Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: Objek Wisata Kalimantan Timur

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Provinsi Kalimantan Timur Pulau Kalimantan bab ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi. Luas total Kaltim ialah 245.238 km², Ibukotanya ialah Samarinda.berbatasan eksklusif dengan Laut Sulawesi dan Selat Makassar di timur. Di sebelah barat, utara dan selatan, Kaltim berbatasan eksklusif dengan Malaysia, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Titik tertinggi di Kaltim ialah Liangpran dengan ketinggian mencapai 2.240 meter dari permukaan laut, Kalimantan Timur mempunyai kekayaan tumbuhan dan fauna. Di Kalimantan Timur kira-kira tumbuh sekitar 1000-189.000 jenis tumbuhan, dengan visi wisata terwujudnya kalimantan timur sebagai daerah tujuan wisata minat khusus yang berbasis alam dan budaya menuju kesejahteraan masyarakat yang berkesinambungan.



KAWASAN WISATA BUKIT BANGKIRAI

Pintu Gerbang Kawasan Wisata Bukit Bangkirai
Kawasan wisata alam Bukit Bangkirai merupakan hutan alam yang dekat dengan kota  dan berfungsi sebagai monumen hutan hujan tropis di Kalimantan Timur. Hutan hujan tropis ini didominasi tumsuh-tumbuhan dari famili Dipterocarpaceae.seluas 1500 Ha
Bukit Bangkirai berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Namun lebih dekat bila ditempuh dari kota Balikpapan. Sebuah daerah wisata hutan alam ini menjadi salah satu tempat observasi yang banyak dikunjungi oleh wisman maupun wisatawan lokal. Masuk ke daerah Bukit Bangkirai ini dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk dewasa, Rp 1000 untuk anak-anak, dan Rp 4000 untuk parkir mobil.
semakin masuk ke daerah ini anda akan menjumpai “Canopy Bridge”. Berupa jembatan setinggi 30 M yang terbentang dari pohon Bangkirai yang satu ke pohon Bangkirai yang lain. Disini andrenalin anda akan ditantang dan untuk menaiki jembatan ini, dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per orang. Areal ini juga dilengkapi “green house” untuk banyak sekali jenis anggrek, dan area Outbond. Adapun kemudahan di daerah Wisata Alam Bukit Bangkirai :
Canopy Bridge
Canopy Bridge
 a. Canopy Bridge
b. Rumah Besar Lamin
c. Pondok Penginapan (Cottage)
d. Jalan Setapak (Trek)
e. Koleksi Anggrek dan Kebun Buah-buahan Hutan
f.  Area Perkemahan
g.  Program Adopsi Pohon dan Tanaman Memorial
h. Pelatihan Outbond.


SAMBOJA LODGE

Samboja Lodge
Samboja Lodge/BOS merupakan Tempat santunan bagi Orang Utan(Pongo Pygmaeus) dan Beruang Madu (Helarctos Malayanus). Wilayah ini merupakan hasil reboisasi yang mempunyai lebih dari 740 jenis pohon orisinil Kalimantan. Disini terdapat enam pulau Orang Utan. Selain itu area seluas 159 hektar juga telah dialokasikan untuk pengembangan arboretum, sebuah tanam ilmiah besar, dimana sekitar 5.000 spesies pohon orisinil Kalimamtan dan sub-spesies akan ditanam.

Dilengkapi juga dengan tempat peristirahatan berupa Pondok Alam unik nan indah yang dibangun dengan memakai bahan-bahan alam yang sanggup di daur ulang dengan gaya arsitektur lokal. Pondik ini dikelilingi dengan hijau pepohonan, danau air asin dan pemandnagan eksklusif ke Pulau Orang Utan. Walau terletak di Wilayah Kutai Kartanegara, namun cara termudah untuk mencapainya ialah melalui Kota Balikpapan (berjarak sekitar 35 Km dari Kota Balikpapan).

BATU DINDING

Batu Dinding
Batu Dinding atau Batu Tenvang merupakan kerikil kapur yang mendingdingi dengan kokoh di sisi kiri dan kanan Sungai Mahakam. Batuan ini sanggup kita lihat di perjalanan menuju Long Pahai dan Long Apari. Pada jaman dahulu bebatuan ini dipakai sebagai tempat meletakkan peti mati (lungun) suku Bahau. Lungun ini menambah indahnya panorama alam yang ada di Ulu Mahakam. Salah satu wisata alam yang menarik dan menantang ialah menelusuri hulu sungai Mahakam. Di sepanjang hulu Sungai Mahakam kita sanggup menyaksikan keindahan alam, pepohonan serta beberapa jenis anggrek alam.
Disamping itu terdapat juga tebing kerikil dinding yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Long Bangun.Wisata alam kerikil dinding sanggup ditempuh dengan kapal sungai menuju Long Bagun. Di sepanjang perjalanan menuju hulu Sungai Mahakam tersebut, kita sanggup singgah sejenak dan menikmati banyak sekali perkampungan suku Dayak di wilayah Kabupaten Kutai Barat yang sangat alami. Di daerah ini terdapat legenda Batuq Ayau , yaitu daerah bebatuan yang dipercaya sebagai tenpat pembuangan kepala musuh pada dikala terjadinya perang antar suku di masa lalu. Perang tersebut sering disebut dengan istilah Mengayau. Gunung Batu ini juga nerupakan batas wilayah Propinsi Kalimantan Timur dengan Propinsi Kalimantan Tengah.

