Tempat Wisata Pesona Objek Wisata Penderasan Sedudo Nganjuk Jawa Timur

pesona objek wisata gerojokan sedudo nganjuk jawa timur Tempat Wisata pesona objek wisata gerojokan sedudo nganjuk jawa timur
pesona objek wisata gerojokan sedudo nganjuk jawa timurpesona objek wisata gerojokan sedudo nganjuk jawa timur Tempat Wisata pesona objek wisata gerojokan sedudo nganjuk jawa timur

Objek wisata ini tak hanya mengatakan keindahan panorama alam dan sejuknya guyuran air, juga ritual tradisional di ketika belan prunama. Dari ritual itulah sebatang pemikiran sungai dihayati sebagai sumber kehidupan.
Berada di tempat gunung wilis yang berpanorama indah dan berhawa sejuk, objek wisata gerojokan sedudo bisa di pilih sebagai tujuan wisata yang menyenangkan.


Meski hanya ada air terjun, pengunjung akan segera tahu, gerojokan itulah yang mengatakan berkah secara hemat serta mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat sekitar.
Setidaknya air yang mengalir dari gerojokan itu bisa membrikan suplai air yang cukup sepanjang tahun bagi ratusan hektare sawah dan kebun.


Sepanjang perjalanan 30 km ke arah barat daya dari kota nganjuk, anda memang akan menenmukan pemandangan khas dusun dengan acara masyarakatnya yang sebagian besar petani.sekitar 30 menit barulah anda menemukan jalan aspal yang mulai menanjak. Embusan angin yang mengalir pelan pun juga berganti lebih hambar dan cahaya mata hari sudah tak lagi terperinci sebab tertutup kabut sore.


Seperti putri raja


Dalam suasana hening, sejuk, dan nyaman serta hamparan hijaunya pepohonan alam, gerojokan sedudo tampak menyerupai putri kerajaan yang tengah berdiri elok di tengah taman nan asri. Jadi, siapa pun rasanya ingin berjalan mendekat untuk menikmati keindahan dan berlama-lama duduk di dekatnya.

Setelah mata dan batin terpuaskan oleh keindahan alam sekitar dan sesaat kaki meninjak di pelataran parkir,anda eksklusif sanggup menikmati pesona air  terjun sedudo dari atas.tak lebih dari lima menit menuruni tangga, anda sudah hingga di pelataran gerojokan sedudo yang resmi direkomdasikan sepuluh tahun lalu.
Pada awalnya memang pelataran yang tertata rapi dengan segala kemudahan menyerupai tempat istirahat pengunjung dan bangunan penunjang lainnya belum ada.

Bahkan, kolam tempat berendam atau berenang bagi pengunjung yang menampung air trjun gres dibangun sekitar lima tahun lalu. Syukurlah, dengan segala kemudahan yang ada ketika in menyerupai ruang ganti, toilet, tempat istirahat danberbagai rmah makan serta toko cendera mata, pengunjung jadi lebih nyaman dan betah menikmati keindahan gerojokan yang tingginya sekitar 100 meter itu.

Bunyi serangga bercampur dengan gemuruh guyuran air di bebatuan membuat alunan musik alam yang membuat kita merasa lepas dari beban kehidupan sehari-hari.
Bagi pengunjung yang tak tahan hambar tetapi ingin berendam disarankan untuk menentukan waktu berendam ketika terik matahari.di ketika menyerupai itu meski air tetap dingin, tidak terlalu mengingit tulang sebagiamana pada pagi atau sore hari.

Berkah Ki Ageng Ngaliman

Setiap objek wisata tentu mempunyai nilai lebih, semisal dongeng lain mengenai tempat itu, yang membuat objek tersebut tambah menarik. Begitu juga halnya dengan gerojokan sedudo.
Di ketika bulan pernama di bulan suro misalnya, di tempat itu program ritual diselenggarakan, sehingga membuat sedudo jauh lebih ramai dari hari-hari biasa.

