Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: 32 Daerah Wisata Di Garut Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Garut - Hai Sahabat yang ada di penjuru Indonesia, bagaimana dengan liburan kalian bersama Keluarga? Pasti menyenangkan kan, Indonesia memang mempunyai banyak tempat wisata alam yang sangat mempesona dan menarik untuk dikunjungi. memang juga, tak kalah dengan wisata yang ada di Luar Negeri.

Perlu anda tahu bahkan banyak para wisatawan gila tiba ke indonesia untuk menikmati keindahan di negara indonesia, biasannya yang tiba dari negara, Belanda, Inggris, Amerika dan yang paling banyak yaitu Australia karena negara tetangga kita yang dekat dengan indonesia. maka dari itu kita seharusnya besar hati karena mempunyai negara yang mempunyai banyak wisata yang sanggup menarik wisatawan asing.

Salah satu destinasi yang cukup menarik di indonesia yaitu Wisata Garut, karena di garut banyak mempunyai wisata alam misalnya Kawah Putih Talaga Bodas, Pantai Santolo, Gunung Papandayan dll. Kabupaten Garut memang secara geografis berdekatan dengan Kota Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat, merupakan daerah penyangga dan hinterland bagi pengembangan wilayah Bandung Raya.

Baca juga : Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Oleh karena itu, Kabupaten Garut mempunyai kedudukan strategis dalam memasok kebutuhan warga Kota dan Kabupaten Bandung, sekaligus berperan di dalam pengendalian keseimbangan lingkungan. Selain itu juga, Garut terkenal dengan buah tangan khas yang berjulukan dodol Garut. Selain makanan, Garut juga mempunyai nama besar dalam dunia kerajinan kulit. Sejumlah produk pakaian dari kulit, mirip jacket dan sarung tangan telah diakui kualitasnya sebagai yang salah satu yang terbaik dari wilayah Jawa Barat.

Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini ialah sejumlah 24 tempat wisata di Garut yang wajib Dikunjungi dan menarik. Sebagian besar destinasi wisata Garut ini ialah wisata alam yang menawan.

1. Tempat Wisata Kawah Talaga Bodas di Garut
Talaga Bodas
Salah satu tempat wisata di Garut yang masih menyimpan keindahan tersembunyi ialah Kawah Telaga Bodas. Tempat wisata ini memang menyuguhkan keindahan alam yang begitu cantik. Nama Telaga Bodas sendiri mengandung makna Telaga Putih, karena memang telaga ini berwarna putih kehijauan.

Jika anda pernah berkunjung ke Kawah Putih di Ciwedey Bandung, Kawah Telaga Bodas ini mirip-mirip mirip Kawah Putih Ciwidey. Warna putih Kawah Telaga Bodas dikarenakan airnya yang mengandung kadar welirang yang cukup tinggi.

Kawah Telaga Bodas berada di Gunung Telaga Bodas dengan ketinggian kawah 1512 mdpl, Telaga Bodas berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Garut dengan Kabupaten Tasikmalaya, atau berbatasan dengan Kecamatan Pangatikan dan Kecamatan Wanaraja. Atau berjarak sekitar 28 km dari sentra Kota Garut.

Harga tiket masuk hanya Rp 5000, untuk area parkir juga sudah disediakan. Dari area parkir ini, anda harus berjalan kaki menuju Kawah Telaga Bodas kurang lebih 200 meter. Anggap saja olah raga sebelum anda menikmati keindahan Kawah Telaga Bodas yang sesungguhnya. hehe

2. Tempat Wisata Kampung Sampireun di Garut
Kampung Sampireun
Kampung Sampireun merupakan salah satu tempat bulan madu di Indonesia yang paling romantis. Resort ini berada di atas danau dengan nuansa Sunda yang kental. Suasana romantis akan menemani sepanjang hari selama Anda menghabiskan waktu di tempat ini.

Kampung Sampireun berlokasi di Desa Ciparay. Akomodasi ini menampilkan budaya Sunda orisinil dan menunjukkan bermacam-macam unit bungalow glamor yang terletak 1000 meter di atas permukaan laut. Resor yang berselang 2 jam berkendara dari Bandung ini menyuguhkan pemandangan pegunungan dan udara sejuk yang sanggup membuat anda lebih fresh.

Sampireun Spa menunjukkan banyak sekali perawatan pijat santai. Wisata harian ke bermacam-macam obyek wisata sanggup diatur di meja layanan wisata. Seruling Bambu Restaurant menyajikan hidangan Indonesia dan Cina yang bervariasi serta lezat.

