Tempat Wisata Sejarah Macam-Macam Gamelan Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Macam Gamelan Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Tempat Wisata Sejarah Macam-Macam Gamelan Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah
Sejarah Macam-Macam Gamelan Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Macam Gamelan Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Tempat Wisata Sejarah Macam-Macam Gamelan Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Gamelan ialah alat musik terdiri dari metalofon, gambang, gendang, dan gong yang menjadi satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama.

Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok di Indonesia dalam aneka macam jenis ukuran dan bentuk ensembel.

Sejarah Alat Musik Gamelan 

Alat Musik tradisional gamelan didahului dengan budaya Hindu-Budha yang mendominasi Indonesia pada awal masa pencatatan sejarah, yang juga mewakili seni orisinil indonesia.

Instrumennya dikembangkan hingga bentuknya hingga menyerupai kini ini pada zaman Kerajaan Majapahit. Dalam perbedaannya dengan musik India, satu-satunya dampak ke-India-an dalam musik gamelan ialah bagaimana cara Memainkanya

Dalam mitologi Jawa, gamelan diciptakan oleh Sang Hyang Guru pada Era Saka, tuhan yang menguasai seluruh tanah Jawa, dengan istana di gunung Mahendra di Medangkamulan (sekarang Gunung Lawu). Sang Hyang Guru pertama-tama membuat gong untuk memanggil para dewa. Untuk pesan yang lebih spesifik kemudian membuat dua gong, kemudian kesudahannya terbentuk set gamelan.

Gambaran perihal alat musik ensembel pertama ditemukan di Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah, yang telah bangun semenjak kurun ke-8. Alat musik semisal suling bambu, lonceng, kendhang dalam aneka macam ukuran, kecapi, alat musik berdawai yang digesek dan dipetik, ditemukan dalam relief tersebut. Namun, sedikit ditemukan elemen alat musik logamnya. Bagaimanapun, relief perihal alat musik tersebut dikatakan sebagai asal mula gamelan.

Penalaan dan pembuatan orkes gamelan ialah suatu proses yang kompleks.
Gamelan memakai empat cara penalaan, yaitu sléndro, pélog, degung (khusus kawasan Sunda, atau Jawa Barat), dan madenda (juga dikenal sebagai diatonis, sama menyerupai skala minor orisinil yang banyak digunakan di Eropa.

Musik Gamelan merupakan campuran efek seni luar negeri yang beraneka ragam. Kaitan not nada dari Cina, instrumen musik dari Asia Tenggara, drum grup band dan gerakkan musik dari India, bowed string dari kawasan Timur Tengah, bahkan style militer Eropa yang kita dengar pada musik tradisional Jawa dan Bali kini ini.

Interaksi komponen yang sarat dengan melodi, irama dan warna bunyi mempertahankan kejayaan musik orkes gamelan Bali. Pilar-pilar musik ini menyatukan aneka macam huruf komunitas pedesaan Bali yang menjadi tatanan musik khas yang merupakan penggalan yang tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Namun ketika ini gamelan masih digunakan pada acara-acara resmi menyerupai pernikahan, syukuran, dan lain-lain. tetapi pada ketika ini, gamelan hanya digunakan lebih banyak didominasi masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah, Jawa Timur dan D. I. Yogyakarta.

Seperangkat gamelan Jawa yang umumnya dibunyikan di Jawa Tengah umumnya, diantaranya :

1. Kendang
Kendang merupakan alat musik ritmis (tak bernada) yang berfungsi mengatur irama dan termasuk dalam kelompok “membranofon” yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput kulit atau materi lainnya.

Kendang kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan profesional, yang sudah usang menyelami budaya Jawa. Kendang kebanyakan di mainkan sesuai naluri pengendang, sehingga jikalau dimainkan oleh satu orang denga orang lain maka akan berbeda nuansanya.