Menurut rahman yang sudah pu;uhan tahun menjadi juru kunci di tempat wisata itu, menurut scerita turun temurun, dulu tempat sedudo merupakan temapt pertapaan ki ageng ngaliman, tokoh penggerak penyebaran agama islam  di nganjuk waktu itu.

Sebagai penghormatan atas jasa-jasanya, setiap bulan suro sebuah upacara ritual selalu digelar. Ritual yang diberi nama pengambilan air sedudo itu diisi dengan program iring-iringan gadis terambut panjang yang berbusana moral jawa, berjalan perlahan menuju kolam yang berada sempurna di bawah air terjun. 

Lima gadis terdepan membawa klenting, sedang sepuluh lainnya mengiringi para pembawa klenting itu. Tembang ilir- ilir mengiringi langkah mereka. Tak usang kemudian, ke 15 gadis yang di sebut putri tirtosari itu tiba di kolam yang sudah menunggu lima pemuda, yang juga berpakaian ala abgi keraton di kerajaan jawa. Lima cowok dengan sebutan jejaka taruna inilah, yang akan mengamabilkan air pusaka dari gerojokan sedudo.

Begitu lima gadis pembawa klenting sudah berhadap-hadapan dengan jejaka taruna , guci aneka warna itu derahkan. Tak berapa lama, kelima cowok menuju dasar gerojokan yang bersuara gemuruh.
Mereka menengadahkan klenting itu, dan air sedudo yang dipercayai penuh khasiat, memnuhi kelima  guci. Air sedudo di dalam lima klenting iru, kemudian dipersembahkan sebagai sesaji.

Awet muda dan berwibawa

Sesaji tersebut dibutuhkan sanggup membawa berkah keselamatan bagi warga kota nganjuk.bau dupa yang diletakkan di akrab kolam oleh seorang petugas di awal upacara mengengtalkan nuansa gaib itu.
Kuatnya kesan gaib ini seiring dengan keyakinan masyarakat nganjuk dan juga jatim, wacana khasiat air sedudo. Warga yakin, dengan mandi di gerojokan tersebut, mereka akan memperoleh berkah, entah berupa abadi muda, murah rezeki, atau berkah makin berwibawa, khususnya bagi para pejabat atau bos perusahaan.
Mereka percaya, air yang mengalir tak henti-hentinya mengalir disedudo, bersumber dari tempat keramat, ialah tempat para ilahi bersemayam.

Tak heran , ketika malam tahun gres hijriah (1 muharam) atau biasa dikenal malam 1 suro oleh masyarakat jawa, ribuan pengunjung selalu memadati sedudo, mereka mandi beramai-ramai di kolamnya.
Aspek sejarah lain, khususnya wacana pemanfaatan sedudo oleh kalangan raja dan ulam di zaman kerajaan majapahit dan kejayaan islam, sangat menghipnotis kepercayaan masyarakat wacana khasiat gerojokan tersebut. Di zaman majapahit, sedudo sering dipakai untuk mencuci senjata pusaka milik raja dan patih dalam prana parstista.

Sementara di zaman kerajaan islam, sedudo sangat dikenal sebagai tempat pertapaan ki ageng  ngaliman.
Untuk mencapai objek wisata ini, anda sanggup memakai segala macam alat transportasi. Meski tidak ada angkutan umum yang eksklusif menuju  objek wisat , banyak mpbil sewaan yang siap mengantar anda. Jadi, pastikan anda berkunjun gke gerojokan sedudo, bila kebetulan melintasi kota nganjuk bersama keluarga.


related post





Sumber https://www.senibudayawisata.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Pesona Objek Wisata Penderasan Sedudo Nganjuk Jawa Timur. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Pesona Objek Wisata Penderasan Sedudo Nganjuk Jawa Timur"

Post a Comment

Bali Attractions