LIANG MANGKULANGIT

Liang Mangkulangit
Liang Mangkulangit atau bahsa penduduk setempat berarti Goa Mengangkat Langit yang diberikan oleh penemunya. Dibawahnya terdapat pedoman sungai Kandilo. Lama perjalanan yang ditempuh kurang lebih 45 menit dari Muara Komam atau kurang lebih 10 Menit dari Desa Muara Kuaro.

GOA LOSAN

Goa Losan
Lokasi goa ini terletak ditepi jalan raya Tanah Grogot- Banjarmasin atau berjarak ± 80 Km dari Ibukota Tanah Grogot. Terdapat banyak sekali stalagtit dan stalagmite yang berwarna putih kekuningan, salah satunya membentuk kerikil melodi alami yang bila di pukul sanggup mengeluarkan tangga nada. Goa Losan dalam bahasa Paser berarti goa tembus, dimana goa ini sangat besar dan luas. Habitat ribuan kelelawar dan burung walet juga berada di dalam goa tersebut sehingga menamah eksotisme goa alam ini.

GOA TENGKORAK

Goa Tengkorak
Objek Wisata ini terletak sekitar 4 Km dari jalan Trans Balikpapan-Banjarmasin tepatnya di Desa Kasungai. DI dalam Goa terdapat lebih kurang 30 Tengkorak Manusia. Konon goa itu merupakan tempat mengubur orang-orang penganut kepercayaan Animisme sebelum masuknya imbas agama Hindi dan Islam di Kerajaan Paser. Di daerah ini kita sanggup menjumpai panorama alam pegunungan yang indak sembari melewati jembatan gantung sebagai sarana penghubung untuk mengakses goa tersebut.

DANAU JEMPANG

Danau Jempang
Danau Jempang mempunyai luas ± 15.000 Ha merupakan salah satu kekayaan Kabupaten Kutai Barat. Danau Jempang terletak di Kecamatan Jempang. Danau ini banyak mengahasilkan banyak sekali jenis ikan sebagai penghasilan nelayan. Dengan panoramanya yang sangat eksotis dan air danau yang bersahabat, maka danau ini menjadi pilihan menarik untuk melaksanakan banyak sekali kegiatan, menyerupai : Lomba bahtera dayung, lomba ketinting, tempat upacara moral Pelas Danau. Umumnya rangkaian kegiatan itu dilaksanakn bersamaan dengan berlangsungnya Ehaq Jempang setiap bulan Mei. Pada sore hari, danau jempang sangat menawan untuk dikunjungi. Sambil menumpang ketinting menyusuri permukaan danau pengunjung sanggup menikmati sunset.

JANTUR INAR

Jantur Inar
Jantur (air terjun) Inar terletak di Kampung Temula, Kecamatan Nyuatan, berjarak ± 30Km dari sentra Kota Sendawar. Jantur Inar menjadi tempat para muda-mudi untuk berwisata sambil mandi di jeram yang jernih dan sekaligus menemani setiap tetesan air yang mengalir.

JANTUR MAPAN

Jantur Mapan
Air terjun Mapan terletak di Kampung Linggang Mapan, Kecamatan Linggang Bigung. Jantur Mapan terletak di sisi jalan raya Barong Tongkok menuju Linggang Bigung, sehingga, jantur ini menjadi tempat paling terkenal bagi para remaja untuk melepas lelah sekaligus mandi di air terjun. Dalam area Jantur Mapan terdapat kompleks persembahyangan Goa Maria. Dengan situasi uang alami dan sunyi, tempat ini sempurna untuk berdoa dan berziarah di bulan Maria kalender Liturgi Gereja Katolik

PANTAI MELAWAI

Sunset di Pantai Melawai
Terletak denkat dengan sentra kota, Melawai ialah tempat alternatif untuk menghabiskan waktu sore hari, dikala matahari terbenam pantai Melawai menyajikan pemandangan indah matahari terbenam dengan nuansa keemasan. Disisni pengunjung sanggup menikmati hidangan lokal dengan harga yang sangat terjangkau dalam suasana yang santai