3. Tempat Wisata Puncak Darajat Waterboom Garut
Puncak Darajat
Kawasan Darajat merupakan salah satu tempat wisata di garut yang terkenal di garut yang ketika ini sedang naik daun ialah Daerah Wisata Darajat Garut. Tempat wisata ini cukup banyak dikenal oleh wisatawan lokal dan banyak dijadikan Tujuan Wisata dan liburan di kabupaten Garut.

Letak area wisata Darajat berada di dataran tinggi, dan masih cukup asri. Anda akan sanggup menikmati pemandangan indah dari ketinggian, sekaligus berendam air panas alami disini. Salah satu tempat wisata di area ini yang banyak dikenal ialah Puncak Darajat Garut.

Kolam air panas di Puncak Darajat cukup higienis karena berasal dari sumbernya langsung. Anda sanggup berendam di air panas bersama keluarga atau teman-teman dekat disini. Selain itu, Anda juga bisa menghirup udara segar dan menikmati pemandangan indah dataran tinggi di Kawasan Darajat. Harga tiket masuk Puncak Darajat sebesar Rp.22.000,- ketika hari biasa, dan Rp. 25.000,- ketika hari libur.

4. Tempat Wisata Sabda Alam Cipanas Garut
Taman Air Sabda Alam Garut
Taman Air Sabda Alam Garut merupakan salah satu taman air di daerah Cipanas Garut. Wisata air ini merupakan wisata air panas yang dilengkapi dengan banyak sekali permainan, diantaranya ialah waterboom, bejana tumpah, dan banyak sekali permainan air lainnya.

Disini Pemandangan pertama yang Anda lihat begitu masuk lokasi ialah bejana air raksasa di atas kolam renang. Di bawah bejana raksasa ini sudah banyak pengunjung yang berkumpul dan menunggu bejana terisi penuh sehingga air tumpah dan mengguyur badan mereka.

Selain itu, Disini juga tersedia banyak permainan yang diubahsuaikan dengan usia pengunjung. Dan juga ada permainan yang memang untuk bawah umur dan ada pula permainan untuk orang dewasa. Hal ini membuat Water Boom Sabda Alam layak dijadikan tempat wisata keluarga di Garut.

Biaya Tiket masuk sebesar Rp.35.000 pada hari kerja dan Rp.50.000 pada weekend dan holiday. di arena Taman Air Sabda Alam juga tersedia permainan Outbound yang sanggup menguji adrenalin anda dan keluarga anda.

5. Tempat Wisata Pantai Santolo Garut
Pantai Santolo
Pantai Santolo merupakan sebuah pantai yang sangat menarik bila dikunjungi. Pantai Santolo erletak di kecamatan Cikelet, sebelah selatan sentra kota Garut atau biasa disebut Garut Selatan, Garsel atau Garsela, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota.

Pantai ini tidak mengecewakan dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah Tujuan Wisata . Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah Tujuan Wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai pelabuhan kapal ikan atau bahtera yang ada di Pameungpeuk.

Di pantai Santola juga tersedia juga sewaan bahtera yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan kuliner bahari yang segar dengan sajian yang sederhana. kemudahan yang diharapkan wisatawan cukup tersedia mirip losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Harga tiket masuk ke pantai Santolo hanya Rp. 3.500, untuk menyebrang pulau kecil memakai bahtera milik para nelayan Rp. 2.000 untuk sekali nyebrang, bila PP maka akan dikenakan biaya Rp. 4.000.

6. Tempat Wisata Gunung Papandayan Garut
Gunung Papandayan
Gunung Papandayan merupakan gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan bahari itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

Potensi wisata yang ada di Gunung Papandayan ialah berupa pemandanganya yang indah dan masih asri serta terdapat kawah dan sumber air panasnya. Bagi anda yang suka mendaki gunung, Gunung Papandayan juga sering didatangi oleh para pendaki untuk menikmati indahnya pemandangan gunung dan matahari terbit atau sunrise.

Jika anda ingin menikmati gunung Papandayan anda harus membayar tiket masuk yaitu sebesar Rp.15.000,- untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk turis mancanegara sebesar Rp.150.000,-. Sewa tenda sekitar Rp. 70.000,- per malem. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

7. Tempat Wisata Pantai Rancabuaya Garut
Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya merupakan salah satu Objek Wisata pantai yang sangat indah bila dikunjungi, pantai ini berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Pantai yang mempunyai batu-batu karang besar ini pribadi berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga mempunyai ombak yang cukup besar.

