Sebuah taman yang berjulukan Bekapai yang letaknya ada di jantung kota Balikpapan merupakan salah satu tempat santai yang paling pas yang menyuguhkan panorama pemandangan yang sangat indah, apalagi jikalau Anda berkunjung ke tempat ini di malam hari, gemerlap lampu yang berwarna-warni akan menemani suasana santai Anda di Taman Bekapai. selain itu di taman ini ada Wifinya loh, semoga lebih gampang untuk mengakses internet di taman ini.

Di taman ini terdapat sebuah monumen yang dilengkapi dengan air mancur. Pada malam hari air mancur ini disorot dengan banyak sekali macam cahaya berwarna warni, sehingga menjadikan dampak menyerupai semburan minyak bumi yang keluar dari tanah.

10. Tempat Wisata Pantai Melawai di Balikpapan
Pantai Melawai
Pantai Melawai berada tidak jauh dari Pantai Kemala. Meskipun lokasi kedua tempat wisata ini tidak jauh namun suasana yang ditawarkan cukup jauh berbeda. Jika Pantai Kemala terkesan glamor dengan hidangan ala Eropanya, di pantai ini Anda bisa menikmati masakan dengan harga yang lebih terjangkau.

Ada banyak penjual kuliner di sekitar pantai, sajian yang ditawarkan bermacam-macam mulai dari bakso, pecel lele, es kelapa dan masih banyak lagi. Waktu yang tepat untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Balikpapan ini ialah ketika sore hari menjelang malam.

Pada ketika itu, penjual kuliner sudah ramai menggelar dagangannya. Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam sambil bersantai menikmati kuliner Anda dengan duduk lesehan di atas tikar yang telah disiapkan. Nah bagaimana indah kan? pantai melawai ini.

11. Tempat Wisata Pasar Kebun Sayur di Balikpapan
Pasar Kebun Sayur
Pasar Kebun Sayur ialah sentra kerajinan tangan di Balikpapan. Tempat ini sanggup disebut pula sebagai sentra buah tangan Balikpapan, tempat di mana Anda sanggup membawa pulang cinderamata menyerupai kerajinan dari batu-batu permata, manik- manik, batik motf ampik, dan kerajinan tradisional Dayak (mandau dan senjata lainnya).

Terletak di Jl. Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan, Anda sanggup mengunjungi tempat wisata di Balikpapan yang satu ini setiap hari. Pasar Kebun Sayur pada umumnya buka semenjak pukul 8 pagi hingga 6 sore WITA. Jika Anda ingin mendapat kuliner khas Balikpapan, sebut saja amplang kuku macan, maka Anda sanggup menemukannya di Pasar Kebun Sayur.

12. Tempat Wisata Bukit Bangkirai di Balikpapan
Bukit Bangkirai
Jika anda ingin berwisata di selesai pekan, Daerah Wisata alam Bukit Bangkirai yang terletak di Kecamatan Samboja mungkin sanggup dijadikan pilihan liburan bersama keluarga, korelasi atau kekasih. Di daerah Bukit Bangkirai ini, wisatawan sanggup menikmati suasana hutan hujan tropis yang masih alami dan bahkan kicauan burung dan suara-suara satwa hutan lainnya pun masih sanggup didengarkan.

Kawasan Bukit Bangkirai yang luasnya mencapai 1.500 hektare ini merupakan daerah hutan konservasi yang mempunyai tugas penting untuk membuatkan monumen hutan alam tropika lembap yang sanggup dijadikan sebagai sarana pendidikan lingkungan dan kehutanan.

Sebagai Daerah Wisata alam, banyak sekali sarana dan prasarana telah dipersiapkan bagi para wisatawan yang tiba menyerupai restoran dengan sajian yang cukup bervariasi, lamin untuk pertemuan yang bisa menampung 100 orang, serta penginapan berupa cottage dengan kemudahan AC maupun jugle cabin, yakni cottage yang tidak dilengkapi kemudahan listrik sehingga wisatawan yang menginap disitu sanggup merasakan suasana hutan yang sebenarnya.

13. Tempat Wisata Hutan Wanawisata di Balikpapan
Hutan Wanawisata Balikpapan
Hutan Wanawisata merupakan salah satu daerah hutan lindung dengan banyak pepohonan khas Kalimantan. Tempat wisata ini cocok digunakan sebagai lokasi piknik bersama keluarga. Bawalah tikar Anda dan nikmati kesegaran piknik di dalam hutan. Jangan lupa untuk membawa bekal alasannya ialah tidak ada penjual kuliner di daerah ini.

