Kuliner Nusantara: 5 Masakan Khas Ambon Yang Unik Dan Buat Nagih



Hai apa kabar semuanya, hari ini saya akan membahas beberapa kuliner khas ambon lho? hemm, ambon ialah kota yang populer akan destinasi wisata alam nya lho,  di ambon juga memiliki  beberapa gunung api yang aktif nan indah bila ingin berwisata ke ambon. Selain itu  juga disebut nirwana nya rempah yang tumbuh subur di tanah ambon atau di sebut Maluku., jalan-jalan di ambon tidak lengkap bila tidak mencoba masakan yang ada di ambon lho? yuk kita lihat apa aja masakan di ambon?

1. Papeda 



Papeda,merupakan kuliner khas Ambon. Papeda merupakan kuliner pokok masyarakat Ambon yang terdapat di hampir semua kawasan di Ambon .Bahan baku papeda ialah sagu yang diolah menjadi  bubur, berwarna putih, bertekstur mirip lem dan rasa orisinil papeda ialah hambar. Papeda sebaiknya disantap ketika masih panas bersama kuah ikan kuning. Yang menciptakan cita rasa papeda mantap ialah kuah ikannya .Cara menyantap papeda cukup unik, yaitu papeda dipilin dengan alat mirip sumpit kayu, kemudian dipindahkan ke piring yang diberi kuah kuning kemudian diseruput dari piringnya dan tanpa terputus, dijamin unik, dan nagih ketika memakan kuliner khas ambon yang wajib ini.

2. Makanan Khas Ambon – Ikan Komu Asar


Nah, selain papeda ada lagi masakan khas ambon lho? yakni ikan komu asar. Asar dalam bahasa Indonesia artinya asap. Makara ikan komu asar ialah kuliner yang berasal dari ikan segar jenis tongkol, cakalang atau tuna yang dimasak dengan cara ditusuk dengan bambu kemudian diasap selama kira-kira satu jam. Ikan komu asar ini paling nikmat disantap dengan nasi dan sambal colo-colo. 

3. Makanan Khas Ambon – Sambal Colo-Colo


 Daftar di atas sedikit membahas sambal colo-colo. Sambal colo-colo ini merupakan sambal khas yang menjadi pemanis wajib bagi masyarakat Ambon dalam menikmati makanannya.Sambal colo-colo terbuat dari rempah-rempah mirip bawang merah, cabe rawit, tomat muda, daun seledri yang diiris dan dicampur menjadi satu, kemudian diberi taburan garam dan disiram perasan jeruk nipis. Sambal colo-colo ini juga sanggup ditambahkan dengan daun kemangi dan irisan kenari mentah, sanggup juga ditambahkan kecap bagus .Sambal super pedas ini disajikan tanpa diulek. Rasa sambalnya cukup unik, perpaduan antara pedas dan asam dari perasan air jeruk nipis cukup menggoyang pengecap dan menciptakan ketagihan, apalagi di santap bersamaan dengan ikan komu asar mantap jiwa!

4. Makanan Khas Ambon – Kohu-Kohu


Cukup unik nama kuliner yang satu ini, Kohu-Kohu. mungkin, Jika di Jawa ada urap-urap maka di Ambon ada kohu-kohu, mirip namun tak sama. Kohu-kohu  merupakan salah satu masakan khas Ambon yang memakai sayur-sayuran mentah mirip kacang panjang, tauge, mentimun, dan daun kemangi, kemudian diaduk bersama irisan bawang merah, bawang putih, cabai, perasan jeruk nipis, suwiran ikan cakalang yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan kelapa parut, dilihat dari proses pembutannya sangat berbeda, dengan urap yang ada di jawa, bila semua materi yang di masak semua kalau Kohu-Kohu semua materi mentah.Selain itu yang membedakan ialah tambahan suwir ikan cakalang nya, ikan itu juga dapa di ganti dengan ikan yang lain. Kohu-kohu paling nikmat bila disantap dengan singkong, talas, ubi jalar, atau pisang rebus. 

5. Makanan Khas Ambon – Rujak Natsepa


Siapa yang gak suka rujak? pastinya semua orang suka sekali dengan kuliner yang satu ini, rujak aneka macam macamnya, biasa yang kita kenal rujak buah yang berisi macam-macam buah di tambah dengan bumbu kacang yang pedas dan asam, ada juga rujak cingur disini berbeda sekali mirip pecel dan juga di tambah dengan cingur lho? sedangkan Nama rujak natsepa ini berasal dari nama tempatnya, yaitu pantai Natsepa. Rasa rujak natsepa ini sangat enak, gurih dan segar alasannya ialah berasal dari buah-buahan segar, mirip mangga, nanas, papaya, pala, belimbing, bengkoang, dan jambu.Bumbunya terbuat dari adonan gula aren, kacang tanah goring, asam jawa dan garam yang diulek menjadi satu.Rujak yang satu ini sanggup dinikmati ketika berkunjung ke pantai Nestapa.
Itulah, beberapa daftar masakan berasal dari kota Ambon, Gimana niscaya pada ingin tau nih dengan nama-nama makanannya, apa lagi dengan rasa nya niscaya cocok sekali  dengan penyuka pedas lho, selain unik proses pembuatnya, kuliner ini susah sekali untuk di lupakan lho? yuk mari kita lestarikan baik budaya, pariwisata, dan masakan yang ada di indonesia kita ini?


Sumber https://jajanankulinernusantara.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Kuliner Nusantara: 5 Masakan Khas Ambon Yang Unik Dan Buat Nagih. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Kuliner Nusantara: 5 Masakan Khas Ambon Yang Unik Dan Buat Nagih"

Post a Comment

Bali Attractions