Yang menarik dari pantai ini ialah banyaknya batuan karang yang cukup besar, juga terdapat tebing batuan yang cukup tinggi serta adanya jeram yang pribadi menghadap ke pantai. Hal lain yang menarik yaitu banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap di karang-karang yang terbawa oleh ombak.

Pantai Rancabuaya merupakan tipe pantai berbatu karang sehingga kurang cocok untuk berenang. Pantai Rancabuaya sendiri merupakan pantai pelabuhan sehingga anda bisa mendapat ikan hasil tangkapan pribadi dari nelayan ataupun dari warung di sekitar pantai. Jika anda ingin masuk kepantai ini anda harus membayar tiket, Harga tiket masuk-nya murah meriah, hanya Rp. 6.000,-. rupiah.

8. Tempat Wisata Kawah Darajat Garut
Kawah Darajat
Kawah Darajat ialah lokasi pegunungan yang berada di Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi Garut. Ketinggian rata - rata Kawah Darajat ini ialah 1920 meter di atas permukaan laut, dengan konfigurasi umum lahan yang berbukit dan berlembah dengan tingkat kemiringan lahan yang agak curam dan stabilitas tanah yang cukup baik serta daya serap tanah yang cukup.

Kawah darajat mempunyai luas sekitar 40 Ha dan dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang dikelola oleh PT. Amoseas yang berhubungan dengan PT. Pertamina, dan juga kepemilikan lahan oleh PT. Perhutani. Dikawasan ini sering dipakai tracking oleh para pengunjung yang ingin menikmati sekaligus meneliti kawah yang masih aktif ini.

Selain itu, Untuk melaksanakan aktifitas pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak Amoseas. Ini karena daerah ini merupakan daerah industri dan juga ancaman akan gas alam.

9. Tempat Wisata Darajat Pass Garut
Darajat Pass
Darajat Pass ialah tempat rekreasi taman air panas di daerah derajat, tepatnya di Jl. Darajat KM. 14 Pasirwangi, Garut, Jawa Barat. Fasilitas yang ada di Darajat Pass ini cukup banyak diantaranya Waterboom, bejana tumpah, kolam pemandian air panas, penginapan dan rumah makan.

Selain itu di darajat pass juga terdapat wisata berkuda, ATV, Flayingfox terpanjang di garut, shaking bridge, hingga Outbound. Harga tiket masuk Darajat Pass Water Park ini cukup murah sekitar Rp. 25.000. Bagi Anda yang ingin menginap disini juga menyediakan hotel dan bunglau dengan pesona keindahan alam puncak darajat dengan harga yang cukup murah kok.

10. Tempat Wisata Situ Bagendit Garut
Situ Bagendit
Situ Bagendit ialah Objek Wisata alam berupa danau dengan batas manajemen disebelah utara berbatasan dengan Desa Banyuresmi, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, disebelah timur berbatasan dengan Desa Binakarya, dan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sukamukti.

Disini anda sanggup melakukukan banyak sekali kegiatan di Situ Bagendit ini antara lain menikmati pemandangan, mengelilingi danau dengan memakai bahtera atau rakit. Para pengunjung juga sanggup melaksanakan kegiatan rekreasi keluarga, menikmati pemandangan serta kegiatan bersepeda air.

Tempat wisata ini dikelola oleh Bapak Ajan Sobari dengan status kepemilikan berada di tangan pemerintah daerah yang kewenangannya dilimpahkan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut dan pihak swasta yaitu Bapak Adang Kurnia. Harga tiket masuk ke daerah ini Rp.5000 rupiah per Orang.

11. Tempat Wisata Curug Orok di Garut
Curug Orok Garut
Curug Orok ialah tempat wisata jeram di Garut yang paling terkenal, berlokasi di Desa Cikandang. Curug Orok berada di ketinggian 250 m di atas permukaan bahari dan juga curug orok ini mempunyai ketinggian 45 m dengan konfigurasi umum lahan berbukit karena letaknya di kaki gunung Papandayan dengan tingkat kemiringan lahan yang sebagian landai dan sebagian lainnya curam.

Tingkat stabilitas dan daya serap tanah di daerah ini baik dengan tingkat erosi yang rendah. Jenis material tanahnya yaitu berupa tanah liat yang berbatu dan kerikil. Curug Orok mempunyai air yang jernih, amis air normal dan temperatur yang dingin.