Menurut bukti sejarah, kelompok  membranofon telah terkenal di Jawa semenjak pertengahan kurun ke-9 Masehi dengan nama: padahi, pataha (padaha), murawa atau muraba, mrdangga, mrdala, muraja, panawa, kahala, damaru, kendang. Istilah ‘padahi’ tertua sanggup dijumpai pada prasasti Kuburan Candi yang berangka tahun 821 Masehi (Goris, 1930). Seperti yang tertulis pada kitab Nagarakrtagama gubahan Mpu Prapanca tahun 1365 Masehi (Pigeaud, 1960), istilah tersebut terus digunakan hingga dengan jaman Majapahit.

Penyebutan kendang  dengan aneka macam nama memperlihatkan adanya aneka macam macam bentuk, ukuran serta materi yang digunakan, antara lain : kendang berukuran kecil, yang pada arca dilukiskan sedang  dipegang oleh tuhan , kendang ini disebut “damaru“.


2. Rebab

Rebab muncul di tanah Jawa sesudah zaman Islam sekitar kurun ke-15—16, merupakan pembiasaan dari alat gesek bangsa Arab yang dibawa oleh para penyebar Islam dari tanah Arab dan India. Menyebar di kawasan Jawa barat, Jawa Tengah & Jawa Timur. Rebab terbuat dari materi kayu dan resonatornya ditutup dengan kulit tipis, mempunyai dua buah senar/dawai dan mempunyai tangga nada pentatonis.
Alat musik yang memakai penggesek dan mempunyai tiga atau dua utas tali dari dawai logam (tembaga) ini badannya memakai kayu nangka (umumnya)dan berongga di penggalan dalam ditutup dengan kulit lembu yang dikeringkan sebagai pengeras suara.

Instrumen musik tradisional lainnya yang mempunyai bentuk menyerupai rebab ialah Tehyan yang resonatornya terbuat dari tempurung kelapa, rebab jenis ini sanggup dijumpai di DKI Jakarta, Jawa dan Kalimantan Selatan

Untuk kawasan Jawa Tengan dan Yogyakarta, lazimnya Instrumen ini terdiri dari kawat-gesek dengan dua kawat ditegangkan pada selajur kayu dengan tubuh berbentuk hati ditutup dengan membran (kulit tipis) dari babad sapi.

Sebagai salah satu dari instrumen pemuka, rebab diakui sebagai pemimpin lagu dalam ansambel, terutama dalam gaya tabuhan lirih. Pada kebanyakan gendhing-gendhing, rebab memainkan lagu pembuka gendhing, menentukan gendhing, laras, dan pathet yang akan dimainkan.

Wilayah nada rebab meliputi luas wilayah gendhing apa saja. Maka alur lagu rebab memberi petunjuk yang terperinci jalan alur lagu gendhing. Pada kebanyakan gendhing, rebab juga memberi tuntunan musikal kepada ansambel untuk beralih dari yang satu ke yang lain.


3. Balungan
Yaitu alat musik berbentuk Wilahan (Jawa : bilahan) dengan enam atau tujuh wilah (satu oktaf ) ditumpangkan pada bingkai kayu yang juga berfungsi sebagai resonator yang ditabuh dengan memakai tabuh dari kayu.

Dalam memainkan Balungan ini, ajun memukul wilahan / lembaran logam dengan tabuh, kemudian tangan kiri memencet wilahan yang dipukul sebelumnya untuk menghilangkan dengungan yang tersisa dari pemukulan nada sebelumnya. Teknik ini disebut memathet (kata dasar: pathet = pencet)

Menurut ukuran dan fungsinya, terdapat tiga jenis Balungan :

a. Demung, Alat ini berukuran besar dan beroktaf tengah. Demung memainkan balungan gendhing dalam daerahnya yang terbatas. Lazimnya, satu perangkat gamelan mempunyai satu atau dua demung. Tetapi ada gamelan di kraton yang mempunyai lebih dari dua demung.
Demung
Demung

b. Saron, Alat ini berukuran sedang dan beroktaf tinggi. Seperti demung,  Saron memainkan balungan dalam daerahnya yang terbatas. Pada teknik tabuhan imbal-imbalan, dua saron memainkan lagu jalin menjalin yang bertempo cepat. Seperangkat gamelan mempunyai dua Saron, tetapi ada gamelan yang mempunyai lebih dari dua saron.
Saron
Saron