Selain piknik, Anda juga bisa jogging dan trekking menjelajah hutan. Jika membawa anak kecil, ada permainan anak menyerupai perosotan dan ayunan.Tempat wisata di Balikpapan ini memang tepat untuk rekreasi keluarga. Hutan Wanawisata berjarak sekitar 300 atau 400 meter dari Jalan Soekarno Hatta, km 10. Jalannya yang berkerikil mengatakan tantangan tersendiri ketika memasuki daerah ini.

Pohon-pohonya yang rindang mengatakan suasana yang dingin. Selain koleksi spesies pohon lokal yang langka, Hutan Wanawisata juga sanggup digunakan untuk mengadakan aktivitas banyak sekali kelompok. Sebuah ruang luas juga disediakan di daerah ini.

14. Tempat Wisata Kampung Atas Air Margasari di Balikpapan
Kampung Atas Air Margasari
Kampung Atas Air Margasari ini menunjukkan pemandangan rumah yang terbuat dari material kayu serta terletak di atas air, adapun transportasi yang digunakan di sini yaitu bahtera motor. Area perkampungan di sini didirikan semenjak tahun 2000 serta telah menjadi bab dari Daerah Wisata menarik yang ada di kota Balikpapan.

Anda pun bisa bersantai sejenak di gazebo sembari berinteraksi bersama warga setempat yang telah tersedia. Bagi Anda yang gemar memancing, jangan ragu membawa alat untuk memancing dan Anda pun bisa memancing pribadi di atas jembatan yang terbuat dari kayu di perkampungan ini. Di malam hari, suasananya akan menjadi lebih indah berkat lampu-lampu yang dipasang di perkampungan dan lampu dari kilang minyak.

Kampung ini memang berbatasan dengan buffer zone kilang minyak. Tepat di belakang kampung, terdapat jembatan lingkar beton yang menghubungkan kampung atas air ini dengan daratan. Jembatan ini menjadi spot favorit untuk memandangi hutan mangrove di sekitar kampung. Nah bagaimana bagus kan tempat wisata di kampung Atas Air Margasari.

15. Tempat Wisata Militer Angkasa AirSoft Gun Area Balikpapan
Militer Angkasa Air Soft Gun
Wisata Militer Angkasa Air Soft Gun Area ini merupakan salah satu jenis hiburan yang menantang andrenalin dan tentunya menantang keberanian anda dalam hal permainan “laki laki”. Cakupan area yang cukup luas, dan dengan suasana alam sungguhan, membuatnya sangat menarik untuk dijadikan lapangan permainan air soft.

Wisata yang satu ini agak berbeda dengan yang ada di tempat lain dan termasuk ke dalam wisata militer. Bagi anda yang menyukai olahraga air soft gun, di kota Balikpapan bisa anda temukan perkumpulan pecinta air soft gun berjulukan Balikpapan Beruang Madu Airsoft Detacement yang biasa disingkat menjadi BBMAD.

16. Tempat Wisata Pasar Klandasan di Balikpapan
Pasar Klandasan Balikpapan
Pasar Klandasan terletak tidak jauh dari pantai. Dengan begitu Anda tak hanya bisa berbelanja di pasar ini, melainkan juga bisa sekaligus menikmati Tempat wisata di Balikpapan berupa panorama wisata alam pantai. Jika Anda keluar menuju bab belakang di pasar Klandasan ini, Anda pun akan menyaksikan sebuah pemandangan maritim nan eksotis.

Di pasar ini terdapat aneka barang rumah tangga, buah, makanan, pakaian, ikan segar dan juga sayuran. Harga yang ditawarkan di Pasar Klandasan pun tergolong sangat terjangkau. Harga barang yang dijual lebih terjangkau dan Anda juga masih bisa menawar harga di sini.

17. Tempat Wisata Gunung Dubs di Balikpapan
Gunung Dubs Balikpapan
Gunung ini sebetulnya ialah dataran tinggi di Kota Balikpapan. Di mana terdapat kompleks perumahan pertamina yang juga tak jauh dari kilang minyak. Pemandangan kota tampak manis di malam hari. Suasana alam sejuk dan pemandangan indah. Di pinggir jalanan banyak ditemui pepohonan yang rindang sehingga daerah ini terasa sejuk.

