Tempat Wisata Wisata Mendaki Gunung Semeru

Wisata Mendaki Gunung Semeru - Bagi para pecinta alam, Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang wajib untuk didaki (dikunjungi). Dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut, Gunung ini mendapat prediakat gunung tertinggi di Pulau Jawa. Dan sampai ketika ini gunung Semeru juga masuk ke dalam jajaran gunung paling aktif di Indonesia. Seringnya mengalami letusan, terbentuklah sebuah kawah yang besar di puncak Semeru berjulukan Kawah Jonggring Saloko.



Gunung Semeru terletak di koordinat sempurna di 8°06' LS dan 120°55' BT dan terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang. Jalur pendakiannya pun sanggup melewati 2 kabupaten tersebut. Di kabupaten Malang, pos pendakian pertama dimulai di pos Ranu Pani, sedangkan dari Lumajang melalui Senduro.

Rute Pendakian
Untuk mencapai daerah gunung Semeru anda sanggup memulainya dari kota Malang maupun Lumajang. Jika anda memulai dari Malang, mulailah dengan naik angkutan umum yang mempunyai tujuan desa Tumpang. Turun di daerah pasar dan lanjutkan dengan naik truk atau kendaraan kecil dengan kolam terbuka. Biaya dari tempat tersebut menuju Ranu Pane sebesar Rp. 20.000,00. Di tempat tersebut ada sebuah pos pemeriksaan. Di sana anda sanggup mempersiapkan segala kebutuhan untuk mendaki ke Puncak Semeru. Dari tempat tersebut anda lanjutkan ke Watu Rejeng > Ranu Kumbolo.

Dirikan tenda di sekitar Ranu Kumbolo dan lanjutkan perjalanan esok hari ke Pos Kalimati. Dirikan tenda lagi di Pos tersebut dan mulai lagi perjalanan esok ke Arcopodo. Dan dari Arcopodo itulah anda harus menghabiskan 3-4 jam perjalanan menuju Puncak Semeru yang fenomenal.



Dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas permukaan bahari menciptakan puncak Semeru begitu dingin. Namun sebelum mencapai puncak anda akan mendapati hutan pinus dan cemara yang lebat. kalau anda beruntung anda juga akan menemui burung - burung khas dataran tinggi dan kijang yang sedang beraktivitas. Dan tidak lupa, anda juga sanggup menikmati pemandangan ladang Edelwiss yang ada di lereng gunung Semeru.

Berikut beberapa persyaratan pendakian Gunung Semeru :
  1. Mengisi form surat ijin pendakian yang tersedia dengan materai senilai Rp. 6.000 per kelompok
  2. Fotokopi identitas resmi (KTP/Kartu Pelajar/KTM/SIM/Pasport) yang masih berlaku untuk semua akseptor pendakian
  3. Bagi calon pengunjung yang berusia kurang dari 17 tahun disamping identitas diri bersangkutan harus pula menyertakan Surat Ijin Orang Tua/Wali yang ditandatangani diatas materai senilai Rp. 6000 serta dilengkapi fotocopy KTP dari orang tua/wali
  4. Membayar tiket sebesar Rp 10 ribu (pengunjung lokal) dan Rp 72.500 (wisatawan asing)
  5. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  6. Pengunjung perorangan diberikan 1 (satu) surat ijin pendakian
  7. Jumlah anggota pengunjung dalam 1 kelompok minimal 3 (tiga) orang
  8. Satu kelompok harus mempunyai 1 (satu) orang ketua kelompok yang berperan sebagai penanggungjawab kelengkapan manajemen dan keselamatan anggotanya
  9. Pendakian di tempat TNBTS disarankan untuk didampingi oleh pemandu yang disertifikasi oleh Balai Besar TNBTS
  10. Pengunjung pendakian Semeru dibatasi minimal usia 10 tahun.
  11. Batas waktu pendakian 3 x 24 jam, bila melebihi batas waktu akan dikenakan denda sebesar Rp 10 ribu/orang/hari untuk wisatawan lokal dan Rp 72.500 untuk turis absurd

Biaya dan Harga
Biasanya penyedia jasa pendakian akan menyediakan aneka macam kemudahan seperti: Transportas,  Tenda dan sleeping bag, Konsumsi, Perijinan Pendakian Bromo Semeru, Guide/ Pemandu, dan Porter.

Sedangkan untuk biaya memasuki tempat gunung Semeru sebesar 37.500,00 untuk hari biasa dan 67.500,00 untuk final pekan dan hari libur sanggup mencapai 67.500,00. Jika anda ingin memakai jasa guide, anda sanggup mencari jasa tour dengan aneka macam paket pendakian yang mengharuskan anda mengeluarkan biasa 200.000,00 - 300.000,00.


Sumber http://travellesia.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Tempat Wisata Wisata Mendaki Gunung Semeru. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Tempat Wisata Wisata Mendaki Gunung Semeru"

Post a Comment

Bali Attractions