c. Peking, Berbentuk saron yang paling kecil dan beroktaf paling tinggi. Saron panerus atau peking ini memainkan tabuhan rangkap dua atau rangkap empat lagu balungan.
Peking
Peking
Doc. Source :

d. Slenthem, Menurut konstruksinya, slenthem termasuk keluarga gender; malahan adakala ia dinamakan gender panembung. Tetapi slenthem mempunyai bilah sebanyak bilah saron;
Ia beroktaf paling rendah dalam kelompok instrumen saron (balungan). Seperti demung dan saron barung, slenthem memainkan lagu balungan dalam daerahnya yang terbatas.

Slenthem merupakan salah satu instrumen gamelan yang terdiri dari lembaran lebar logam tipis yang diuntai dengan tali dan direntangkan di atas tabung-tabung dan menghasilkan dengungan rendah atau gema yang mengikuti nada saron, ricik, dan balungan jikalau ditabuh.

Seperti halnya pada instrumen lain dalam satu set gamelan, slenthem tentunya mempunyai versi slendro dan versi pelog. Wilahan Slenthem Pelog umumnya mempunyai rentang nada C hingga B, sedangkan slenthem slendro mempunyai rentang nada C, D, E, G, A, C’. Cara memainkan :

Cara menabuh slenthem sama menyerupai menabuh balungan, ricik, ataupun saron. Tangan kanan mengayunkan pemukulnya dan tangan kiri melaksanakan “patet”, yaitu menahan getaran yang terjadi pada lembaran logam. Dalam menabuh slenthem lebih diharapkan naluri atau perasaan si penabuh untuk menghasilkan gema ataupun bentuk dengungan yang baik. Pada notasi C, D, E, G misalnya, gema yang dihasilkan ketika menabuh nada C harus hilang sempurna ketika nada D ditabuh, dan begitu seterusnya.
Untuk tempo penabuhan, cara yang digunakan sama menyerupai halnya jikalau memakai balungan, ricik, dan saron. Namun untuk keadaan tertentu contohnya demung imbal, maka slenthem dimainkan untuk mengisi kekosongan antara nada balungan yang ditabuh lambat dengan menabuh dua kali lipat ketukan balungan. Atau sanggup juga pada kondisi slenthem harus menabuh setengah kali ada balungan sebab balungan sedang ditabuh cepat, contohnya ketika gendhing Gangsaran.
Slenthem
Slenthem

4. Bonang

Alat musik ini terdiri dari satu set sepuluh hingga empat-belas gong- gong kecil berposisi horisontal yang disusun dalam dua deretan, diletakkan di atas tali yang direntangkan pada bingkai kayu. Pemain duduk di tengah-tengah pada sisi formasi gong beroktaf rendah, memegang tabuh berbentuk bulat panjang di setiap tangan.
Ada tiga macam bonang, dibeda-bedakan berdasarkan ukuran, wilayah oktaf, dan fungsinya dalam ansambel. Untuk gamelan Jawa, bonang disini ada 2 jenis yakni Bonang Barung dan Bonang Penerus/ Penembung

Dalam gamelan Jawa Tengah ada tiga jenis bonang yang digunakan:

a. Bonang Panerus
ialah yang tertinggi dari mereka, dan memakai ketel terkecil. Pada umumnya meliputi dua oktaf (kadang-kadang lebih dalam slendro di Solo instrumen-gaya), seluas sekitar kisaran yang sama dengan saron dan peking gabungan. Ia memainkan irama tercepat bonang itu, saling layu dengan atau bermain di dua kali kecepatan dari bonang barung.

b. Bonang Barung
yang bernada satu oktaf di bawah bonang panerus, dan juga secara umum meliputi dua oktaf, kira-kira kelas yang sama dengan demung dan saron gabungan. Ini ialah salah satu instrumen yang paling penting dalam ansambel tersebut, sebab banyak memperlihatkan arahan untuk pemain lain dalam gamelan.

c. Bonang Panembung
ialah nada terendah. Hal ini lebih umum di Yogyakarta gamelan gaya, seluas sekitar kisaran yang sama dengan slenthem dan demung gabungan. Ketika hadir dalam gaya gamelan Solo, mungkin hanya mempunyai satu baris dari enam (slendro) atau tujuh ceret terdengar dalam daftar yang sama dengan slenthem. Hal ini dicadangkan untuk repertoire yang paling keras, biasanya memainkan bentuk lain dari balungan .

