Tempat Wisata 7 Daerah Wisata Di Semarang Yang Menjadi Favorit Wisatawan

Tempat Wisata di Semarang – Tempat wisata di Semarang di dominasi oleh tempat wisata yang berbentuk gedung atau bangunan-bangunan bersejarah. Selain Yogyakarta dan Solo, Semarang juga sering kali di jadikan tujuan wisata alternatif oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.  Suasana kota Semarang yang nyaman dan kondisi kemudian - lintas yang tidak begitu ramai, menciptakan wisatawan mulai mempertimbangkan untuk berwisata ke kota yang populer dengan Bandeng Prestonya ini. Sampai ketika ini setidaknya ada 7 Tempat wisata di Semarang yang menjadi favorit wisatawan, berikut ulasannya.


Tempat Wisata di Semarang

Lawang Sewu

Lokasi: Jl. Pemuda Semarang

 di dominasi oleh tempat wisata yang berbentuk gedung atau bangunan Tempat Wisata 7 Tempat Wisata di Semarang yang Menjadi Favorit Wisatawan


Lawang sewu yang berarti “seribu pintu” yaitu sebuah bangunan hasil peninggalan Belanda yang telah berdiri semenjak 1904. Pada awalnya gedung ini merupakan kantor perusahaan kereta api milik Belanda. Gedung yang mempunyai 3 lantai ini didesain dengan gaya art depo oleh seorang arsitek belanda berjulukan Jacob F Klinkhamer dan BJ Quendaag. Lawang sewu berlokasi di sebelah timur Tugu Muda,atau ada di sudut persimpangan antara Jalan Pandanaran dan Jalan Pemuda, Semarang. Bangunan ini disebut Lawang Sewu alasannya yaitu mempunyai jumlah pintu yang banyak meskipun tidak hingga seribu, kurang lebih ada 429 pintu yang terdapat di bangunan ini.

Bangunan utama Lawang Sewu berupa tiga lantai bangunan yang mempunyai dua sayap membentang ke bab kanan dan kiri bagian. Jika pengunjung memasukkan bangunan utama, mereka akan menemukan tangga besar ke lantai dua. Di antara tangga ada beling besar menunjukkan gambar dua perempuan muda Belanda yang terbuat dari gelas. Semua struktur bangunan, pintu dan jendela mengadaptasi gaya arsitektur Belanda. Dengan segala keeksotisan dan keindahannya Lawang Sewu ini merupakan salah satu tempat yang indah untuk Pre Wedding.

Bangunan utama lawang sewu terdiri dari bangunan tiga lantai yang mempunyai dua bangunan menyamping di sisi kiri dan kanannya. Secara keseluruhan, bangunan ini dibangun dengan ciri khas bangunan Belanda. Hal itu yang menciptakan bangunan ini tampak eksotis dan menarik, di samping nilai sejarahnya yang cukup kuat. Itulah mengapa hingga ketika ini Lawang sewu masih menjadi daya tarik utama di kota Semarang.

Harga tiket masuk Lawang Sewu
  • Dewasa   : Rp.10.000
  • Anak       : Rp.5000
  • Pelajar     : Rp.5000

Kelenteng Sam Poo Kong

Lokasi: Jl. Simongan Raya 129, Semarang

 di dominasi oleh tempat wisata yang berbentuk gedung atau bangunan Tempat Wisata 7 Tempat Wisata di Semarang yang Menjadi Favorit Wisatawan



Kelenteng Sam Poo Kong merupakan saksi bisu sebuah sejarah di mana ada seorang laksamana dari Tiongkok berjulukan Cheng Ho yang beragama Islam mendarat pertama kali di Semarang dan singgah di daerah tersebut. Keseluruhan bangunan dibangun dengan gaya khas bangunan China, dengan warna bangunan merah menyala semakin menambah keindahan kelenteng ini.

Karena adanya kesalahpahaman mengenai sejarah tempat ini, hasilnya tempat ini dianggap sebagai kelenteng, meskipun bahu-membahu Laksamana Cheng Ho beragama islam. Sampai ketika ini, bangunan kelenteng ini dijadikan tempat pemujaan dan sering kali dipakai untuk perayaan-perayaan khusus.
Yang paling menonjol di daerah ini yaitu patung raksasa Laksamana Cheng Ho yang berdiri tegak di Halaman kelenteng, dan di sekitarnya juga terdapat patung-patung dengan ukuran yang lebih kecil. Jika anda mempunyai kesempatan berkunjung ke kota Semarang, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat bersejarah yang satu ini.

Tiket Masuk Kawasan Sam Poo Kong
  • tiket masuk: Rp.3000/org

Pagoda Buddhagaya Watugong

Lokasi: Jl. Raya Pudakpayung, Watugong Semarang


 di dominasi oleh tempat wisata yang berbentuk gedung atau bangunan Tempat Wisata 7 Tempat Wisata di Semarang yang Menjadi Favorit Wisatawan


Pagoda dengan tinggi 45 meter ini merupakan pagoda tertinggi di Indonesia menurut Museum rekor Indonesia. Pagoda ini terdiri dari 7 tingkat yang dibangun dengan memakai beton. Dengan secara umum dikuasai warna merah dan ornamen-ornamen khusus, menambah daya tarik pagoda ini.

Ada dua buah gazebo masing-masing di sisi kiri dan kanan pagoda ini. Gazebo ini dipakai untuk tempat lonceng dan tambur sebagai kelengkapan pagoda. Konon pagoda ini dibangun untuk menghormati sosok penuh kasih sayang Kwan Sie Im Po Sat.

