Tempat Wisata Bali Bird Park : Daerah Wisata Kebun Hewan Taman Burung Bali

 tempat wisata kebun hewan taman burung bali Tempat Wisata bali bird park : tempat wisata kebun hewan taman burung bali
bali bird park : tempat wisata kebun hewan taman burung bali tempat wisata kebun hewan taman burung bali Tempat Wisata bali bird park : tempat wisata kebun hewan taman burung bali

Satu lagi hiburan bila berkunjung ke bali. Keindahan aneka burung dari aneka macam penjuru dunia ddapat dinikmati di sebuah taman seluas dua hektare. cocok untuk menambah wawasan wacana satwa anggun seisi keluarga.

Bali sebagai daerah tujuan objek wisata yang populer, memang menyediakan secara lengkap objek yang sanggup memuaskan wisatawan.


Salah satu di antaranya ialah kebun hewan taman burung bali  ( bali bird park ). Dengan lokasi yang relatif gampang di jangkau dari kuta , sanur , denpasar, maupun dari nusa dua , hampir tak ada alalsan bagi anda untuk tidak mengunjunginya.berbeda dengn taman burung yang ada di tman mini indonesia indah (TMII) taman burung bali(TMB) ini lebih luas dan lengkap, yaitu sekitar dua hektare.jumlah koleksi burungnya mencapai 1000 an ekor dari sekitar 200 spesies yang berbeda, dengan lingkungan yang bersih, sejuk, indah dan romantis. Taman ini bahkan lebih menarik daripada yang ada di singapura.


Taman yang terletak di daerah singapadu ini dibangun pada 1995. Pembangunan taman ini tak lain merupakan perwujudan cita-cita darisang kreator, edi swoboda yang sekaligus bertindak sebagai perancang.

Taman  ini di buat berkelompok sedemikian rupa, sesuai asal negara dan daerah. Setiap jenis burung diusahakan ibarat berada di habitat aslinya.

Hasil rancangan edi itu sanggup kita lihat mulai dari gerbang masuk hingga pintu keuar. Begitu memasuki areal taman burung, keteduhan dari pohon-pohon daerah tropis yang berjajr di sepanjang jalan setapak mengitari taman sanggup kita rasakan.


Sekitar 300 pohon eksotis itu, beberapa di antaranya sudah jarang ditemui dan sulit untuk dikembangbiakkan, menambah kenyamanan ketika melihat burung-burung yang beraneka ragam.

Burung tangkaran


Pada bab perawatan yang terletak di sisi depan taman, kita sanggup melihat beberapa telur atau bayi burung yang gres menetas. Saat senior berkunjung , di tempat itu terdapat bayi burung kaktua, nuri celoteh, dan betet kongo abu-abu.

Semua bayi burung itu dalam keadaan sehat dan perkembangannya pun normal. Makskud penetasan di dalam ruang perawatan tidak lain untuk mengurangi stres induk burung. Dan dengan cara ini pula, akan dihasilkan burung-burung jinak.


Kebanyakan burung yang berada di dalam taman ini ialah hasil perawatan dari staf mahir taman tersebut.

Sejak dibuka, taman burung ini telah menangkarkan lebih dari 150 ekor burung. Termasuk di antaranya ialah enam ekor burung jalak bali yang  keberadaannya di alam bebas sudah sangat langka, yaitu hanya sekitar 20 ekor saja.

Sebagai catatan, burung jalak bali yang terdapat di taman burung ini awalmulanya ialah derma pasangan anisa dan gilang waworuntu, suami istri pecinta satwa langka.

Kaos dan foto bersama burung

Salah satu daya tarik taman burung bali yang segera menciptakan pengunjung jatuh cinta ialah di bab depan taman itu segera terlihat burung-burung besar jinak berwarna warni yang dibiarkan lepas. Tujuannya tak lain supaya pengunjung sanggup bercengkerama pribadi dengan mereka. Burung-burung itu sanggup diminta untuk bertengger di bahu atau di tangan kita ketika berfoto. Kalau mau, foto anda bersama burung itu sanggup pribadi di cetak di selembar kaos.