Bagian yang dimainkan oleh bonang barung dan bonang panerus lebih kompleks dibandingkan dengan banyak instrumen gamelan, sehingga, secara umum dianggap sebagai instrumen mengelaborasi . Kadang-kadang memainkan melodi berdasarkan balungan , meskipun umumnya diubah dengan cara yang sederhana. Namun, juga sanggup memainkan pola yang lebih kompleks, yang diperoleh dengan menggabungkan dan panerus patters barung, menyerupai saling silih bergantinya penggalan ( imbal ) dan interpolasi pola melodi jerau ( Sekaran ).

5. Kenong

Kenong merupakan unsur instrumen pencon gamelan yang paling gemuk, dibandingkan dengan kempul dan gong yang walaupun besar namun berbentuk pipih. Kenong ini disusun pada pangkon berupa kayu keras yang dialasi dengan tali, sehingga pada ketika dipukul kenong tidak akan bergoyang ke samping namun sanggup bergoyang ke atas bawah, sehingga menghasilkan suara. Bentuk kenong yang besar menghasilkan bunyi yang rendah namun nyaring dengan timber yang khas (dalam pendengaran masyarakat Jawa ditangkap berbunyi ning-nong, sehingga dinamakan kenong). Dalam gamelan, bunyi kenong mengisi sela-sela antara kempul.
Gamelan ini merupakan instrumen kedua yang paling penting sesudah gong. Kenong membagi gongan menjadi dua atau empat kalimat kalimat kenong, atau kenongan.
Di samping berfungsi menggaris-bawahi struktur gendhing, nada-nada kenong juga berafiliasi dengan lagu gendhing;ia sanggup memainkan nada yang sama dengan nada balungan;dan boleh juga mendahului nada balungan berikutnya untuk menuntun alun lagu gendhing; atau ia sanggup memainkan nada berjarak satu kempyung dengan nada balungan, untuk mendukung rasa pathet.
Pada kenongan bergaya cepat, dalam ayaka yakan, srepegan, dan sampak, tabuhan kenong menuntun alur lagu gendhing-gendhing tersebut.

6. Kethuk

Dua instrumen jenis gong sebesar kenong, berposisi horisontal ditumpangkan pada tali yang ditegangkan pada bingkai kayu yang berfungsi memberi aksen-aksen alur lagu gendhing menjadi kalimat kalimat yang pendek.
Pada gaya tabuhan cepat lancaran, sampak, srepegan, dan ayak ayakan, kethuk ditabuh di antara ketukan ketukan balungan, menghasilkan pola-pola jalin-menjalin yang cepat.

7. Gambang

Merupakan Instrumen menyerupai keluarga balungan yang dibentuk dari bilah – bilah kayu dibingkai pada gerobogan yang juga berfungsi sebagai resonator.
Berbilah tujuh-belas hingga dua-puluh bilah, wilayah gambang meliputi dua oktaf atau lebih.
Gambang dimainkan dengan tabuh berbentuk lingkaran dengan tangkai panjang biasanya dari tanduk/sungu/ batang fiber lentur. Pada seperangkat instrumen gamelan yang lengkap terdapat 3 buah gambang, yakni gambang slendro, gambang pelog bem, dan gambang pelog barang. Namun tidak sedikit yang terdiri hanya dua buah instrumen saja. Pada gambang pelog, nada 1 dan 7 sanggup diubahsuaikan dengan gendhing yang akan dimainkan.
Kebanyakan gambang memainkan gembyangan (oktaf) dalam gaya pola pola lagu dengan ketukan ajeg.
Gambang juga sanggup memainkan beberapa macam ornamentasi lagu dan ritme, menyerupai permainan dua nada dipisahkan oleh dua bilah, atau permainan dua nada dipisahkan oleh enam bilah, dan pola lagu dengan ritme – ritme sinkopasi menyerupai pada gendhing Janturan/ Suluk.