Lampu-lampu kota terlihat menawan dari Gunung Dubbs, dari sini kita juga bisa melihat semacam drum raksasa tempat hasil perkilangan minyak Pertamina. Pada malam hari anda akan melihat pemandangan yang luar biasa indahnya dari tempat ini. Bersantai di daerah ini merupakan idaman bersama yang sangat menyejukkan hati dan pikiran. Udara yang higienis dan suasana yang rindang sanggup anda jadikan hiburan tersendiri untuk anda.

18. Tempat Wisata Taman Tiga Generasi di Balikpapan
Taman Tiga Generasi
Taman Tiga Generasi merupakan taman yang selalu ramai dikunjungi setiap liburan. Taman ini menjadi tempat berkumpulnya keluarga dari banyak sekali tempat. Tempat wisata balikpapan kalimantan timur masih jarang orang ketahui. Taman Tiga Generasi banyak dikunjungi oleh keluarga yang ingin bersantai.

Taman ini selalu ramai pengunjung, khususnya di selesai pekan. Taman ini juga menyediakan refleksi kaki kerikil timbul, bagi para orang renta yang mempunyai problem dengan kesehatan juga bisa berjalan di atas kerikil timbul tersebut untuk melancarkan peredaran darah. Nah taman ini cocok buat anda yang ingin sekedar refresing bersama keluarga tercinta.


19. Tempat Wisata Bungker Jepang di Balikpapan
Bungker Jepang Balikpapan
Semasa berkuasa, di daerah Daerah Wisata di Balikpapan tepatnya di daerah Pantai Lamaru dan Pantai Manggar, tentara Jepang sempat membangun banyak bunker di sana. Sejauh ini, telah ditemukan 20 bunker dan 8 bunker diantaranya masih dalam kondisi yang sangat baik.

Dan benda peninggalan kuno inilah yang juga menjadi tempat wisata di Kota minyak ini. Situs bersejarah itu tersebar di banyak sekali lokasi, bahkan ada yang tepat berada di pinggir jalan serta sentra keramaian sehingga menjadi kendala dalam mengoptimalkan potensi wisata sejarahnya.

20. Tempat Wisata Rumah Adat Balikpapan
Rumah Adat Balikpapan
Tempat wisata yang wajib anda kunjungi yaitu Rumah Panjang atau Rumah betang ialah nama rumah ada balikpapan yang memang cukup menarik untuk di simak. Yang menarik dari rumah ini ialah banyaknya anggota keluarga yang mendiaminya, tercatat bisa ialah lebih dari 10 rumah tangga yang mendiaminya.

Hingga bahkan ada ratusan orang yang mendiami rumah ini. Wisata etika ini wajib dikunjungi bagi anda yang berkunjung di Balik papan. Ini merupakan tempat wisata di Balikpapan yang mempunyai histori yang bagus, Bagaimana indah kan rumah adatnya.

21. Tempat Wisata Balikpapan Super Blok 
Super Blok Balikpapan
Balikpapan super block ialah salah satu sentra perbelanjaan terbesar yang terdapat di daerah balikpapan, ia merupakan surganya bagi para perempuan ataupun pasangan yang ingin menikmati wisata belanja. Boleh dibilang ini merupakan salah satu mall yang cukup ternama di balikpapan. Di tempat ini anda sanggup memuaskan harapan belanja anda. BSB didirikan pada tahun 2009. Dan mempunyai 7 lantai.

22. Tempat Wisata Monumen Mathilda di Balikpapan
Monumen Mathilda Balikpapan
Monumen Mathilda ini terletak di Jalan Yos Sudarso, tepatnya berada di tepi jalan Minyak wilayah Pertamina. Menurut pemerintah setempat, keunikan dari Sumur Mathilda tersebut, alasannya ialah ia merupakan bukti artefaktual eksplorasi minyak bumi pertama di Indonesia.

Sumur Mathilda ialah sumur minyak pertama yang ada di kota Balikpapan. Sumur ini pertamakali ditemukan oleh penjajah Belanda pada tanggal 10 februari 1897 yang bertempat di dekat pelabuhan Semayang kota Balikpapan. Akan tetapi kini sumur tersebut telah ditutup alasannya ialah tidak menghasilkan minyak mentah lagi dan kini sumur Mathilda oleh pemerintah di jadikan monumen.

