Kuliner Nusantara: Berikut 10 Makanan Yang Wajib Dicoba Di Surabaya

Kota Surabaya di sebut juga kota pahlawan, alasannya populer akan usaha pemuda-pemuda surabaya yang mempertahankan kemerdekaan surabaya. Selain itu populer dengan destinasi wisata alamnya, tidak lupa surabaya sangat populer akan masakan dengan makanannya, berikut 10 masakan surabaya yang wajib dicoba:

1.Nasi Goreng Jancuk.



Saat berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk merasakan Nasi Goreng Jancuk.  Nasi Goreng Jancuk adalah  Nasi goreng yang  populer alasannya porsinya yang luar biasa banyak dan rasa pedasnya. Kuliner ini cocok  buat kau yang memang doyan kuliner pedas. Satu porsi nasi goreng ini dapat dinikmati untuk 4 hingga 5 orang dengan harga sekitar 100-an saja.Namun jikalau anda ingin merasakan nasi goreng jancuk yang orisinil maka anda dapat berkunjung ke Kartini Restoran yang ada di Surabaya Plaza Hotel yang tempatnya sempurna berada di belakang sentra perbelanjaan Delta Plaza, Sebelah kiri sesudah pintu masuk Hotel Surabaya Plaza.

2. Nasi Krawu

 
Mau sarapan yang enak di kota surabaya, yuk! jangan lama- usang nunggu eksklusif aja cicipi Nasi Krawu.  Nasi Krawu ini. Berasal dari Gresik, Nasi Krawu merupakan perpaduan antara nasi putih yang pulen dengan semur daging, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi.
Nasi Krawu pas bila disantap dikala sarapan. Nasi putih yang hangat berpadu dengan aneka lauk berbumbu gurih tentu akan memuaskan pengecap dan perutmu, harga nya juga murah lho!,  Jangan ragu untuk berkeliling kota Surabaya dan berburu masakan yang satu ini,

3. Rujak Cingur
 
  Jalan - jalan ke surabaya jangan lupa mencoba kuliner yang satu ini, yup! Rujak Cingur, berbeda dari rujak di tempat lain, Rujak Cingur merupakan  masakan yang unik alasannya isiannya terdiri dari aneka sayur, buah-buahan, dan lontong yang disiram bumbu kacang dan petis. Keunikannya alasannya masakan khas Surabaya ini juga memakai cingur alias hidung kerbau sebagai materi utama, selain itu Tyang membedakan rasa dan warna dari rujak cingur ini ialah materi bakunya yang disebut Petis  udang,karena ada istilah “Petis Udang no 1 ,no 2,dan no 3,” sesuai selera,  Nah kau berani coba gak?

4. Warung Kepiting Cak Gundul



Nama warung kepiting yang satu ini memang sudah terkenal. Pasalnya, Warung Kepiting Cak Gundul sudah ada di Surabaya semenjak tahun 1992 dengan salah satu hidangan andalannya yaitu kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Berlokasi di Jalan Kupang Indah, kau juga dapat menyantap aneka kuliner bahari seperti kerang, ikan, udang dan cumi di warung ini, yang rasanya juga lezat, selain itu harganya juga terjangkau, Nah dari itu yuk! kalau ke surabaya mampir ke warung kepiting Cak Gandul dijamin enak. 

5.  Tahu Tek

Sepiring tahu tek berisi tahu goreng, lontong, dan kentang yang digunting di atasnya.Dinamakan tahu tek alasannya gunting yang dipakai untuk memotong materi masakan (tahu, lontong, kentang, dan telur) dibunyikan terus seakan memotong, walaupun materi kuliner telah habis dipotong, sehingga ibarat berbunyi tek..tek..tek. Setelahnya ditambahkan kecambah dan taburan seledri serta disiram petis di atasnya. Tak lupa ditambahkan kerupuk juga sebagai pelengkap.
Dari segi tampilan, masakan Tahu Tek  boleh dibilang sederhana. Harga seporsinya pun terbilang murah alasannya dibanderol mulai dari 8 ribu saja. Tapi jangan salah, masakan yang menjadi ciri khas kota Surabaya ini boleh dibilang sebagai primadona masakan Surabaya lho!

6. Pecel Semanggi
Pecel yang satu ini sangat unik,karena materi yang dipakai bukan ibarat materi embel-embel yang biasa digunakan. Bahan yang dipakai ialah Daun Semanggi.


Semanggi ialah jenis flora yang daunnya dapat dimakan. Sama halnya ibarat kangkung, bayam, daun pepaya, dan dedaunan lain yang biasa dimasak sayur. Semanggi di Surabaya dan beberapa tempat di Jawa Timur lainnya biasanya diolah menjadi pecel.
 
7. Rawon Setan

Rawon ialah kuliner khas Jawa Timur, semacam soto tapi berkuah hitam pekat. Warna hitam ini berasal dari bumbu yang berjulukan kluwak. Rawon biasanya memakai materi daging sapi yang telah dipotong-potong dadu, dan seringkali ditambahkan adonan jeroan atau kikil sapi.
Di Surabaya sendiri, masakan rawon sudah jadi buruan para wisatawan. Salah satu yang paling populer ialah Rawon Setan karena potongan daging sapinya berukuran besar dan teksturnya empuk ketika digigit. Kalau berkunjung ke Surabaya, pokoknya kau wajib coba deh!

8. Lontong Balap-nya!

Lontong balap boleh dibilang sebagai ikon masakan kota Surabaya. Dinamakan lontong balap alasannya konon penjualnya memakai pikulan untuk menjajakan dagangannya. Lantaran berat, si penjual akan berjalan dengan tergesa-gesa sehingga seperti ibarat sedang balapan. Terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, lentho plus taoge yang melimpah dan lalu disiram kuah – masakan ini dijamin nikmat untuk disantap.

9. Tahu Campur 

 Surabaya juga punya masakan lain berjulukan Tahu Campur. Bedanya, camilan ini terdiri dari daging sapi, perkedel, tahu goreng, dan selada. Salah satu yang jadi rekomendasi ialah tahu campur di Jalan Kalasan No 22 Tambak Sari. Cukup dengan 8 ribu saja, kau sudah dapat menjajal lezatnya Tahu Campur khas Surabaya.

10. Warung Nasi Cumi Jalan Waspada .


Salah satu yang jadi daya tarik wisatawan ialah masakan malam di Surabaya. Dari mulai bubur ayam hingga nasi goreng pun ada di sepanjang jalan-jalan protokol kota Surabaya. Dan salah satu yang layak dijajal ialah Warung Nasi Cumi di Jalan Waspada atau dikenal juga dengan Warung Nasi Cumi depan Pasar Atom.
Ada tiga macam hidangan nasi cumi yang ditawarkan disini, yaitu nasi cumi peyek, nasi campur dan nasi komplit, dan  soal rasa jangan ditanya. Harga kuliner di sini dibanderol mulai harga 15 ribuan saja.

Surabaya pokok-e juarane kuliner, kalau jalan-jalan jangan lupa mampir rek kulinere surabaya emang joss?








 


 


Sumber https://jajanankulinernusantara.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Kuliner Nusantara: Berikut 10 Makanan Yang Wajib Dicoba Di Surabaya. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Kuliner Nusantara: Berikut 10 Makanan Yang Wajib Dicoba Di Surabaya"

Post a Comment

Bali Attractions