Curug ini terdiri dari dua buah curug yaitu curug besar yang mana pedoman airnya jatuh pribadi dari atas tebing yang berasal dari pedoman sungai di atasnya. Limpahan curahan air ini membentuk kolam air dibawahnya. Kolam ini cukup besar dan tidak terlalu dalam sehingga sanggup dipakai untuk sekedar mandi ataupun berendam. Sedangkan curug yang kecil terdiri dari beberapa kucuran air yang keluar dari rembesan dinding tebingnya.

12. Tempat Wisata Pantai Cijeruk Indah Garut
Pantai Cijeruk Indah
Pantai Cijeruk merupakan pantai yang sangat indah yang berada di garut karena mempunyai pesona pantai yang indah. Pantai ini mempunyai pasir putih kecoklatan dengan air bahari yang cukup jernih dan juga terlihat biru serta kemiringan pantai dasr lautnya landai sehingga dengan jarak tertentu cukup kondusif untuk berenang karena gelombang ombaknya rata-rata mempunyai ketinggian sekitar 1 meter.

Lokasi tempat wisata pantai ini berada di Desa Sagara. Keunggulan Pantai Cijeruk Indah ialah pantai ini tidak ramai, bersih, dan alami. Dalam perjalanan ke Pantai Cijeruk Indah, Anda akan disuguhi pemandangan indah berupa perkebunan karet yang tertata rapi, lengkap dengan hewan-hewan ternak mirip sapi yang digembalakan di kebun karet tersebut. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai dalam keheningan.

13. Tempat Wisata Pantai Karang Paranje Garut
Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje adalah salah satu wisata pantai di garut yang di favoritkan baik oleh masyarakat garut sendiri bahkan wisatawan asing, pantai ini cukup ramai dengan kunjungan wisatawan hal tersebut tak lain karna memang pantai karang paranje ini menyuguhkan pemandangan alam yang perpadu dengan keindahan bahari yang menawan, tidak heran bila camera merupakan hal wajib yang perlu dibawa saaat berlibur ke pantai tersebut.

Pantai ini masih terbilang cukup alami ini karena mempunyai keunikan sendiri yang bisa mendatangkan para pengunjungnya, adanya sebuah bongkahan karang yang terlihat mencolok di ujung bibir pantai dengan shelter atau saung di puncaknya yang mirip pantai tanah lot di bali, deburan ombak yang menerjang watu karang di pantai ini bisa membuat pemandangan yang cukup memanjakan mata.

Bagaimana indah bukan? Pantai Karang Paranje mungkin anda bisa tiba ke pantai ini untuk menikmati keindahan pantai ini.

14. Tempat Wisata Pantai Puncak Guha Garut
Pantai Puncak Guha Garut
Pantai Puncak Guha merupakan pantai yang terletak di Garut Selatan. Tempat wisata pantai di Garut yang satu ini bebas dari pedagang yang memang sanggup mengganggu pemandangan pantai ini. Pantai Puncak Guha menunjukkan keindahan panorama pantai yang dilihat dari atas tebing.

Di bawah tebing itu Anda juga sanggup bisa melihat ratusan kelelawar. Apabila Anda ingin berkunjung ke Pantai Puncak Guha, bawalah bekal kuliner dan minuman yang cukup karena jarang ada pedagang di Pantai Puncak Guha. Untuk menikmati pantai yang bagus ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 6.000 rupiah.

15. Tempat Wisata Candi Cangkuang Garut
Candi Cangkuang Garut
Candi Cangkuang merupakan sebuah candi Hindu yang terdapat di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat.. Candi inilah juga yang pertama kali ditemukan di Tatar Sunda serta merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda.

Nama Desa Cangkuang itu sendiri berasal dari nama sebuah pohon yang berjulukan Pohon Cangkuang yang banyak terdapat di sekitar Makam Embah Dalem Arif Muhammad. Candi Cangkuang juga masuk dalam daftar tempat wisata di Garut yang cukup murah karena harga tiket masuk-nya hanya sebesar Rp. 7.500 per orang.

16. Tempat Wisata Kawah Kamojang di Garut
Kawah Kamojang Garut
Kawah Kamojang merupakan tempat wisata yang berupa kawah yang terletak di daerah Samarang, Garut, Jawa Barat yang berada di ketinggian 1.730mdpl. Suhu di tempat ini bisa di bilang cukup ekstrim jadi sebaiknya anda memakai jaket tebal. Kawah ini ialah salah satu kawah gunung berapi yang masih aktif di kota Garut, karena uap yang dihasilkan dari kawah disini berasal dari perut bumi.