Di setiap tingkat pagoda terdapat 4 buah patung dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru. Patung dewi Kwan im yang memegang bunga biasa dipakai untuk meminta Jodoh, Patung dewi Kwan Im yang membawa Anak gadis biasa dipakai Untuk meminta keturunan wanita, begitu juga dengan patung Dewi Kwan Im yang membawa anak lelaki, sedangkan patung yang terakhir biasa dipakai untuk meminta panjang umur. Jadi, apakah anda berminat untuk berdoa di pagoda ini?

Tiket Masuk Kawasan Pagoda Budhagaya
  • Tiket Masuk/Parkir: Rp.2000

Museum Rekor Indonesia

Lokasi: Jalan Perintis Kemerdekaan No 275 Semarang



 di dominasi oleh tempat wisata yang berbentuk gedung atau bangunan Tempat Wisata 7 Tempat Wisata di Semarang yang Menjadi Favorit Wisatawan


Museum ini didirikan pada tahun 1990 atas prakarsa bapak Jaya Suprana. Dibangun di sebuah daerah industri jamu JAGO Semarang. Di dalamnya terdapat koleksi foto-foto dan benda bersejarah yang bekerjasama dengan industri jamu Jago.

Selain itu museum ini juga mencatat banyak sekali rekor yang telah diciptakan oleh masyarakat Indonesia baik rekor Nasional maupun dunia. Museum ini biasa buka dari hari Senin-Jumat mulai pukul 09.00 hingga dengan pukul 14.00 siang.  Tidak dipungut biaya kalau anda ingin berkunjung ke museum ini.

Gereja Blenduk

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.32 Semarang Utara


 di dominasi oleh tempat wisata yang berbentuk gedung atau bangunan Tempat Wisata 7 Tempat Wisata di Semarang yang Menjadi Favorit Wisatawan


Gereja yang telah ada semenjak tahun 1753 ini merupakan Ikon utama di daerah kota Lama Semarang. Gedung gereja ini sangat unik alasannya yaitu mempunyai atap yang tampak menyerupai kubah, kubah itulah yang menjadi alasan mengapa gereja ini dinamakan gereja Blenduk (Menonjol). Desain arsitektur yang klasik semakin menambah keunikan gereja ini. Sampai ketika ini gereja ini masih aktif dipakai oleh masyarakat sekitar untuk empat peribadatan dan perayaan hari-hari khusus. Masyarakat biasa berkunjung ke gereja ini untuk berfoto ata sekedar menikmati keunikan gereja dengan gaya neo-klasik ini.

Candi Gedong Songo

Lokasi: Desa Candi, Kec. Bandungan Semarang


 di dominasi oleh tempat wisata yang berbentuk gedung atau bangunan Tempat Wisata 7 Tempat Wisata di Semarang yang Menjadi Favorit Wisatawan


Secara Bahasa Gedong songo berarti Sembilan Kelompok Bangunan, nama ini diambil alasannya yaitu di daerah ini terdapat 9 buah candi yang terletak di tempat berbeda. Lokasinya yang berada di lereng gunung ungaran, akan memanjakan anda dengan pemandangan alam yang indah ala pegunungan. Di sekitarnya juga ada hutan pohon pinus yang semakin menambah pesona tempat wisata ini.

Untuk hingga ke candi yang pertama, anda harus berjalan menyusuri jalan setapak sejauh 200meter dari pintu masuk. Namun kalau anda ingin menghemat energi, anda sanggup memakai jasa penyewaan kuda yang ada di sekitar daerah tersebut.

Di antara candi ke 3 dan 4, terdapat sumber air panas alam yang biasa dimanfaatkan warga untuk menghangatkan diri atau berenda, alasannya yaitu dipercaya sanggup menyembuhkan banyak sekali penyakit.

Tiket Masuk Kawasan candi Gedongsongo

  • Dewasa/5 tahun ke atas   : Rp 5.000/orang
  • Wisatawan Asing              :Rp 25.000/orang

Masjid Agung Jawa Tengah

Lokasi: jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah



 di dominasi oleh tempat wisata yang berbentuk gedung atau bangunan Tempat Wisata 7 Tempat Wisata di Semarang yang Menjadi Favorit Wisatawan


Masjid Agung Jawa Tengah yaitu Masjid agung pujian masyarakat Semarang .Masjid ini di desain dengan sangat megah d iatas lahan dengan luas 10 Hektar . Masjid ini dibangun dengan mencampurkan gaya arsitektur antara Jawa dan Yunani. Sungguh sebuah mahakarya indah yang patut dibanggakan.

Ada sebuah menara menjulang tinggi di daerah ini, “Asmaul Husna” itulah nama yang diberikan kepada menara ini. Di dalam menara ini terdapat museum perkembangan islam Jawa tengah pada lantai ke 2 dan 3. Selain itu di lantai puncak terdapat Restoran dan Hotel dengan view panorama kota Semarang. Dari atas menara ini anda sanggup menikmati pemandangan kota Semarang dari ketinggian 99meter. Sungguh pengalaman yang menakjubkan kalau anda menyempatkan diri berkunjung ke daerah ini.

Lihat Peta Lebih Besar

Itulah sedikit ulasan mengenai tempat wisata di Semarang yang sanggup anda jadikan pilihan. Semoga bermanfaat,

Sumber http://travellesia.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata 7 Daerah Wisata Di Semarang Yang Menjadi Favorit Wisatawan. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata 7 Daerah Wisata Di Semarang Yang Menjadi Favorit Wisatawan"

Post a Comment

Bali Attractions