Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: 35 Daerah Wisata Di Temanggung Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Temanggung - Halo guys pada kesempatan kali ini saya akan merekomendasikan mengenai tempat wisata di Temanggung yang paling bagus dan tentunya ini sanggup mengakibatkan rujukan untuk anda yang ingin berwisata di temanggung, oh iya, tentu saja temanggung mempunyai banyak tempat wisata alam yang indah dan ini cocok deh buat yang suka berpetualang. nah sebelum kami membahas ke topik saya akan menjelaskan dahulu apa itu Temanggung.

Temanggung merupakan sebuah kabupaten kecil yang berada di provinsi jawa tengah yang ternyata mempunyai tempat wisata yang patut anda kunjungi. Selama ini temanggung kurang banyak dilirik oleh para traveler lantaran kalah pamor dengan tempat wisata di magelang, wonosobo dan juga semarang. Namun perlu anda ketuhi, kota kecil ini mempunyai tempat wisata alam hingga sejarah yang pantas di telusuri.

Mengunjungi Temanggung untuk memburu wisata Temanggung bukan hanya perihal keindahan alam dan daya tarik aneka macam tempat wisatanya saja, namun juga perihal aneka macam sejarah Temanggung. Bahkan sejarah-sejarah ini ada di aneka macam tempat wisatanya. Berwisata menikmati keindahan tempatnya bisa sekaligus menelisik perihal aneka macam sejarah Temanggung yang ada di dalamnya.

Baca ini : Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Temanggung yang Wajib Dikunjungi
Ada banyak tempat wisata di Kabupaten Temanggung terutama wisata alam. Berikut yaitu 32 Tempat Wisata di Temanggung Yang Paling Bagus versi kami dan simak berikut dibawah ini.

1. Tempat Wisata Alam Jumprit Temanggung
Wisata Alam Jumprit
Desa Wisata Jumprit sangat cocok untuk wisatawan yang ingin merefresh otak dan mengecas ulang energi. Desa yang terletak di kecamatan Ngadirejo ini menyimpan pesona alam yang masih alami serta berada di dataran tinggi. Traveler yang berkunjung hanya perlu berkendara kurang lebih satu jam dari sentra kota atau menempuh jarak sekitar 26 kilometer dengan kondisi jalan beraspal mulus dan berkelok-kelok.

Desa Jumprit ini berada di ketinggian 800 mdpl atau di kaki Gunung Sindoro sehingga udara sejuk khas pegunungan akan memanjakan traveler setiap detik. Di desa ini terdapat area kemping di tengah hutan pinus yang lebat. Tempat inilah yang kemudian menjadi rebutan para traveler. Dengan segala keindahannya kalian tidak akan menyangka kalau sejarah desa ini penuh dengan intrik mulai dari tempat pengasingan raja terakhir Kerajaan Majapahit hingga keberadaan sendang yang konon sanggup menyembuhkan aneka macam penyakit.

Alamat: Ngadirejo, Tegalrejo, Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56255

2. Tempat Wisata Monumen Meteoroit di Temanggung
Monumen Meteorit Temanggung
Tempat Wisata Temangung ini mungkin bisa jadi merupakan tempat wisata yang unik di Temanggung lantaran belum tentu ada di daerah lain. Wisata yang kami maksud ialah Monumen Meteorit. Monumen Meteorit dibangun untuk mengingat adanya insiden alam jatuhnya meteor di Desa Wonotirto yaitu pada Hari Jumat tanggal 11 Mei 2001 sekitar pukul 09.00.

Benda langit yang jatuh ini berukuran sebesar kepalan tangan orang remaja berjumlah 2 buah Utuk keperluan penelitian kemudian meteor ini disimpan di Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta. Namun pada tahun 2010 watu meteor itu dikembalikan kepada Pemerintah Kabupaten Temanggung dan disimpan di Kantor Bupati Temanggung. Saat ini monumen ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lantaran ingin menyaksikan daerah yang dulunya pernah terdapat meteor jatuh.

Alamat: Wunut-Wonotirto, Bulu, Temanggung, Jawa Tengah, Wonotirto, Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56253

3. Tempat Wisata Pikatan Waterpark Temanggung
Pikatan Waterpark Temanggung
Pikatan water park yang merupakan wisata air buatan yang menjadi wisata andalan kabupaten temanggung. Tempat wisata ini cocok bagi semua kalangan umur, di wisata ini menyuguhkan wahan wisata air mulai dari kolam bermain untuk anak anak hingga orang dewasa. Selain itu, Disini anda bisa menikmati wisata keluarga seru dengan aneka macam kemudahan yang lengkap.