Luas daerah ini sekitar 10 Hektar tetapi tidak sepenuhnya sanggup kita jelajahi, karena hanya 8 hektar yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung dan sisanya sedang dalam tahap perombakan. Disini terdapat 23 kawah 2 diantaranya berbentuk mirip danau uap. Harga tiket masuknya cukup murah , hanya sebesar Rp. 10.000,-. per orang.

17. Tempat Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk Garut
Sungai Cimanuk
Mungkin anda ingin berwisata yang cukup menantang di Garut? Mungkin anda harus mencoba Arung Jeram Sungai Cimanuk. Karena karakteristik sungai Cimanuk di Garut ini sangat ideal bagi rafting. Jeram-jeram cadas dengan pedoman air yang deras sanggup membuat adrenalin Anda bekerja cepat, menambah daya tarik arung jeram yang menantang.

Keindahan alam di daerah Sungai Cimanuk yang menarik sanggup Anda nikmati berbarengan dengan kegiatan arung jeramnya. Anda sanggup menyaksikan tebing-tebing indah, air terjun, hingga melintasi daerah hutan bambu yang lebat. Jika anda ingin mencoba rafting ini anda harus membayar Paket Seharga sekitar 275.000 perorang.

18. Tempat Wisata Pantai Sayang Heulang di Garut
Pantai Sayang Heulang Garut
Pantai Sayang Heulang merupakan salah satu destinasi tempat wisata pantai yang mempesona yang berada di Garut. Luasnya hampir terserak 10 hektare dengan jarak 87 km dari sentra kota Garut. Sayang Heulang ini dalam bahasa Sunda berarti sarang burung Elang. maka anda tak perlu heran bila memasuki daerah pantai ini akan terlihat sebuah patung burung elang.

Selain itu panorama keindahan pantai ini memang indah, karena dipantai ini udaranya sangat sejuk. Air lautnya sungguh bening. Pasirnya pun terlihat putih. Ketika tergenggam di tangan dan kaki menjejak, pasir itu terasa sangat halus. Kaprikornus rasanya sungguh pantas untuk membuat para pengunjung merasa nyaman berjalan di tepi Pantai Sayang Heulang.

Pantai Sayang Heulang terletak di pinggir kota Garut. Tepatnya masuk ke wilayah Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini tercatat mempunyai panjang kurang lebih 3,5 km dengan lebar sekitar 50 meter.

19. Tempat Wisata Taman Satwa Cikembulan Garut
Taman Satwa Cikembuhan
Taman Satwa Cikembulan merupakan tempat wisata yang paling digemari oleh para keluarga atau pun anak-anak. Taman Satwa Cikembulan, mempunyai banyak sekali macam satwa, salah satu yang menjadi Favorit wisatawan yaitu: Macan Tutul Jantan. Saat ini Kebun Binatang Cikembulan mempunyai sekitar kurang lebih 214 Spesies, termasuk Harimau Sumatera. Selain Kebun binatang Cikembulan juga menyediakan pemancingan bagi pengunjung yg senang memancing.

Selain itu, Kebun Binatang Cikembulan juga menyediakan banyak sekali wahana untuk bawah umur dan dewasa, mirip naik kuda, angsa air, ATV Road dan kendaraan beroda empat kecil untuk anak-anak. Harga tiket masuk Taman Satwa Cikembulan cukup murah meriah terjangkau, hanya Rp. 12.000 untuk orang dewasa, dan Rp. 6.000 untuk anak-anak.

Kebun binatang ini dinamai Kebun binatang Cikembulan, karena area kebun binatang ini berada di Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kab. Garut. Dan Lokasi buat menuju area kebun binatang cikembulan pas gampang karena sering dilalui tunggangan roda dua maupun roda empat.

20. Tempat Wisata Curug Citiis Garut
Curug Citiis Garut
Curug Citiis merupakan curug yang indah dan wajib dikunjungi bila sedang di garut, curug ini berada pada ketinggian 1000 m di atas permukaan bahari (dpl) persis di tengah-tengah daerah Gunung Guntur yang gersang dan daerah Gunung Gede di sebelah utaranya yang masih berupa hutan lebat. Seolah-olah curug ini menjadi batas kedua wilayah yang keadaannya sangat kontras.