23. Tempat Wisata Lapangan Merdeka Balikpapan
Lapangan Merdeka Balikpapan
Lapangan merdeka ialah salah satu jenis tempat wisata Balikpapan yang sanggup anda nikmati untuk berkumpul bersama keluarga dan anak anak anda. Lapangan ini sangat asri untuk anda jadikan tempat wisata murah. Dalam perkembangannya tempat wisata ini banyak dikunjungi pada hari libur pada pagi hari hingga sore dan sabtu minggu.

Lapangan merdeka memang bukan dikhususkan untuk tempat olahraga ataupun tempat rekreasi. Tetapi memang warga Balikpapan biasanya akan memadati Seputaran dan Sekitar wilayah lapangan merdeka. Dari bawah umur hingga orang renta semua ada dengan waktu-waktu yang berbeda-beda, semua menikmati dengan kesesuaian waktu mereka.

Dilengkapi dengan jogging track jalan raya beraspal menciptakan lapangan merdeka menjadi tempat tujuan berolahraga untuk jogging, dan ini ialah olahraga ringan yang paling banyak di lakukan di lapangan merdeka.

Ditambah lagi dengan tiga lapangan berumput yang menciptakan bawah umur bahagia bermain bola. Ada unit Volley, Basket dan Sepakbola serta hoki yang menjadi satu unit. Dengan adanya para pedagang jajanan dan kuliner menciptakan lapangan merdeka menjadi tambah semarak, seolah-olah menjadi tempat rekreasi mingguan, pasar tumpah. Atau bisa dikatakan menjadi tempat wisata masakan dan permainan untuk keluarga.

24. Tempat Wisata Pantai Banua Patra
Pantai Banua Patra
Pantai Benua Patra terletak di Jl Perapatan, Balikpapan Kota ini mempunyai batu-batu karang dan sangat ramai menjelang sunset. Tak heran jikalau pantai ini juga disebut dengan Pantai Batu-Batu Benua Patra. Di pantai ini tidak ideal untuk berenang, relatif berbahaya alasannya ialah banyak kerikil karang disekitar pantai.

Berbeda dengan umumnya pantai di pesisir Kota Balikpapan lainnya yang terdiri dari hamparan pasir, di Pantai Banua Patra banyak dijumpai batu-batu alam yang berukuran besar, yang melindungi garis pantai di ujung semanjung Balikpapan dari erosi laut. Sebetulnya pantainya indah, tapi sayangnya tidak terawat dengan baik. alasannya ialah Banyak sampah yang terbawa arus maritim di pantai ini.

25. Tempat Wisata Danau Cermin Lamaru Balikpapan
Danau Cermin
Tempat wisata di Balikpapan ini ialah tempat yang benar-benar sayang untuk kau lewatkan. Terutama bagi kau yang masih gres di Balikpapan. Selain masih alami, Danau cermin juga menunjukkan pemandangan yang sungguh memanjakan mata. Danaunya yang begitu bening sebening beling dan juga hutan asri yang menghijau disekelilingnya. Danau Cermin terletak di Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur. Danau ini juga dikenal dengan nama Danau Rawamangun.

26. Tempat Wisata Batan Ulin Kariangau Balikpapan
Batan Ulin Kariangau
Batan Ulin Kariangau atau Jembatan Ulin Kariangau berada di Kelurahan Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat, kurang lebih 11 km dari sentra kota Balikpapan. Jembatan ini merupakan jembatan yang terbuat dari kayu ulin sepanjang 800 meter dan lebar 2 meter. Kayu ulin dikenal sebagai kayu besi alasannya ialah sangat kuat.

Di salah satu ujung jembatan terdapat perkampungan nelayan tua, di kiri jembatan terdapat hutan bakau yang sering dimanfaatkan sebagai tambak oleh penduduk setempat. Sementara itu, di sisi kanan jembatan Anda sanggup melihat pemandangan lepas ke Teluk Balikpapan. Ujung jembatan ini sendiri mengarah ke maritim lepas. Sayang sekali jikalau Anda tidak menyusuri jembatan ini hingga ujungnya.

27. Tempat Wisata Waduk Manggar Balikpapan
Waduk Manggar
Tempat Wisata waduk yang indah dan cocok untuk anda yang doyan berselfie ria. Namun Objek Wisata alam yang terletak di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara ini terkadang mengalami krisis air pada ketika tertentu. Satu lagi, kau dihentikan berenang di tempat ini. Karena merupakan sumber air higienis yang dipasok ke kota balikpapan oleh PDAM. Yang menarik dari Waduk manggar ini ialah jembatan kayunya yang tentu akan menciptakan latar belakang fotomu makin keren.

