Tempat Wisata Macam-Macam Jenis Alat Musik Tradisional Tempat Jawa Timur

Macam Jenis Alat Musik Tradisional Daerah Jawa Timur Tempat Wisata Macam-Macam Jenis Alat Musik Tradisional Daerah Jawa Timur
Macam-Macam Jenis Alat Musik Tradisional Daerah Jawa Timur Macam Jenis Alat Musik Tradisional Daerah Jawa Timur Tempat Wisata Macam-Macam Jenis Alat Musik Tradisional Daerah Jawa Timur

Jawa Timur  yakni sebuah provinsi di penggalan timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kotanya terletak di Surabaya.

Kebudayaan dan adab istiadat Suku Jawa di Jawa Timur penggalan barat mendapatkan banyak imbas dari Jawa Tengah, sehingga daerah ini dikenal sebagai Mataram; menunjukkan bahwa daerah tersebut dulunya merupakan daerah kekuasaan Kesultanan Mataram.

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Provinsi Jawa Timur (Jatim) meliputi:

Angklung Reog

Angklung Reog merupakan alat musik untuk mengiringi tarian reog ponorogo di Jawa Timur. Angklung Reog ini mempunyai kekhasan dari segi bunyi yang sangat keras, mempunyai dua nada serta bentuk lengkungan rotan dibagian atas yang menarik dengan hiasan benang berumbai-rumbai warna yang indah. Aksesoris dan pernik warna warni menciptakan lebih menarik dan senada dengan pakaian para penari reog ponorogo.

Alat musik ini dibunyikan dengan cara membenturkan antara bambu dengan cuthik yang berfungsi sebagai resonator. Angklung Ponorogo berbeda dengan angklung lainnya. Angklung Ponorogo mempunyai khas hiasan warna mayoritas merah dan kuning sebagai warna khas reog Ponorogo.

Cara Memainkan Angklung Reog

Bagi Anda yang ingin berguru memainkan alat musik Angklung Reog, simak ulasannya berikut ini.
– Cara dikenal sebagai yang utama, yaitu dengan memegang ujung bambu pada angklung mirip memegang pistol.

– Ada juga cara memegang leher dan pinggul angklung (seperti memegang kuda kepang), sebagaimana angklung dimainkan namun pada cara ini lebih di hentakan.

– Hampir sama dengan cara yang sudah disinggung diatas, tetapi di butuhkan gerakan tangan dari kanan ke kiri sehingga menjadikan bunyi yang lebih panjang, biasanya untuk penutupan pertunjukan reyog atau potrojayan.

Perlu diingat, dalam memainkan angklung dihentikan asal, harus dimainkan dengan cara teratur dan serempak. Pada Angklung bernada tinggi mengikuti bunyi gong dan Angklung bernada rendah mengikuti bunyi Kenong, selanjutnya bunyi Angklung akan di ikuti bunyi para senggak.


Saronen

Saronen yakni merupakan alat musik dan sekaligus nama kesenian yang berasal dari Madura Jawa Timur. Saronen berasal dari bahasa Madura " sennenan " ( Hari Senin ).

Sebagai alat musik - Saronen merupakan alat musik tiup berbentuk kerucut, terbuat dari kayu jati dengan enam lobang berderet di depan dan satu lubang di belakang. Sebuah gelang kecil dari kuningan mengaitkan penggalan bawah dengan penggalan atas ujungnya terbuat dari daun siwalan .

Pada pangkal atas musik itu ditambah sebuah sayap dari tempurung ibarat kumis.

Sebagai kesenian - Kesenian musik saronen memakai 9 alat musik yang terdiri dari 1 saronen, 1 gong besar, 1 kempul, 1 kenong besar, 1 kenong tengahan, 1 kenong kecil, 1 korca, 1 gendang besar, 1 gendang dik-gudik ( gendang kecil ).


Terompet Reog

Terompet reog ini dikenal berasal dari daerah Ponorogo Jawa Timur. Seperti namanya, terompet Reog yakni sebuah alat musik tradisional Jawa Timur yang dimainkan dengan cara ditiup yang dipakai untuk mengiringi kesenian reog di Jawa Timur.

Terompet reog dipakai pada kesenian reog ponorogo. Terompet reog terbuat dari kayu dan bambu serta tempurung kelapa, dibunyikan dengan cara ditiup. Bentuk terompet reog sangat unik dengan ukuran besar diujung bawah dan mengerucut mengecil dibagian yang ditiup serta ada sekat yang terbuat dari tempurung kelapa dengan bentuk ibarat kumis sang peniup terompet reog. Terompet reog mempunyai 6 lubang yang berfungsi untuk mengatur nada serta 1 lubang dipangkal untuk meniup.

Gamelan

Alat musik ini yakni salah satu alat musik yang banyak peminatnya, dalam ruang lingkup manca negara atau dalam negeri sendiri.

Gamelan dimainkan dengan cara berbeda-beda, diubahsuaikan dengan bentuk gamela itu sendiri. Singkatnya, cara memainkannya alat musik tersebut terbagi dalam empat kelompok

1. Idiophones yakni instrumen yang cara memainkannya dengan ditabuh atau dipukul dengan alat pukul. Gamelan yang cara memainkannya dengan ditabuh yakni semua gamelan yang berbentuk pencon (pencu) dan bilahan.

2. Chordophones yakni instrumen yang terbuat dari kawat dan cara memainkannya dengan digesek. Contohnyaa rebab, siter, dan celempung.

3. Aerophones yakni instrumen yang cara memainkannua ditiup. Contohnya seruling.

4 Membranophones yakni instrumen yang terbuat dari kulit hewan dan cara memainkannya dengan ditabuh, misalnya gendang, bedug, dan rebana.

Bonang

Alat musik tradisional Bonang juga dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh.
Pada penggalan atasnya yang menonjol atau disebut dengan pencu (pencon) dengan memakai dua pemukul khusus yang terbuat dari tongkat berlapis yang disebut dengan sebutan bindhi.

Bonang terbagi menjadi dua yaitu Bonang barung dan Bonang penerus.

Demikianlah Macam-Macam Alat Musik Tradisional Daerah Jawa Timur


Sumber https://www.senibudayawisata.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Macam-Macam Jenis Alat Musik Tradisional Tempat Jawa Timur. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Macam-Macam Jenis Alat Musik Tradisional Tempat Jawa Timur"

Post a Comment

Bali Attractions