Anda dan keluarga bisa menikmati waterboom dan wahana lain menyerupai flying fox, jembatan goyang, baskom tumpah, dan lainnya. Pemandangan alamnya semakin menambah keseruan bermain di tempat wisata temanggung yang satu ini. ada pula Gebyar Padusan Pikatan yang bisa anda saksikan menjelang bulan Ramadahan. Menampilkan aneka macam atraksi kesenian yang sayang untuk dilewatkan.

Pikatan water park, wisata air di temanggung untuk harga tiket masuk pikatan water park sendiri yaitu 6000 rupiah untuk hari biasa dan 7000 rupiah untuk hari lebur / weeken. Namun degan semakain meningkatnya pelayanan dari pihak pengelola untuk pengunjung maka harga tiket sekarang menjadi 10.000 rupiah. Untuk lokasi tempat wisata ini pun gampang di jangkau lantaran lokasinya akrab dengan sentra kota temanggung yaitu bearada di Jalan Raya Pikatan, Mudal Temanggung.

Alamat: Komplek Pikatan Water Park RT. 5 / RW. 5, Jl. Raya Pikatan, Mudal, Temanggung, Mudal, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56228

4. Tempat Wisata Curug Lawe Temanggung
Curug Lawe Temanggung
Curug lawe berada di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Curug lawe merupakan salah satu gerojokan yang ada di kaki gunung ungaran, konon gerojokan ini bisa dinamakan curug lawe lantaran jatuhnya air dari gerojokan ini menjuntal mengesankan untaian benang, kalau dalam bahasa jawa biasanya menyebutnya lawe yang berarti sangat halus dan berwarna putih.

Kata Lawe dalam bahasa Jawa memang berarti benang yang sangat halus. Curug lawe berbeda dari kebanyakan curug yang dijadikan Objek Wisata, disini kita akan disajikan oleh suasana alam khas yang masih sangat alami sehingga belum terlalu terganggu dengan acara dan sampah yang sering kita jumpai di kota.

Alamat : Dusun Muncar Lor, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Propinsi Jawa Tengah.

5. Tempat Wisata Taman Kartini Temanggung
Taman Kartini Temanggung
Seperti halnya Kota Surabaya yang punya banyak taman indah, Temanggung pun juga tidak mau kalah dengan adanya Taman Kartini. Letak taman ini sangat strategis lantaran berada di sentra Kota Temanggung tepatnya di Jln Secang - Temanggung No.119, Kowangan, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung.

Taman Kartini ini sangat cocok bagi anda yang ingin sekedar beristirahat dan bersantai merefresh pikiran sambil menikmati pemandangan kota. Tak hanya itu, disini juga terdapat beberapa wahana bermain untuk anak anak. bagaimana? menarik bukan, taman ini. mungkin sanggup mengunjungi taman ini untuk sekedar refresing bersama keluarga.

6. Tempat Wisata Candi Gedong Songo Temanggung
Candi Gedong Songo Temanggung
Nah apabila Yogyakarta mempunyai candi Prambanan, Temanggung juga mempunyai candi gedong songo bernuansa alam terbuka. Tempat ini menyuguhkan perpaduan antara wisata sejarah sekaligus wisata alam yang begitu indah. candi gedong songo, tempat wisata alam temanggung Tempat ini sangat cocok bagi anda keluarga yang ingin mencari tempat wisata yang murah dan juga tidak mengecewakan.

Banyak juga segerombolan anak muda yang ramai mengunjungi candi gedong songo. Di tempat ini anda bisa mencicipi sensai alam khas pegunungan. Tempat ini berlokasi di daerah perbatasan antara semarang dan temanggung.

7. Tempat Wisata Alam Posong Temanggung
Wisata Alam Posong Temanggung
Wisata alam posong kledung temanggung, merupakan sebuah tempat wisata alam di temanggung yang gres di populerkan beberapa bulan yang lalu. Tempat ini menyuguhkan keindahan khas alam pegunungan yang begitu memanjakan mata lantaran lokasinya yang begitu strategis yaitu berada di padang safana kledung. Padang safana kledung ini merupakan kepingan tengah tengah anatar gunug sindoro dan gunung sumbing yang nampak indah kalau di lihat dari dari Daerah Wisata alam posong.