Sumber air curug ini berasal dari Gunung Guntur yang mempunyai dua buah mata air, yaitu mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas, dan mata air masbodoh yang mengalir ke pedoman Curug Citiis. Curug Citiis banyak dikunjungi wisatawan, terutama kaum muda, yang tiba dari banyak sekali tempat. Daerah di mana curug ini berada juga menjadi salah situ rute pendakian bagi mereka yang ingin menaklukkan puncak Gunung Guntur dari arah Kampung Pasawahan.

Terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat.

21. Tempat Wisata Curug Cimandi Racun Garut
Curug Citiis Garut
Curug Cimandi Racun atau juga disebut dengan Curug Cibuni Racun. Curug ini mempunyai ketinggian 25 m dan sumber airnya berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi. Letak jeram ini berada pada ketinggian 1045 di atas permukaan bahari dengan reka bentuk alam berlembah disertai kemiringan lahan yang curam serta temperatur udaranya yang sejuk berkisar antara 23-25 derajat Celsius.

Sumber air Curug Citiis berasal dari Gunung Guntur yang mempunyai dua buah mata air, yaitu mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas, dan mata air masbodoh yang mengalir ke pedoman Curug Citiis. Aktivitas yang sanggup dilakukan antara lain hiking, tracking, menikmati pemandangan, camping dan fotografi.

22. Tempat Wisata Curug Sang Hyang Taraje
Curug Sanghyang Taraje
Curug Sanghyang Taraje ialah jeram permanen, oleh karena itu, pada ekspresi dominan kemarau masih sanggup ditemui volume jatuhan yang cukup besar meskipun tidak sebesar pada ekspresi dominan hujan. Pada ekspresi dominan hujan, volume jatuhan airnya sangat besar dan bila gres turun hujan, airnya akan sangat keruh.

Curug Sanghyang Taraje mempunyai pembagian terstruktur mengenai lebih banyak didominasi Segmented dan Ledge yang merupakan bentuk klasik dari satu air terjun. Jatuhan air Curug Sanghyang Taraje yang terbagi menjadi dua dan sama persisi terkadang sanggup memunculkan pembagian terstruktur mengenai lain, yaitu Twin/Paralel.

Curug ini Berjarak 3,2 km dari kecamatan atau 47 km.dari sentra kota Garut. Dapat ditempuh dengan memakai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum berjenis minibus (Elf) dari Garut menuju Pakenjeng dengan ongkos Rp 3500, selanjutnya diteruskan dengan ojek menuju lokasi jeram dengan ongkos Rp 5000.

23. Tempat Wisata Gunung Cikuray Garut
Gunung Cikuray Garut
Gunung Cikuray ialah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikurai mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan bahari dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat sehabis Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.

Biasanya di hari libur, puncak gunung Cikuray selalu dipadati oleh pendaki dan pecinta alam dari banyak sekali daerah di Indonesia. Mereka tertarik untuk mendaki gunung Cikuray karena alamnya bersahabat, treknya tidak terlalu panjang namun mempunyai pesona keindahan yang luar biasa.

Jika anda ingin mencapai Cikuray anda sanggup ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian, (Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung). Ketiga jalur tersebut menunjukkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur bayongbong ialah jalur yang paling terjal, tetapi sanggup cepat hingga di puncak.

24. Tempat Wisata Tebing Alam Batu Tumpang Garut
Tebing Alam Batu Tumpang Garut
Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah Kecamatan Cikajang. Dapat ditempuh dari kota Garut sekitar 1 jam. Batu Tumbang akan ditemui ketika menuju tempat wisata pantai Santolo di Pameungpeuk Garut Selatan. Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah perkebunan, udaranya sejuk dan bebas polusi. Rumah-rumah warga berada tidak jauh di sekitar Objek Wisata Batu Tumpang. Pemandangan alam di sekitar Batu Tumpang hampir mirip dengan daerah Puncak Wisata Bogor.

Di sekitar tempat wisata Batu Tumpang terdapat warung-warung warga sekitar yang menjual aneka kuliner dengan harga standar. Di selesai pekan, para pecinta alam sengaja tiba ke tempat ini untuk latihan olah raga panjat tebing. Keunikan Batu Tumpang yaitu terdapat pada watu yang menumpang, karena itu pula tempat wisata di Garut yang satu ini dinamakan Batu Tumpang.

25. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cipanas
Pemandian Air Panas Cipanas
Kawasan Cipanas Garut merupakan salah satu tempat pamandian air panas di Indonesia favorit wisatawan. Tempat wisata Garut yang terkenal ini selalu ramai dengan pengunjung. Anda sanggup menemukan banyak hotel, penginapan, hingga bungalow di sana. Lokasi pemandian air panas Cipanas ini tidak jauh dari sentra kota Garut, hanya berjarak sekitar 6 km.

Anda sanggup dengan gampang tiba di sana dalam waktu 15 menit. Tepatnya di Cipanas, Kecamatan Tarogong, Garut, Jawa Barat. Air panas di Cipanas ini mengandung banyak sekali mineral yang sangat baik bagi kesehatan badan serta mempunyai khasiat penyembuhan. Suhu air panas berkisar antara 37-46 derajat celcius.

Di kolam pemandian air panas, Anda sanggup mengembalikan kebugaran badan dengan mengendurkan otot-otot yang kaku serta untuk relaksasi. Di daerah Cipanas Garut ini juga, Anda sanggup menentukan untuk melaksanakan kegiatan hiking dan Paralayang di gunung Guntur. Tiket masuknya kalau tak salah sekitar Rp. 15.000,-. Harga bisa berubah ya sobat traveler.

26. Tempat Wisata Kawah Kamojang Garut
Kawah Kamojang
Kawah Kamojang merupakan Objek Wisata kawah gunung berapi dan geotermal yang terletak di perbatasan antara Bandung dan Garut, letaknya tidak terlalu jauh dari Bandung hanya berjarak sekitar 30 Km, kurang lebih sama dengan jarak tempuh dari Bandung ke Ciwidey atau Kawah Putih, namun sayangnya Kamojang masih belum cukup banyak dikenal oleh wisatawan. Kawah Kamojang berada di ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut.

Daya tarik di daerah Kamojang ialah Kawah Hujan, kawah ini mengeluarkan semburan uap geothermal dari lubang-lubang tanah mirip air hujan yang jatuh. Semburan uap geothermal yang dihasilkan dari lubang tanah di Kawah Hujan cukup tinggi dan mengeluarkan percikan air mirip hujan yang indah dan menakjubkan. Di kawah hujan pengunjung bisa mandi sauna sepuasnya. Suhu air yang mengalir di kawah ini mencapai 95 - 98 derajat Celcius.

Cukup panas hingga menjadikan uap. Air ini kemudian menyembur ke udara sekitar. Itulah sebabnya kawah ini dinamai Kawah Hujan. Menariknya, ketika menyembur ke udara mirip hujan gerimis, air tersebut sama sekali tidak panas. Air yang menyiprat ke udara tetap terasa masbodoh mirip laiknya air pegunungan. Kawah Hujan merupakan salah satu bentuk manifestasi geothermal di permukaan, salah satu cara mengetahui adanya potensi geothermal di suatu daerah ialah dengan melihat fenomena alam mirip yang terjadi di kawah hujan.

27. Tempat Wisata Pantai Cicabolak Garut
Pantai Cicalobak Garut
Pantai Cicalobak ialah salah satu pantai indah yang letaknya berada di Kecamatan Mekarmukti, Kab. Garut. Pantai ini berada dipinggir Jalur Trans Jabar Selatan. Jalur diantara Pameungpeuk dan Rancabuaya. Pantai ini terlihat sangat indah ketika melintas di jalur ini. Pantai Cicalobak merupakan pantai karang di sisi kanan dan kirinya, sedangkan dibagian tengah ialah pantai pasir yang tidak terlalu luas karena merupakan sebuah muara sungai kecil.

Pantai ini menghadap pribadi ke Samudra Hindia, ombaknya besar tapi terhempas karang-karang. Di pantai pasir, bisa buat berenang tapi jangan ke tengah karena ombaknya semakin besar. Di belahan pantai karang pinggir-pinggirnya dirimbuni pepohonan. Di belahan sisi kiri pantai karang terdapat saung. Pantai ini sangat indah, momen terbaik untuk bisa menikmati pantai ini ketika sore hari.

Senja sore di pantai Cicalobak ini sangat begitu indah, memanjakan mata. Bisa melihat matahari terbenam di ufuk barat. Semoga saja, potensi yang luar biasa indahnya yang dimiliki Pantai Cicalobak di kecamatan Mekarmukti ini mendapat perhatian dari Pemkab Garut maupun Pemprov Jabar untuk dikembangkan. Bisa jadi destinasi wisata unggulan.