Untuk berwisata di taman ini tidak sulit. Dihampir setiap hotel terdapat paket perjalanan ke taman tersebut.

Kalau anda tidak ingin ikut dalam paket perjalanan, sanggup saja menyewa kendaraan beroda empat atau memakai taksi untuk hingga kesana. Perjalanannya tidak terlalu jauh .sekitar 45 menit dari kuta.itu kalau di wilayah denpasar tidak terlalu macet.

Serasa dibelantara

Menikmati burung di taman ini sangat menyenangkan. Selain lingkungan dan suasananya yang memang menyenangkan, kita juga sanggup mengetahui sejarah singkat tiap jenis burung tersebut. Misalnya nama latinnya , penyebarannya, jenis makanan, habitat, serta cara pembiakannya.

Informsi itu sanggup kita baca dalam empat bahasa, yaitu indonesia, inggris, jepang, dan mandarin. Kalau malas membaca sendiri, kita sanggup menyewa pemandu yang ada di taman burung untuk memberi klarifikasi lengkap; pengunjung taman dipandu dengan tanda tanda arah, sehingga sanggup mengililingi taman tanpa melewatkan satu sisi pun.


Tidak semua burung berada di dalam kandang alasannya ada yang sengaja dilepas diareal taman, sehingga para pengunjung sanggup mengambil gambar, atau sekedar melihat keindahannya saja. Ada juga yang dilepas dalam taman yang luas dengan pepohonan yan grindang.


Di atas pohon dipasang jaring besat, biar burung tidak terbang ke luar taman. Ada juga yan gbisa di sekitar kolam, sehingga kita sanggup menyaksikan burung-burung itu mandi dan berenang.


Kita juga sanggup mnyaksikan burung flaminggo yang sedang berjemur di bawah sengatan matahari pagi di tengah kolam. Dengan melipat satu kakinya, flaminggo tahan berdiri berjam-jam lamanya.

Namun, anda dihentikan memberinya makan.hal ini dimaksudkan supaya bekas kuliner tidak mengotori areal taman, dan pengunjung tidak memberi kuliner yang salah.

Di daerah bird of africa misalnya, kita sanggup melihat sangkar-sangkar burung berukuran besar. Disisi ini kita sanggup melihat burung maccau dengan bermacam-macam warna. Ada yan gberwarna hijau , biru, dan bahkan keemasan.

Memasuki daerah rain forest habitat, alias habitat burung yang berada di daerah hutan, kita akan mencicipi ibarat berada di tengah hutan belantara. Kicauan burung yang terdengar dari segala arah dan keberadaan jembatan gantung yang artistik di tengah” hutan” itu akan menciptakan anda enggan beranjak.

Istirahat digubuk

Dengan jenis dan jumlah burung yang begitu banyak, kita sanggup menghabiskan waktu hingga setengah hari di taman ini, kalau ingin betul-betul menikmatinya. Tidak ibarat di taman-taman lain, di sini ada banyak tempat  bagi pengunjung untuk beristirahat bila kelelahan.

Pengunjung sanggup duduk-duduk di bale-bale gubuk di sudut-sudut taman sambil memandangi kehidupan burung-burung itu dan menikmati kerindangan pohon.

Kalau kemudian perut anda sudah berisik minta diisi, ada kafe kecil yang menjual minuman dan kuliner kecil. Takjauh dari situ, sebelum hingga pintu keluar, ada restoran anggun yang sanggup disinggahi. Di situ juga terdapat toko suvenir yang berkaitan dengan burung.

Sumber https://www.senibudayawisata.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Bali Bird Park : Daerah Wisata Kebun Hewan Taman Burung Bali. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Bali Bird Park : Daerah Wisata Kebun Hewan Taman Burung Bali"

Post a Comment

Bali Attractions