Apabila anda berkunjung ke tempat pada waktu sore hari dan kebetulan cuacanya cerah maka anda di suduhkan dengan pemandangan golden sunset dengan pancaran sinar yang membelah kedua gunung tersebut.

Selain menyuguhkan pemandangan khas pegunungan dan golden sunset, wisata alam ini juga menyediakan gazebo bagi pengunjung semoga semkain nyaman dikala menikmati indahnya panorama di sekitaran wisata alam posong. Dan bagi anda yang ingin mencoba susana lain dari wisata ini, anda juga bisa mencoba fliying fox di sekitaran area. Anda akan menikmati sensai meluncur di sejuknya udara pegunungan yang di hiasi dengan hijaunya pepohonan dan area perkebunan masyarakat sekitar.

Alamat: Posong, Tlahap, Kledung, Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56264

8. Tempat Wisata Kledung Pas Temanggung
Kledung Pas Temanggung
Tempat wisata alam temanggung selanjutnya yaitu kledung pas, tempat hampir sama dengan wisata alam posong. Yaitu berada di tengah tengah antara gunug sindoro dan gunung sumbing. Bila anda berkunjung ke tempat ini maka anda akan di suguhkan dengan pemandangan sabana yang luas yang di manfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai lahan perkebunana mulai dari kentang, wortel hingga tembakau.

Di sabana kledung ini juga banyak terdapat rest area dan juga hotel, tidak sedikit bus pariwisata yang transit di area sabana kledung ini lantaran kebetulan kledung merupakan jalur utama penghubung natar temanggung dan wonosobo. bagaimana? indah kan temapat wisata ini, jadi anda jangan lewatkan wisata ini kalau anda sedang berada di Temanggung.

9. Tempat Wisata Candi Pringapus Temanggung
Pringapus Temanggung
Masih berada di kecamatan yang sama terdapat sebuah situs peninggalan sejarah berupa Candi Pringapus. Candi Hindu ini terletak di desa Pringapus, kecamatan Ngadirejo berjarak 22 km dari sentra kabupaten Temanggung. Berdasarkan prasasti yang ditemukan di dekatnya, candi tersebut dibangun pada tahun 850 Masehi.

Candi Pringapus menjadi salah satu Tujuan Wisata terkenal di kalangan bawah umur sekolah. Terlebih pada hari libur, jumlah kunjungan bisa meningkat dua kali lipat yang umumnya didominasi oleh traveler di kota-kota sekitar Temanggung. Kalian bisa mengakibatkan candi ini sebagai destinasi wisata edukasi guys.

Alamat: Pringapus, Ngadirejo, Pringapus, Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56193

10. Tempat Wsiata Embung Kledung Temanggung
Embung Kledung Temanggung
Masih berbicara perihal tempat wisata di Kecamatan Kledung Jawa Tengah, kali ini akan kami sampaikan perihal wisata yang berjulukan Embung Kledung. Embung merupakan sebuah danau buatan yang bentuknya tidak terlalu besar. Embung biasanya dipakai untuk menampung air hujan, sehingga sanggup dimanfaatkan untuk tujuan irigasi.

Embung di Kledung bahu-membahu hampir sama dengan embung dari daerah lain, namun pada dikala cuaca cerah anda sanggup melihat embung dengan latar belakan Gunung Sindoro yang indah. Oleh lantaran itu banyak warga yang menyempatkan untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam di Obyek wisata Temanggung Embung Kledung ini.

Alamat: Jalan Raya Parakan - Wonosobo Km. 11, Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56264

11. Tempat Wisata Curug Trocoh Temanggung
Curug Trocoh Temanggung
Curug Surodipo berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. Selain menyajikan lanskap pegunungan yang indah, Curug Surodipo sendiri mempunyai ketinggian kurang lebih 120 meter, dengan dasar sungai yang berbatu. Curug Surodipo bahu-membahu tidak hanya menyuguhkan gerojokan tunggal, masih ada sekitar 5 tingkat gerojokan pada aliran sungai selanjutnya, dengan jarak beberapa meter antar tingkatan.