28. Tempat Wisata Kebun Raya Balikpapan 
Kebun Raya Balikpapan
Kebun Raya Balikpapan Berada di daerah Hutan Lindung Sungai Wain. Terletak di Jl. Soekarno Hatta KM 15, Kel. Karang Joan, Balikpapan Utara. Kawasan Wisata yang masih dalam tahap pembangunan ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Balikpapan yang menunjukkan udara segar untuk menghilangkan kepenatan di sela rutinitas. Belum begitu banyak yang bertandang ke tempat wisata yang satu ini.

29. Tempat Wisata Mahavihara Buddhamanggala Balikpapan
Mahavihara Buddhamanggala
Nah Tempat suci umat Budha ini merupakan salah satu destinasi religi yang menarik di Kota Balikpapan yang pantang kau lewatkan. Banyak daya tarik yang ditawarkan oleh salah satu tempat wisata di Balikpapan ini, misalnya: Candi Modern, Patung Budha Tidur serta tempat nyaman untuk bermeditasi. Disini ialah area bebas asap rokok, jadi buat kau yang ngepul, dimatikan dulu rokoknya sebelum memasuki daerah vihara. dan ini juga cocok buat ambil foto dengan view patung budha ini.

30. Tempat Wisata Kuliner Ikan Bandeng Non Duri Balikapapan
Ikan Bandeng Non Duri
Salah satu masakan khas dari Balikpapan yang banyak diburu wisatawan ialah ikan bandeng tanpa duri. Kalau anda berwisata ke Balikpapan, tak boleh melewatkan kesempatan untuk merasakan sajian yang tak hanya lezat, namun kaya gizi ini. Ikan yang mengandung protein, bagus untuk otak kita. Selain itu pengolahan kuliner ini yang masih alami tanpa materi berbahaya menjadi salah satu hal yang penting diketahui para pecinta kuliner, pastikanlah materi ikannya masih segar dengan pengolahan yang sempurna. Rasanya enak sekali.

31. Tempat Wisata Ruko Bandar Balikpapan
Ruko Bandar
Ruko Bandar merupakan lokasi café serta restoran yang masih ada di tepian pantai, sentra Kota Balikpapan. Ini merupakan salah satu pilihan lokasi ngulineran yang asyik dan romantis. Selain kuliner yang lezat, daya tarik tempat ini antara lain ialah makan malam dengan penerangan lilin kecil.

Untuk menikmati sajian yang ada di sini, kita tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Cukup dengan uang sebesar Rp 17.000,- hingga dengan Rp 35.000,- perut akan kenyang terisi makanan. Alamat : daerah Jalan Sudirman.

32. Tempat Wisata Mie Soba Lada Hitam Balikpapan
Mie Soba Lada Hitam
Selain seafood ada juga mie khas Balikpapan, yaitu mi soba lada hitam. Mie soba lada hitam juga sangat recommended untuk anda yang sedang mencari wisata masakan Balikpapan. Mie soba lada hitam ini bentuk mie-nya sedikit lebih besar dai mie-mie biasanya. Mie soba lada hitam ini dipadukan dengan saus hitam yang melumer di setiap lembaran mie-nya yang menciptakan mie ini sangat menggugah selera.

Toping untuk menghiasi mie soba lada hitam ini bisa dipilih sesuai dengan yang anda suka, rasanya dijamin enak banget dan anda tidak akan menyesal. Selain seafood anda juga harus mencoba mie yang satu ini ya. Ternyata di Balikpapan ini tidak hanya seafood yang menjadi ciri khas kulinernya, ternyata ada mie-nya juga. Jika anda bekunjung ke Balikpapan jangan lupa untuk merasakan mie soba lada hitam khas Balikpapan ya.

Baca ini : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Menarik Dikunjungi

Demikian artikel mengenai 35 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda menyukai artikel ini anda bisa membagikan artikel ini ke Media Sosial Facebook, Twitter, Google+ dan lain-lain, Terima Kasih Atas Kunjungannya.
Sumber http://www.anekawisataseru.net

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: 35 Daerah Wisata Di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: 35 Daerah Wisata Di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment

Bali Attractions