Tempat Wisata Wisata Kebun Sayuran Di Natural Farmhouse Lembang Bandung

wisata kebun sayuran di natural farmhouse lembang bandung Tempat Wisata wisata kebun sayuran di natural farmhouse lembang bandung
wisata kebun sayuran di natural farmhouse lembang bandungwisata kebun sayuran di natural farmhouse lembang bandung Tempat Wisata wisata kebun sayuran di natural farmhouse lembang bandung

Bandung memang dikenal sebagai kota kembang. Namun, bukan alasannya julukan itu jika wieke lorenz lantas menyediakan kuliner berbasis bunga. semua itu ada wisata kebun sayuran di natural farmhouse lembang bandung. Itulah hasil sampingan dari suatu impian untuk ikut memelihara alam.

Saat mengunjungi tempat wisata kebun sayuran di natural farmhouse lembang bandung , sepasang suami istri sedang bercakap-cakap dengan seorang perempuan berambut panjang.

Dari dialog tersebut tahulah bahwa pasangan itu sedang memsan makan siang untuk disantap deesokan harinya di tempat ini. Yang tidak biasa, mereka memesan salad bunga! Tidak hanya itu, pada ketika berkunjung, mereka juga disuguhi yoghurt yang di atasnya juga terdapat bunga.

Hal tersebut bisa anda dapatkan di perkebuanan terpadu milik wieke lorenz. Anda jangan lantas berpikiran tempat itu ialah sebuah restoran alasannya sajian itu hanya merupakan belahan dari konsep pertanian terpadu ala wieke.

Kebun sayuran yang disebutnya sebagai natural farm house ialah kebun alami.”bagi aku pada dasarnya ialah keep the nature, menjaga alam,” tutur perempuan asal purwokerto ini.

Belum bebas pestisida

Perempuan yang pernah mengenyam pendidikan perhotelan  di bali ini menerangkan, kebunnya memang tidak disentuh oleh pupuk kimiawi ataupun pestisida. Meski begitu, ia menolak bila disebut kebunnya hanya  berisi tumbuhan organik. Sebab ia tidak bisa menjamin tanamannya bebas dari pestisida yang disemprotkan oleh pemilik pemilik kebun di sebelahnya.

“Saya tidak bisa menyampaikan hasil kebun aku ialah tumbuhan organik alasannya lahan di sebelah kiri dan kanan aku masih memakai pestisida”ucapnya.meski tidak dalam jumlah cukup besar, paling tidak ada pertisidayang mampir ke lahan seluas 5.000 meter persegi itu.

Perkebunan yang sudah dimulai semenjak tahun 1993 ini memang sudah diidam-idamkannya semenjak dulu. Bersama suaminya, christoph lorenz, sarjana pertanian jurusan tumbuhan pangan lulusan universitas bomm, wieke mewujudkan keinginannya itu. Lembang dipilih alasannya menurutnya, banyak orang menyampaikan tempat tersebut manis untuk bercocok tanam.


Setelah tanahnya didiamkan selam beberapa waktu, mulailah wieke menanami lahannya tersebut. Tanaman yang banyak ditanam ketika ini ialah selada. Jenisnya pun bermacam-macam, ada australian yellow, american brown, batavia, romana dan juga lolo rossa.

Namun, petak-petak lahan yang ada tidak semuanya ditanami selada. Ada juga tumbuhan obat maupun bumbu serta tumbuhan pagar menyerupai stroberi atau teh. Ada pula tumbuhan untuk pakan ternak.

Tumpang sari

Yang membuat unik, tumbuhan tersebut tidak bangun sendiri, melainkan membuatkan lahan pula dengan tumbuhan lain atau istilahnya tumpang sari. Ada makna yang terkandung dalam tumpang sari tersebut.”dalam hidup kita dihentikan serakah, tetapi harus berbagi”,tutur wieke filosofis.

Rasa membuatkan ini juga diungkapkan lewat caranya dalam menolak hama.perempuan dua anak ini tidak mau memakai pestisida untuk membasmi hama. Baginya, hama juga makhluk hidup.”tuhan membuat sesuatu itu niscaya ada kegunaannya.”

Oleh alasannya itu, di lahannya ia  menanam flora yang berfungsi mengusir hama.misalnya, di petak selada ditanam daun bawang. Tujuannya, semoga kutu loncat tidak jadi merusak selada, tetapi malah lari ke daun bawang. Begitu juga denga bunga warna kuning yang berada di sekeliling petak lahan, ya ng berkhasiat untuk mengusir kupu-kupu. Kalau ada bunga berwarna, kupu-kupu akan bahagia hinggap di sana. Jadi, jika mau bertelur dan jadi ulat ya silahkan saja di bunga itu.

Bukan hanya tumbuhan yang bisa mengusir hama, binatang ternaknya pun bisa, contohnya ayam mutiara. Dikatakan wieke, pada jam-jam tertentu  ayam tersebut akan dikeluarkan untuk mencari ulat pada tanamannya. Dilahan  tersebut, selain dipakai untuk tanaman, wieke juga memperlihatkan ruang untuk ternak, mulai dari ayam aneka macam jenis, kambing, bebek, hingga marmut.

Demikian wisata kebun sayuran di natural farmhouse lembang bandung


Sumber https://www.senibudayawisata.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Wisata Kebun Sayuran Di Natural Farmhouse Lembang Bandung. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Wisata Kebun Sayuran Di Natural Farmhouse Lembang Bandung"

Post a Comment

Bali Attractions