Curug Surodipo seakan bersembunyi diantara dua punggungan bukit, ketika anda berada di dasar air terjun, ankan terasa seolah diantara dua dinding nan hijau. Udara yang segar dengan air yang mengalir higienis akan memaksa anda enggan untuk tergesa-tergesa menikmati kesejukan Curug Surodipo. Suasana Curug Surodipo sungguh masih asri dan terjaga.

12. Tempat Wisata Curug Onje Temanggung
Curug Onje Temanggung
Curug Onje terletak di desa Duren, kecamatan Bejen. Jaraknya cukup jauh dari sentra kota sehingga diharapkan waktu 1, 5 jam berkendara menuju ke lokasi. Setelah itu kendaraan diparkir di rumah terakhir di desa tersebut dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan dan perkebunan warga.

Curug Onje merupakan sebutan untuk 7 gerojokan yang berada di sepanjang aliran sungai di desa Duren. Hingga dikala ini potensi wisata di Curug Onje memang belum digali secara optimal. Namun melihat keindahan yang ada di sana bukan mustahil suatu dikala nanti daerah ini akan menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Temanggung.

13. Tempat Wisata Curug Merak Temanggung
Curug Merak
Selain keempat curug anggun diatas, ternyata kabupaten Temanggung juga mempunyai curug merak, curug ini berlokasi di Dusun Ndawe, Desa Sidoharjo, Kecamatan Candiroto. Akses menuju dusun ndawe masih sangat sulit di beberapa titik, sehingga curug merak ini masih jarang dikenal. Curug merak ini masih sangat alami, di bawah curug di buat semacam kedung dan biasanya yang memancing oleh warga sekitar.

Bagi anda yang berada di luar kota temanggung untuk menuju curug ini cukup gampang di temui. yaitu pertma anda bisa memulai perjlanan dari alun alun temangung menuju kecamatan parakan. sesampainya di kecamatan parakan ambil jalur arah kecamatan gemawang dan di lanjutkan ke desa kemiriombo.

14. Tempat Wisata Curug Titang Temanggung
Curug Titang Temanggung
Air terjung yang masih satu jalur dengan Sungai Lungge ini mempunyai dua kolam yang biasanya dipakai untuk berenang. Bahkan Curug Titang juga dipakai untuk aktifitas para pecinta alam untuk bermain rapting Selain ramai dikunjungi pada dikala liburan.

Curug Titang juga ramai menjelang Ramadhan. Hal Ini disebabkan lantaran satu hari sebelum puasa, masyarakat muslim melaksanakan tradisi Padusan (mandi wajib sebelum melaksanakan ibadah puasa) di areal lokasi ini.

Terletak di Dusun Durenan, Desa Tembarak, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Propinsi Jawa Tengah.

15. Tempat Wisata Curug Muncar Temanggung
Curug Muncar Temanggung
Untuk lokasi curug muncar sendiri berlokasi di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Desa muncar yang terletak di kecamatan gemawang sendiri merupakan kecamatan terluar di temanggung yang berbatasan eksklusif dengan kabupaten semarang. Dan dari sentra ke ke temanggung sanggup di tempuh sekitar 45 menit memakai kendaraab bermotor.

Trek yang di lalui pun berdasarkan kami sulit lantaran pertama harus melewati area persawahan penduduk, lembah hingga menyusuri sungai dengan bebatuan yang licin. Namun sehabis hingga di curug tersebut semua lelah dan perjuangkan terbayarkan dengan wisata alam curug yang sungguh indah dan masih sangat alami.

16. Tempat Wisata Alam Sewu Ngadirejo
Alam Sewu Temanggung
Wisata Alam Sewu di Ngadirejo Temanggung Jawa Tengah Ini merupakan wisata alam pegunungan yang baru, obyek wisata alam ini menyuguhkan pemandangan alam pegunungan dan perkebunan tembakau, flora khas dari daerah Temanggung. Dinamakan Alam Sewu lantaran tempat ini sempurna di atas desa Pring Sewu.

Untuk memasuki tempat ini tidak dikenakan biaya sepeserpun, namun perlu di ingat kekurangan dari obyek wisata Alam Sewu ini ialah jalannya sangat terjal dan berbahaya, harus hati-hati super ekstra menaikinya. Naik ke tempat ini hanya bisa memakai motor, Wisata Alam Sewu di Ngadirejo Temanggung Jawa Tengah cocok sekali di kunjunggi oleh para pecinta alam dan juga penyuka traveling.