PANTAI KEMALA

Pantai Kemala
Kemala Beach and Resto, atau lebih dikenal dengan Pantai Polda yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan Selatan, salah satu Objek Wisata pantai favorit yang berada di dalam kota. Diresmikan oleh Ketua Yayasan Bhayangkari Polda Kaltim Hayati Indarto pada tanggal 26 Agustus 2007. Untuk sanggup masuk daerah pantai yang dikelola Yayasan Bhayangkari Polda Kaltim, tiap pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp 500. Atau, jikalau memakai kendaraan cukup membayar parkir sebesar Rp 1.500.
Salah satu tujuan utama masyarakat kota Balikpapan berkunjung ke Pantai Kemala Beach and Resto alasannya ialah tempat wisata tersebut letaknya tidak jauh dari sentra kota juga keberadaan pantai tersebut sangat gampang untuk dijangkau. Memasuki daerah pantai Polda, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana teduh dari pepohonan yang rindang dan asri yang sanggup menarik perhatian para pengunjung. Sampai terik matahari tak terasa alasannya ialah keindahan yang dimilikinya. Bukan hanya itu, Pantai Kemala ini buka dari Pukul 08.00 Wita hingga Pengunjung sanggup menikmati suasana pantai hingga pukul 23.00 Wita. Beda halnya dengan pantai-pantai yang lainnya. Sedikitnya ada 15 anggota polisi yang stand by. Yang juga terdiri dari lima orang dari regu saerch and rescue (SAR) Polda Kaltim.

Dari kemudahan yang ada di Pantai Polda, selain memperlihatkan keindahannya pantai Polda juga memperlihatkan banyak sekali permainan yang sanggup di sewa oleh para pengunjung Misalnya menyediakan Banana boat, dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.25 ribu perorang, pengunjung dengan ditarik speedboat sanggup berkeliling sekitar laut pantai Polda, atau pilihan lain berwisata dengan menyewa jetski. Namun pengunjung harus mengeluarkan dana cukup besar, kemungkinan dipatok seharga Rp.800 ribu, pengunjung sanggup memakai jetsky selama 1 jam lamanya.
Juga adanya empat resto di sana. Yakni, Dapoer Bunda, Kumala Beach, Alexa Resto dan Ambalat Café, yang memperlihatkan aneka makanan dari majemuk daerah dan makanan khas Eropa. Keindahan yang diberikan Resto terlihat sangat eksotik dan elegen alasannya ialah diberikannya nuansa Bali sehingga pengunjung merasa berada menyerupai di Bali. Tidak hanya terpuaskan diperut, tetapi mata pun terpuaskan dengan pemandangan yang menakjubkan, Belasan meja makan tertata rapi sempurna menghadap bibir pantai.
Di Panta Polda atau Kemala Beach dan Resto bukan hanya sebagai obyek tempat wisata melainkan juga sanggup di jadikan tempat untuk ajang lomba, upacara moral (tradisional), dan program resmi maupun non resmi. Karena di Pantai Polda telah menyediakan kemudahan yang terjamin untuk acara-acara menyerupai ini. Tidak perlu repot lagi mengurus segala sesuatunya, dikarenakan telah di permudah dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

PULAU DERAWAN

Keindahan Pulau Derawan
Pulau tersebut termasuk dalam wilayah kecamatan pulau derawan. Pulau derawan ke pulau sangalaki memakan waktu 1 jam perjalanan dengan memakai speed boat. Nama pulau pulau menumbar, pulau kakaban, pulau pemana, pulau sambit, pulau bakungan, pulau inaka dan pulau maratua. Di perairan sekitar pulau pulau tersebut terhampar karang laut yang sangat indah , jenis ikan hias, juga terdapat ikan duyung, kepiting, kenari, penyu hijau dan mutiara alam. Kepulauan ini mempunyai potensi laut yang sangat kaya dan berdasarkan para andal bahwa keindahan taman laut dengan keanekaragaman biota laut yang hidup di perairan kepulauan derawan termasuk nomer 3 (tida) di dunia.

Pulau Derawan semenjak tahun 1993 di kelola oleh PT. Bhumi Manimbora Interbuana dengan kemudahan :cottage, alat selam, speedboat, restoran. Pulau Sangalaki dikelola oleh perusahaan “Sangalaki Drive Lorge” sebuah perusahaan dari Malaysia kolaborasi dengan pemerintan kabupaten berau. Fasilitas alat alat selam speedboat,cottage dll. Bagi turis yang ingin tinggal di losmen/penginapan milik masyarakat juga tersedia di desa pulau derawan. Keseniannya yang terkenal tari dalling, sekayan dan igal. Kemudahan mengunjungi obyek wisata maritim ini memakai pesawat terbang samarinda tanjung redep atau kapal laut samarinda tanjung redeb kemudian dilanjutkan dengan memakai pesawat terbang atau kapal laut kemudian melanjutkan dengan speed boat ke pulau derawan.

Sumber  :  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur

Sumber http://daerahwisata-indonesia.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: Objek Wisata Kalimantan Timur. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Yang Ada Di Indonesia: Objek Wisata Kalimantan Timur"

Post a Comment

Bali Attractions