Pantai Cicalobak berjarak kira-kira hampir 28 km dari Kota Pameungpeuk ke arah Rancabuaya, sebelum Puncak Guha. Dari Garut kota kira-kira 128 km via Cikajang – Pameungpeuk – Cikelet – Cicalobak. Jalannya sebagian besar tidak mengecewakan Bagus.

28. Tempat Wisata Pantai Taman Manalusu Garut
Pantai Taman Laut Manalusu
Pantai Taman Laut Manalusu merupakansatu dari beberapa pantai yang terdapat di Garut yang sanggup anda kunjungi. Apabila anda ingin berlibur dengan tidak berdesak-desakan mirip halnya di Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang.

Pantai Taman Laut manalusu tempat Wisata Garut selatan ini sangat cocok untuk solusi persoalan anda. Selain tempat wisata Pantai Manalusu di Garut Selatan juga terdapat beberapa pantai yang popler mirip Pantai Santolo dan Sayang heulang yang selalu ramai di kunjungi Para Pengunjung, baik pengujung Garut ataupun pengunjung luar Garut.

29. Tempat Wisaat Perkebunan Teh Dayeuh Manggung Garut
Perkebunan Teh Dayeuh Manggung
Perkebunan Teh Dayeuh Manggung, salah satu perkebunan teh di Garut yang juga masuk dalam kategori area wisata Ngamplang tepatnya di desa Subatan Dayeuh Manggung ialah Perkebunan teh yang dikelola oleh PTPN VIII, sebuah perusahaan Persero milik negara (BUMN). Perkebunan ini, selain sebuah perkebunan penghasil teh sebagai produk utama yang rumah produksinya (pabrik) ada di belahan bawah kebun, juga mempunyai Objek Wisata Garut yang mempunyai potensi wisata alam tiada duanya.

Nuansa hijau dari hamparan perkebunan teh dengan sedikit pepohonan ialah daya tarik utama yang ditawarkan. Segarnya udara yang seolah masih terasa pagi mengambarkan tempat ini merupakan sebuah area hijau yang sangat jauh dari efek polusi udara. Kembali ke alam, sangat cocok untuk anda dan keluarga.

Beberapa aktifitas wisata yang sanggup dilakukan dengan potensi yang ada sangat sayang untuk dilewatkan. Aktifitas tersebut antara lain rekreasi, tracking, hiking ataupun menyalurkan hobi fotografer dengan mengabadikan setiap momen dari keindahan perkebuan teh yang sanggup dibudik hampir di seluruh penjuru kebun teh. Oleh karena itu perkebunan teh ini sangat cocok dipakai sebagai area rekreasi pribadi, keluarga, ataupun rombongan perusahaan.

30. Tempat Wisata Rumah Makan Sari Cobek
Rumah Makan Sari Sobek
Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang likasinya di Kecamatan Leles Garut. Kalau dari Bandung hanya 20 Kilometer. Sebenarnya sih dekat Kadungora. Lokasinya berada di Objek Wisata Candi Cangkungan. Tepatnya di 3 Km dari Jalan Raya Bandung - Garut atau sejam dari jalan tol Cileunyi).Arsitektur rumah makan ini agak beda, terbuat dari saung-saung.

Pokoknya dijamin nyaman. Cocok untuk rombongan karena daya tampung sekitar 250 Orang. Kaprikornus kalau ingin program familly Gathering atau Company Outing sebaiknya di sini. Fasilitas yang tersedia di sini juga cukup komplit. Menu utama yang diberikan di rumah makan ini ialah sajian kuliner khas sunda, dengan penyajian yang menarik dan sempurna.

31. Tempat Wisata Rumah Makan Jemanii Garut
Rumah Makan Jemanii
Meskipun harganya agak mahal Rumah Makan ini sangat digemari. Sebab masakannya sangat khas. Tempatnya juga asri. Memang Rumah Makan ini untuk kalangan menengah ke atas. Lokasinya berada di Jalan Cipanas no 88 Garut. Pengunjung juga disuguhi kesenian sunda Sedangkan aneka kuliner yang ditawarkan ialah kuliner khas sunda, seafood, steak dan aneka jajanan Garut. Rumah makan ini juga melayani , wedding resepsi, catering, birthday dll. contact person public marketing 0877 2470 3332, 085 31409 2003 dan 0262 996 2556

Baca ini : Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 32 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, bila anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.
Sumber http://www.anekawisataseru.net

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: 32 Daerah Wisata Di Garut Yang Wajib Dikunjungi. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: 32 Daerah Wisata Di Garut Yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment

Bali Attractions