Karena untuk mencapai Wisata Alam Sewu di Ngadirejo Temanggung Jawa Tengah ini di butuhkan tenaga ektra dan juga butuh usaha keras untuk samapi di Wisata Alam Sewu di Ngadirejo Temanggung Jawa Tengah ini.

Alamat: Giripurno, Ngadirejo, Giripurno, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56255

17. Tempat Wisata Bukit Wagir Temanggung
Bukit Wagir Temanggung
Tempat wisata Bukit Wagir di Simpar Temanggung Jawa Tengah ini gres diresmikan oleh bupati temanggung.Di Wisata Bukit Wagir di Simpar Temanggung Jawa Tengah ini anda bisa menikmati sunrise dan sunsite dengan latar pemandangan pegunungan yang indah. Jika anda rekreasi di kota Temanggung sempatkan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata Daerah Wisata Bukit Wagir di Simpar Temanggung Jawa Tengah tepatnya diatas bukit wagir.

Bukit Wagir di Simpar Temanggung Jawa Tengah anda juga akan bisa menikmati indahnya kota Temanggung dari atas bukit baik siang atau malam hari. Hal tersebut tentu saja menarik wisatawan terutama para remaja. Pada umumnya wisata ini ramai akan para pengunjungnya pada final pekan. Para kawula muda tiba dengan sahabat satu geng atau juga dengan pasanganya menikmati pemandangan kota Temanggung, ditambah juga dengan suasana yang sejuk menciptakan para pengunjung enggan beranjak dari tempat ini.

18. Tempat Wisata Batu Rananggana Temanggung
Batu Rananggana Temanggung
Batu Rananggana di Temanggung Jawa Tengah merupakan obyek wisata yang berada di kota temanggung jawa tengah. Wisata Batu Rananggana di Temanggung Jawa Tengah berada di puncak gunung candil. jadi bila pengunjung ingin ke Wisata Batu Rananggana di Temanggung Jawa Tengah harus mendaki gunung candil terlebih dahulu.

Walaupun medan yang di lalui cukup sulit untuk menuju ke Wisata Batu Rananggana di Temanggung Jawa Tengah namun para pengunjung tidak akan kecewa sehabis berada di Wisata Batu Rananggana di Temanggung Jawa Tengah ini. lantaran berada di Wisata Batu Rananggana di Temanggung Jawa Tengah bisa melihat keindahan kota temanggung, hamparan hijau ladang petani semakin menambah elok pemandangan.

Wisata Batu Rananggana di Temanggung Jawa Tengah cocok di kunjunggi bagi para pecinta alam maupun para cowok yang mempunyai hobi traveling lantaran medan yang di lalui membutuhkan kondisi fisik yang ektra serta perlu kesabaran untuk mencapai ke Wisata Batu Rananggana di Temanggung Jawa Tengah ini.

19. Tempat Wisata Embung Abimayu Temanggung
Embung Abimanyu Temanggung
Embung Abimanyu merupakan salah satu dari beberapa danau buatan yang dibangun oleh pemerintah daerah Temanggung. Embung ini dibangun dengan memakai lahan milik pemerintah desa setempat. Tujuan utama pembangunan embung atau danau buatan ini untuk mengatasi kekurangan pasokan air pada isu terkini kemarau dan sebagai daya tarik wisata gres di wilayah tersebut.

Pemandangan Embung Abimanyu Temanggung terkesan datar lantaran hanya berbentuk persegi panjang tanpa adanya lekukan. Bila diperhatikan bentuknya hampir sama dengan Embung Kledung. Pagar pengaman yang dipasang mengelilingi embung menyerupai mirip pagar rumah penduduk. Pagar dengan bentuk ini tampaknya kurang menarik dan menambah kesan datar pada daerah embung. Tampungan air terlihat agak surut lantaran gres memasuki isu terkini penghujan.

