Tempat Wisata Wisata Alam : Penderasan Benang Kelambu Stokel Lombok

air terjun tiga susun ini berada di daerah hutan lindung yang dijadikan hutan kemasyaraka Tempat Wisata wisata alam : gerojokan benang kelambu stokel lombok
wisata alam : air terjun benang kelambu stokel lombokair terjun tiga susun ini berada di daerah hutan lindung yang dijadikan hutan kemasyaraka Tempat Wisata wisata alam : gerojokan benang kelambu stokel lombok

Ibarat wanita belia, benang kelambu stokel belum bergincu, masih orisinil dan lugu.air terjun tiga susun ini berada di daerah hutan lindung yang dijadikan hutan kemasyarakatan.
Memasuki hutan praya di sebelah selatan daerah taman nasional gunung rinjani, lombok, terasa menyenangkan.


Kawasan hutan produksi seluas 1.500 hektare dari jumlah 15.000 hektare hutan alami yang ada ini di kelilingi sawah, sehingga dari kejauhan terlihat paduan banyak sekali jenis tanaman.


Dari mataram, ibu kota NTB, hutan itu sanggup dicapai dalam waktu 30 menit dengan kendaraan beroda empat pribadi.daerah praya ini bahwasanya juga dikenal sebagai penghasil kerajinan tradisional ibarat gerabah, topeng, dan tenun, baik ikat maupun songket.


Tempat ini sanggup menjadi persinggahan yang menarik bagi pelancong yang kebetulan berada di pulau lombok.
Kembali ke daerah hutan, selain kerindangan pohon mahoni yang sanggup terlihat sejauh mata memandang, juga penuh dengan flora kopi.


Diantara pohon mahoni dan kopi itu, ada pula pohon durian dibelit flora vanila. Pohon sirih menjulur di antara cabang-cabang pohon bajur, yaitu sejejnis mahoni berserat bergairah serta pohon kayu dan flora merambat lainnya.


Kawasan hutan lindung yang pohon-pohonnya dulu sering ditebang oleh penduduk setempat untuk dijadikan kayu bakar atau materi pembuat rumah itu disulap menjadi hutan kemasyarakatan.
Penyuluhan sistematis yang dilakukan dinas kehutanan dati II lombok tengah semenjak tahun 1997 cukup berhasil. Dengan sisitem reboisasi tumpangsari, daerah ini menjadi hutan produksi yang menghasilkan banyak sekali komoditi. Didalam kawasan  hutan inilah terdapat gerojokan bersusun tiga yang berjulukan benang sekotel.



Banyak jalam menuju rinjani


Dari benang sekotel, anda sanggup menikmati keindahan puncak gunung rinjani dan danau segarak anak yang terletak di taman nasional gunung rinjani (TNGR).dari puncak rinjani, anda sanggup menikmati pemandangan seputar pantai ampenan, mataram.gemerlap kota denpasar pun terlihat jelas.


Di danau segarak anak, anda sanggup berkemah sambil memancing ikan gurame dan nila yang beratnya mencapai 8 hingga 10 kg per ekor. Tempat itu sanggup didaki melalui jalan setapak selama sekitar  4 jam.dari situ  ke pncak rinjani, anda hanya butuh waktu dua jam lagi.


Setelah hingga di danau segarak anak, sebaiknya anda beristirahat dulu, jangan terburu-buru meneruskan ke puncak gunung rinjani. Sebab, jalan setapak berikutnya mencapai kemiringan hingga 85 derajat. Danau segarak anak juga meudah dicapai dari benang sekotel. Air terjun benang sekotel itu masing-masing berjarak 2 km dan 9 km. Jalan setapak yang mneghubungkannya pun relatif teratur.

Satu gulung

Sesuai bahasa  setempat, benang stokel berarti “benang satu gulung”. Di bersahabat anutan gerojokan bawah terdapat goa.
Namun, alasannya yakni posisinya yang curam di tebing sungai, jangankan mencapai lubang di bawah goa, ;untuk menuju ke sana sungguh sulit.
Dari posisi lubang yang tak mungkin dicapai dari atas tebing inilah kemudian muncul nama benang sekotel.
Seberapa panjang pun benang  yang anda ulurkan untuk menyentuh lubang iru , bahkan hingga satu gulung, tak akan mungkin benang yang anda ulurkan berhasil menyentuh lubang.

Pembibitan buah

Di daerah anda sanggup naik kuda sambil berkeliling hutan kemasyarakatan yang penuh ditumbuhi pepohonan. Di dalam hutan flora industri itu terdapat sebuah green house, yaitu tempat pembibitan flora buah.keungggulan flora prosuksi di benang sekotel ini tidak memakai pestisida.tak salah jikalau vanila di sini sudah menerima lisensi dari sebuah perusahaan amerika serikat. Hasil panennya sanggup pribadi di ekspor ke negara paman sam itu.


related post





Sumber https://www.senibudayawisata.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Wisata Alam : Penderasan Benang Kelambu Stokel Lombok. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Wisata Alam : Penderasan Benang Kelambu Stokel Lombok"

Post a Comment

Bali Attractions