8. Gender

Sama dengan Kendang, Gender ini kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan profesional, yang sudah usang menyelami budaya Jawa.
Instrumen menyerupai Slenthem namun dengan wilahan lebih kecil, terdiri dari bilah-bilah metal (Perunggu, Kuningan atau Besi) ditegangkan dengan tali di atas bumbung-bumbung resonator.
Gender ini dimainkan dengan 2 tabuh berbentuk bulat (dilingkari lapisan kain) dengan tangkai pendek.

Sama halnya dengan Gambang Pada seperangkat instrumen gamelan yang lengkap terdapat 3 buah Gender, yakni Gender slendro, Gender pelog bem, dan Gender pelog barang.
Sesuai dengan fungsi lagu, wilayah nada, dan ukurannya, ada dua macam gender:
a. Gender Barung
Gender berukuran besar, beroktaf rendah hingga tengah. Salah satu dari instrumen pemuka, gender barung memainkan pola-pola lagu berketukan ajeg (cengkok) yang sanggup membuat tekstur sonoritas yang tebal dan menguatkan rasa pathet gendhing.
Beberapa gendhing mempunyai pembuka yang dimainkan gender barung; gendhing-gendhing ini dinamakan gendhing gender.
Dalam pertunjukan wayang, pemain gender mempunyai tugas utama harus memainkan instrumennya hampir tidak pemah berhenti selama semalam suntuk dalam permainan gendhing, sulukan, dan grimingan.


b. Gender Panerus
Gender berukuran lebih kecil, beroktaf tengah hingga tinggi. Meskipun instrumen mi tidak harus ada dalam ansambel, kehadirannya menambah kekayaan tekstur gamelan lebih kepyek. Gender ini memainkan lagunya dalam pola lagu ketukan ajeg dan cepat.
Gender Penerus
Gender Penerus

Rumus untuk menabuh gender ini terdiri kurang lebih 12 cara, yaitu :
1) Tabuhan gendèr gembyang mbukak
2) Tabuhan gendèr gembyang nutup
3) Tabuhan gendèr gembyang minggah
4) Tabuhan gendèr gembyang mandha
5) Tabuhan gendèr kempyung mbukak
6) Tabuhan gendèr kempyung nutup
7) Tabuhan gendèr kempyung minggah
8.) Tabuhan gendèr kempyung mandhap
9) Tabuhan gendèr gantungan gembyang
10) Tabuhan gendèr gantungan kempyung
11) Tabuhan gendèr mipil
12) Tabuhan gendèr imbal (untuk lancaran, srepeg, palaran)
Untuk rumus lebih terperinci silahkan klik tautan berikut :

9. Siter

Siter merupakan instrumen yang dimainkan dengan dipetik, terbuat dari kayu berbentuk kotak berongga yang berdawai. Pada umumnya site mempunyai dua belas nada, yaitu dari kiri ke kanan: 2, 3,5,6,1,2,3,5,6,1,2,3. (contoh untuk siter slendro).
Ciri khasnya satu senar disetel nada pelog dan senar lainnya dengan nada slendro. Umumnya sitar mempunyai panjang sekitar 30 cm dan dimasukkan dalam sebuah kotak ketika dimainkan. Siter dimainkan sebagai salah satu dari alat musik yang dimainkan bersama (panerusan), sebagai instrumen yang memainkan cengkok (pola melodik berdasarkan balungan). Siter dimainkan dengan kecepatan yang sama dengan gambang (temponya cepat).
Cara memainkannya dengan ibu jari, sedangkan jari lain digunakan untuk menahan getaran ketika senar lain dipetik, ini biasanya merupakan ciri khas instrumen gamelan. Jari kedua tangan digunakan untuk menahan, dengan jari ajun berada di bawah senar sedangkan jari tangan kiri berada di atas senar.
Siter dengan aneka macam ukuran ialah instrumen khas Gamelan Siteran, meskipun juga digunakan dalam aneka macam jenis gamelan lain.
Siter
Siter