Hal yang menarik dari Embung Abimanyu justru pemandangan alam dari embung yang berada di puncak perbukitan. Bila kondisi cuaca sedang cerah dan tidak berkabut, dari Embung Abimanyu akan terlihat jajaran 4 (empat) gunung diantaranya Gunung Ungaran, Gunung Andong, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Alamat : Di dusun Ngabeyan, desa Ngropoh, kecamatan Kranggan, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

20. Tempat Wisata Curug Guwung Temanggung
Curug Guwung Temanggung
Curug Guwung di Candiroto Temanggung Jawa Tengah mempunyai pemandangan yang sangat aneka macam pesona alam. Mencari gerojokan di Kabupaten Temanggung tidaklah sulit, lantaran ada beberapa lokasi yang mungkin bisa anda kunjungi. Anda disana akan menengok sebuah gerojokan yang tidak mengecewakan kecil, nggak tinggi-tinggi amat, tapi tempat ini masih jarang dikunjungi, ini beliau Curung Guwung.

Ketika hingga disana anda tidak ditarik biaya / tarif masuk masih gratis loh. Anda disana juga bertemu dengan empat orang yang lagi asyik mancing. Disana banyak para pengunjung yang gemar memancing. Anda disana juga bisa memancing juga dengan menikmati keindahan alam disekitar anda.

Curug Guwung terletak di Desa Gunung Payung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Menuju Desa Gunungpayung bisa pakai mobil,ataupun dengan menaiki sepeda motor.

21. Tempat Wisata Embung Nglarangan Temanggung
Embung Ngalarangan Temanggung
Embung Nglarangan merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di kota temanggung jawa tengah, pembangunan embung ini, diprioritaskan untuk daerah yang waktu kemarau kekurangan air sehingga dengan embung petani tetap sanggup mengolah lahan pertaniannya. "Dengan pembangunan embung tersebut petani di sekitarnya bisa menanam aneka macam jenis sayuran pada isu terkini kemarau,di Tretep cukup potenisial untuk dikembangkan.

Di Kledung komoditas yang cocok dikembangkan yaitu flora buah-buahan menyerupai kesemek dan alpokat. Sedang di Tretep berupa sayur-sayuran menyerupai kubis, sawi, cabai dan flora sayuran lainnya. selain tanahnya subur lokasi tersebut sudah tersedia embung untuk menampung air hujan yang memadai. Dengan demikain untuk keperluan penyiraman flora bisa tercukupi, sehingga flora akan berkembang dengan baik.

Karena itu banyak penduduk sekitar bahkan pengunjung yang tiba dari daerah lain ingin melihat eksklusif Wisata Embung Nglarangan di Tretep Temanggung Jawa Tengah ini.

22. Tempat Wisata Embung Jetis Temanggung
Embung Jetis Temanggung
Embung Jetis berada di Desa Jetis Kecamatan Selopampang yang bisa diakses memakai kendaraan roda dua maupun roda empat, berada pada jalur alternatif Temanggung – Windusari Magelang, pembuatan embung jetis ini untuk mensupply pasokan air untuk flora Hortikultura menyerupai Tomat, Kubis dan Sayuran lain juga tentunya menjadi obyek wisata alam untuk wisatawan lokal maupun luar daerah yang berkunjung ke Temanggung.

Selain itu, di Wisata Embung Jetis di Jetis Temanggung Jawa Tengah ini para pengunjung bisa melihat keindahan alam yang luar biasa yang tidak bisa di uraikan dengan kata kata, bila pengunjung liburan ke kota temanggung jangan lupa untuk melihat keindahan Wisata Embung Jetis di Jetis Temanggung Jawa Tengah ini.

23. Tempat Wisata Embung Tlogopucang Temanggung
Embung Tlogopucang Temanggung
Embung Tlogopucang merupakan salah satu dari beberapa danau buatan yang dibangun oleh pemerintah daerah Temanggung di daerah Kandangan. Keberadaannya lebih dikenal sebagai lokasi foto daripada tempat wisata lantaran cukup indah untuk diabadikan ketimbang dinikmati suasananya. Pemandangan Embung Tlogopucang terlihat menarik meskipun tidak terlalu luas.

Bentuk embung yang tidak simetris dan berlekuk-lekuk mengikuti kontur tanah menunjukkan kesan unik dan tidak kaku. Bila kondisi cuaca sedang cerah akan terlihat deretan gunung yang menjadi latar kolam buatan ini yaitu Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau Dieng. Disarankan tiba ke tempat ini pada pagi hari lantaran berpoensi cerah ketimbang dikala sore untuk menikmati matahari terbenam.

Fasilitas pendukung wisata di tempat ini tidak sersedia lantaran belum serius dikembangnya menjadi obyek wisata menyerupai embung-embung lain di daerah Temanggung.

