Tempat Wisata Keunikan Sejarah Gerakan Tari Maena Tarian Kegembiraan Tradisional Berasal Dari Kawasan Nias Sumatera Utara

Keunikan Sejarah Gerakan Tari Maena Tarian kegembiraan Tradisional Berasal dari Daerah Nia Tempat Wisata Keunikan Sejarah Gerakan Tari Maena Tarian kegembiraan Tradisional Berasal dari Daerah Nias Sumatera Utara
Keunikan Sejarah Gerakan Tari Maena Tarian kegembiraan Tradisional Berasal dari Daerah Nias Sumatera Utara Keunikan Sejarah Gerakan Tari Maena Tarian kegembiraan Tradisional Berasal dari Daerah Nia Tempat Wisata Keunikan Sejarah Gerakan Tari Maena Tarian kegembiraan Tradisional Berasal dari Daerah Nias Sumatera Utara

Tari Maena merupakan jenis tarian khas dari Nias, Sumatera Utara yang ditarikan secara bersama, baik dalam gerak dan lirik lagu yang dilakukan secara bersama-sama.

Dalam tarian ini dibuat gugusan lingkaran yang melambangkan rasa kesaatuan dan tekad yang lingkaran untuk meraih tujuan yang sudah disepakati bersama.

Tari Maena biasanya dilakukan dalam program perkawinan

Tarian maena merupakan simbol untuk memuji mempelai lelaki beserta keluarganya.

Sesekali, Tari Maena menjadi tari penyambutan tamu kehormatan yang berkunjung ke Pulau Nias.
Dalam sebuah pertunjukan, tari Maena ditarikan oleh beberapa pasang penari lelaki dan wanita.

Sejarah Tari Maena Nias

Tari Maena merupakan salah satu tarian tradisional yang sudah ada semenjak dahulu kala, dan sudah diwariskan secara turu-temurun hingga sekarang.

Sejak dulu tarian ini sering dilakukan sebagai bab dari seremonial adat masyarakat suku Nias.
Kebiasaan tersebut kemudiaan terus berlanjut dan masih sering dilakukan hingga sekarang.

Pakaian kostum Tari Maena

Pakaian yang dipakai dalam tarian ini biasanya yaitu pakaian adat Nias. Tetapi penggunaan pakaian adat tersebut sanggup diadaptasi dengan acara.

Ada saatnya para penari menggunakan pakaian bebas. Tari maena yaitu tari suka cita, sehingga penonton yang tidak menggunakan pakaian adat pun sanggup ikut menari bersama.

Maena boleh dibilang sebuah tarian seremonial dan kolosal dari Suku Nias, alasannya yaitu tidak ada batasan jumlah yang boleh ikut dalam tarian ini.

Gerakan Tari Maena 

Gerakan tari Maena gampang untuk dilakukan, hampir semua orang sanggup melakukannya. Gerakan tersebut mencakup gerakan tangan dan kaki yang digerakkan seirama maju, mundur, ke kiri dan ke kanan.

Susunan penari sanggup berbentuk lingkaran atau pun barisan. Susunan ini sanggup diadaptasi dengan situasi dan kondisi acara.

Pantun Syair Maena

Pantun maena biasanya dibawakan oleh satu orang atau dua orang dan disebut sebagai sanutunõ maena.

Sedangkan syair maena disuarakan oleh orang banyak yang ikut dalam tarian maena dan disebut sebagai sanehe maena/ono maena.

Syair maena bersifat tetap dan terus diulang-ulang/disuarakan oleh penerima maena sesudah selesai dilantunkannya pantun-pantun maena, hingga berakhirnya sebuah tarian maena.

Pantun maena dibawakan oleh orang yang fasih bertuntun bahasa Nias (amaedola/duma-duma), namun seiring oleh perkembangan peradaban yang canggih dan modern.

Pantun-pantun maena yang khas li nono niha (bahasa orisinil Nias) sudah banyak menghilang.

Bahkan banyak tercampur oleh bahasa Indonesia dalam penuturannya, ini sanggup kita dengarkan jikalau ada acara-acara maena dikota-kota besar.


Pertunjukan Tari Maena

Tari Maena sering ditampilkan di aneka macam acara, menyerupai penyambutan tamu terhormat, pesta pernikahan, dan program perayaan adat Nias lainnya. Untuk jumlah penari dalam program perayaan adat biasanya tidak ditentukan. Sehingga sanggup dilakukan oleh siapa saja, baik pria maupun perempuan. Semakin banyak yang ikut menari, suasana program semakin meriah.

Bagian menarik dari pertunjukan tari Maena ini yaitu pembacaan rangkaian pantun. Rangkaian pantun ini yang biasanya mengiringi tarian Maena. Pembacaan pantun Maena dilakukan oleh satu atau dua orang yang lancar berbahasa Nias.

Dalam bahasa Nias, orang yang membacakan pantun ini dinamakan Sanutuno Maena. Isi pantunnya diadaptasi dengan perayaan yang dilakukan

Demikian Keunikan Sejarah Gerakan Tari Maena Tarian kegembiraan Tradisional Berasal dari Daerah Nias Sumatera Utara

Sumber https://www.senibudayawisata.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Keunikan Sejarah Gerakan Tari Maena Tarian Kegembiraan Tradisional Berasal Dari Kawasan Nias Sumatera Utara. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Keunikan Sejarah Gerakan Tari Maena Tarian Kegembiraan Tradisional Berasal Dari Kawasan Nias Sumatera Utara"

Post a Comment

Bali Attractions