10. Kempul

Kempul merupakan salah satu perangkat gamelan yang ditabuh, biasanya digantung menjadi satu perangkat dengan Gong (mirip dengan Gong tapi lebih kecil) dengan jumlah tergantung dengan jenis pagelarannya, sehingga tidak pasti. Kempul menghasilkan bunyi yang lebih tinggi daripada Gong, sedangkan yang lebih kecil akan menghasilkan bunyi yang lebih tinggi lagi.
Dalam hubungannya dengan lagu gendhing, kempul sanggup memainkan nada yang sama dengan nada balungan; adakala kempul mendahului nada balungan berikutnya; adakala ia memainkan nada yang membentuk interval kempyung dengan nada balungan, untuk menegaskan rasa pathet.
Kempul
Kempul

11. Suling

Suling bambu yang memainkan lagu dalam pola-pola lagu bergaya bebas metris. Alat ini dimainkan secara bergantian, biasanya pada waktu lagunya mendekati akhiran kalimat atau kadang – kadang dimainkan pada lagu-lagu pendek di permulaan atau di tengah kalimat lagu.
Suling
Suling

12. Gong

Sebuah kata benda yang merujuk bunyi asal benda, kata gong khususnya menunjuk pada gong yang digantung berposisi vertikal, berukuran besar atau sedang, ditabuh di tengah-tengah bundarannya (pencu) dengan tabuh lingkaran berlapis kain.
Gong menandai permulaan dan akhiran gendhing dan memberi rasa keseimbangan sesudah berlalunya kalimat lagu gendhing yang panjang.
Seperangkat Gong (termasuk Kempul)
Seperangkat Gong (termasuk Kempul)

Gong sangat penting untuk menandai berakhirnya satuan kelompok dasar lagu, sehingga kelompok itu sendiri (yaitu kalimat lagu di antara dua tabuhan gong) dinamakan gongan. Ada dua macam gong

a. Gong Ageng
Gong gantung besar, ditabuh untuk menandai permulaan dan akhiran kelompok dasar lagu (gongan) gendhing.
    b. Gong Suwukan
Gong gantung berukuran sedang, ditabuh untuk menandai akhiran gendhing yang berstruktur pendek, menyerupai lancaran, srepegan, dan sampak.

13. Keprak

Keprak ialah suatu alat berbentuk lembaran yang terbuat dari perunggu atau besi dengan ukuran kira-kira 20 x 27 cm, terdiri beberapa lempengan, diberi lobang pada penggalan atasnya dan diberi seutas tali, digantung pada kotak wayang dengan tatanan sedemikian rupa sehingga jikalau di pukul akan mengakibatkan imbas bunyi “prak-prak”.

Dalam gelaran wayang kulit gagrak Surakarta, keprak terdiri minimal 3 buah, ada yang 4 buah dan 5 buah. Sedangkan untuk pakeliran Gaya Yogyakarta keprak hanya terdiri dari satu lempengan besi saja yang di landasi dengan kayu seukuran keprak, dipukul dengan cempala besi yang di jepit oleh kaki seorang dalang sehingga menghasilkan imbas bunyi “ting-ting”.

Agar menghasilkan bunyi keprak yang elok seorang dalang harus tahu teknik memasang keprak dan teknik membunyikan keprak dengan baik. Keprak dalam pakeliran biasanya untuk mengiringi gerakan wayang serta untuk memantabkan solah (gerak) wayang. Dalang wayang kulit gagrak Surakarta ketika ini lebih menentukan keprak berbahan besi putih beberapa lembar di kombinasi dengan keprak perunggu beberapa lembar, yang di yakini mempunyai imbas bunyi lebih nyaring

Demikian Sejarah Macam-Macam Gamelan Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Sumber https://www.senibudayawisata.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Sejarah Macam-Macam Gamelan Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Sejarah Macam-Macam Gamelan Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah"

Post a Comment

Bali Attractions