24. Tempat Wisata Embung Soropadan Temanggung
Embung Soropadan Temanggung
Embung Soropandan di Pringsurat Temanggung Jawa Tengah ini. Fungsi embung sangat banyak yang diantaranya konservasi lingkungan hidup serta menjamin ketersediaan air terutama di musik kemarau. masyarakat sekitarcsangat berharap embung yang dibentuk BBWSO bisa terjaga, di isu terkini kemarau warga sangat membutuhkan air untuk pengairan lahan, selain memang untuk konservasi alam lingkungan.

Pembangunan embung di Soropadan lebih pada perkebunan, beda dengan embung lainnya yang lebih menekankan memasok air di sektor holtikultura. Untuk itu siapa pun dari warga sekitar yang membutuhkan air bisa eksklusif mengambilnya di embung yang berada di lahan satu hektar dengan kedalaman 3 meter itu. Karena bertujuan konservasi maka di embung ini dilepas bibit ikan dan ditanami pohon perindang.

25. Tempat Wisata Pendakian Gunung Kendil
Gunung Kendil
Mengunjungi Gunung Kendil di waktu sore menyerupai membawa kita ke tengah-tengah spot indah perbukitan Hollywood, Mount Lee. Sekilas, destinasi alam Desa Pilangrejo itu memang menyerupai dengan spot kelas dunia di Santa Monica, Los Angeles, California tersebut. Kawasan Gunung Kendil juga telah dilengkapi aneka macam venue penunjang.

Seperti kolam pemancingan ikan, bumi perkemahan, tempat latihan menembak, hingga arena balap motor cross dan kendaraan beroda empat offroad. Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih usang juga bakal difasilitasi dengan kemudahan mini resort ke depannya.

26. Tempat Wisata Ngopi di Jembatan Sigandul
Jembatan Sigantul
Terletak diantara dua Kabupaten yakni Wonosobo dan Temanggung, serta diantara dua Gunung yakni Sumbing dan Sindoro mengakibatkan jembatan yang berlokasi di Kwadungan Jurang, Kledung, Kabupaten Temanggung ini menyuguhkan pemandangan yang cukup unik.

Hal itu menjadi daya tarik bagi warga sekitar dan juga pengguna jalan yang kebetulan melintasi jalan tersebut. Tak jarang para pengguna jalan menyempatkan diri untuk berhenti di pundak jembatan Sigandul untuk hanya sekedar ber-selfie atau menikmati hangatnya kopi di kedai-kedai yang belakangan mulai ramai sejak dibukanya jembatan terpanjang di jalur Wonosobo – Temanggung tersebut.

Hawa khas dataran tinggi yang cukup hirau taacuh disertai dengan pemandangan yang indah dan juga bentuk jembatan yang artistik menjadi daya tarik yang bisa memancing pengguna jalan untuk berhenti dan menikmati suasana gres jembatan Sigandul.

27. Tempat Wisata Situs Purbakala Liyangan 
Situs Purbakala Liyangan
Tempat ini ialah semacam Situs Purbakala, konon ini merupakan sentra Kerajaan Mataram Kuno yang mempunyai luas 900an M. Hingga dikala ini keberadaanya masih dalam tahap eksavasi oleh tim arkeolog dari jogja.

28. Tempat Wisata Gunung Sindoro 
Gunung Sindoro
Gunung Sindoro merupakan nama lain dari Sindara atau Sundoro, mempunyai ketinggian 3153 mdpl, terletak di antara kabupaten Wonosobo dan kabupaten Temanggung – Jawa Tengah. Letaknya bersebelahan dengan saudara kembarnya yaitu Gunung Sumbing. Gunung Sindoro mempunyai keunikan dari puncak gunung lainnya, yaitu mempunyai puncak yang sangat luas lebih dari beberapa kali ukuran stadion bola.

Jalur pendakian gunung sindoro menuju ke pos 1 berupa jalan bebatuan melewati lahan pertanian penduduk. Sudah banyak jasa ojek yang tersedia untuk menuju pos 1, namun kalau Anda memih berjalan kaki, maka Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Setelah melewati batas lahan pertanian penduduk dengan hutan akan hingga di Watu Gede pada di ketinggian 1.900 mdpl.

29. Tempat Wisata Pendakian Gunung Prau Via Wates
Gunung Prau via Wates
Gunung Prau sangat menjadi favorit bagi para pemula yang mencoba kemampuan fisik dan keterbatasan alat mereka. Pendaki senior juga mungkin mengakibatkan gunung prau untuk bernostalgia ketika tidak mempunyai waktu cukup usang untuk berlibur ke gunung.

Dari segi aksesbilitas dan jarak, memang pos pendakian via Patak Banteng menjadi primadona. Basecamp pendakian yang berada di tepian jalan raya Wonosobo – Dieng menciptakan angkutan umum semakin ramai oleh para pendaki. Jalur pendakian yang cukup singkat yang hanya sekitar 2-3 jam saja sudah bisa mencapai area puncaknya.

30. Tempat Wisata Alam Hutan Rasamala
Hutan Rasamala
Hutan rasalama ini berada di lereng gunung kembar yaitu sindoro dan sumbing. Lebih tepatnya di Desa Jetis, Kecamatan Selopampang. Hutan ini mempunyai pohon besar yang berjulukan Walitis. Nah jadi, Walitis itu bukan nama tempat wisatanya namun nama pohon yang ada di daerah hutan tersebut. Pohon Walitis ini mempunyai tinggi sekitar 30 meter dan untuk diameter batangnya bisa mencapai 7,5 meter.

Bisa diperkirakan 3 kali pohon pinus yang ada di sekitarnya. Jika Anda ingin memeluk pohon ini, Anda memerlukan 6 hingga 7 orang remaja untuk bersama-sama memeluknya. Pohon ini mempunyai 2 cabang dan kulit pohon yang sudah rapuh. Sedangkan untuk sebutan Rasamala sendiri, lantaran di area hutan ini terdapat banyak sekali rumpun pepohonan Rasamala.

Yang lebih menakjubkan lagi, flora dan hutan ini tidak bisa terbakar dan terjamah oleh api. Namun, kalau Anda ingin melihat rumpun pepohonan Rasamala ini, Anda harus rela berkorban sedikit.Karena Anda harus menaiki gunung sekitar 1,5 km dari berdirinya pohon Walitis. luas dari rumpun Rasamala sendiri ialah sekitar 1,5 hektar.

31. Tempat Wisata Pendakian Gunung Sumbing
Gunung Sumbing
Gunung Sumbing, termasuk gunung tinggi di Jawa terletak di antara wilayah Temanggung dan Wonosobo Jawa Tengah berdiri gagah berdampingan dengan gunung Sindoro di sebelahnya. Gunung bertype strato ini berketinggian 3.371 mdpl, sedangkan kondisi puncaknya terdiri atas watu tebing menjulang tinggi yang dikelilingi oleh kawah - kawah kecil menebarkan asap belerang.

Puncak Gunung Sumbing terdiri atas dua puncak, Puncak Buntu, dengan ketinggian 3.362 mdpl dan puncak Kawah, dengan ketinggian 3.372 mdpl.

32. Tempat Wisata Alun - Alun  Temanggung
Alun -alun Temanggung
Salah satu alun-alun yang menarik untuk Anda kunjungi ialah Alun-Alun Temanggung. Alun-Alun Temanggung berada di Jl. Brigjen Katamso, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Letak Alun-Alun Temanggung ini cukup strategis yaitu berada di tengah kabupaten Temanggung. Banyak macam masakan yang patut Anda coba. Kuliner mengenyangkan maupun cemilan ringan lengkap tersedia di Alun-Alun Temanggung ini. 

Beberapa jenis masakan berat menyerupai warung makan biasa yang sering kita sebut dengan warung Tegal (warteg), bubur ayam, soto ayam dan nasi goreng. Kemudian terdapat pula satu warung gudeg yang patut Anda coba kelezatannya yaitu warung Gudeg Pak To / Mbak Siti. Dalam warung gudeg tersebut juga menjual bubur gudeg lengkap dengan salah satu masakan khas Temanggung yaitu empis empis khas Temanggung.

Baca ini : Tempat Wisata di Salatiga yang Paling Bagus

Demikian mengenai 35 Tempat Wisata di Temanggung yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Sumber http://www.anekawisataseru.net

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: 35 Daerah Wisata Di Temanggung Yang Wajib Dikunjungi. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: 35 Daerah Wisata Di Temanggung Yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment

Bali Attractions