Kuliner Nusantara: 5 Kuliner Khas Semarang Yang Melegenda

 Kali ini kita akan jalan-jalan ke kota semarang, kota semarang  terletak sekitar 558 km sebelah timur Jakarta, atau 312 km sebelah barat Surabaya, atau 621 km sebalah barat daya Banjarmasin .  Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat.Luas Kota 373.67 km2. Semarang di juluki kota metropolitan kelima yang berkembang pesat, selain itu di semarang aneka macam masakan yang populer lezat, yuk intip apa aja masakan yang ada di semarang?.

1.  Lumpia Gang Lombok



Semarang  populer sekali  dengan masakan lumpianya. Kuliner khas peranakan China ini  menempel berpengaruh sebagai ikon dari kota Semarang. Warung lumpia tertua yakni Lumpia Gang Lombok No. 11. Warung Lumpia Gang Lombok terletak di dekat Klenteng Tay Kak Sie, yang berlokasi di sekitaran Pasar Johar Semarang dan tidak buka cabang. Disini tersedia dua jenis lumpia, yakni berair dan goreng. Lumpia yang dijual sungguh enak dengan kulitnya  terasa lembut dan isiannya yang padat. Perpaduan rebung muda, udang dan telor terasa pas dan tidak berbau, ditambah lagi jikalau dinikmati bersama saus dan daun bawang segar. Toko Lumpia ini sanggup kalian kunjungi ketika pukul 08.00 pagi, masakan ini sanggup dijadikan buah tangan untuk keluarga.


 2.  Rumah Makan Asem-asem Koh Liem



Siapa yang tak suka jalan -jalan ke semarang, ketika jalan-jalan niscaya tak lengkap jikalau tidak merasakan masakan yang ada di semarang, apa lagi cuaca yang ketika ini tidak bersahabat, dengan suhu yang panas niscaya ingin sekali makan dengan rasa yang berbeda, yah kuliner  Asem-asem ala Koh Liem. salah satu masakan yang menyajikan sebuah kuliner dengan sensasi berbeda lho? sajian utama nya terdiri dari daging sapi yang di potong kotak-kotak, kemudian di mix dalam kuah yang rasanya masin asam. menarik sekali bukan, Meski sajian andalah di Rumah Makan Koh Liem ini ialah asem asem, tetapi rumah makan Asem-asem juga menyediakan  aneka sajian kuliner lain menyerupai kikil lombok ijo, bandeng sarden dan lontong cap gomeh. tempatnya, di Jalan Karang Anyar, Semarang.

 3. Mie Siang Kie



Kota semarang memang tidak lupa selalu di lengkapi dengan masakan yang berasal dari khas masakan pranakan tionghoa, kenapa begitu, alasannya ialah sajian satu ini juga sedikit adonan akan masakan yang ada di tionghoa, salah satu nya Mie Siang Kie. kuliner  ini cocoknya buat yang gemar menikmati olahan daging babi. Bernama Mie Siang Kie merupakan sebuah rumah makan yang menghadirkan sajian olahan babi sebagai primadonanya. Menu apa itu? Namanya mie pangsit. Nah cuman mie pangsit disini memakai olahan daging babbi. Kuliner Mie Siang Kie sendiri terdiri dari olahan mie, yang diberi toping ayam suwir, kuah kaldu, sawi rebus dan krupuk pangsit yang isinya ialah daging babi. Jika mau mencoba silahkan tiba ke daerah Gang Lombok, Semarang.

4.  Soto Bangkong



Kuliner yang berjulukan soto niscaya lah seluruh nusantara niscaya suka akan sajian kuliner yang satu ini, di semarang mempunyai soto yang tak kalah lezat, ya,  Soto Bangkong, masakan yang satu ini disebut sebut telah ada semenjak 1950 an. Dan ketika ini Soto Bangkong masih sanggup bertahan ditengah persaingan para masakan lain. Hal ini tersebut tentu saja bukan tanpa alasan.  Soto Bangkong sanggup populer sampai ketika ini,  dikarenakan memang sajian sotonya yang istimewa dan memakai bumbu rahasia. Sajian Soto Bangkong sendiri terdiri dari bihun, irisan bawang, kuah, ayam suwir dan bawang goreng kriuk. Cita rasa kelezatannya yang khas siap untuk memanjakan pengecap setiap penikmatnya, apa lagi ketika cuaca di kota semarang dalam cuaca yang dingin, cocok sekali bersaptap dengan masakan Soto Bangkong,  Selain sajian soto, rumah makan yang satu ini juga menyediakan sajia sajian lain menyerupai bernafsu asem dan ayam goreng rempah. silakan berkunjung  ke Jalan Setiabudi No, 229, Semarang.


5.  Pisang Plenet



Buah pisang tidak hanya di makan secara langsung, tetapi sanggup diolah menjadi salah satu masakan yang enak dan lezat, di semarang mempunyai sajian yang unik, yakni Pisang Planet. Kata Plenet berarti penyet dalam bahasa Jawa. Diplenet berarti dipenyet atau ditekan.  pembuatannya, pisang dipilih dari jenis pisang kepok raja yang sudah benar benar matang dan berwarna kuning supaya rasanya manis, kemudian dibakar diatas bara api sampai layu dan berwarna kecoklatan, kemudian diplenet memakai papan kecil menyerupai talenan. Kemudian pisang dioles margarin dan iolesi dengan bermacam-macam variasi pilihan rasa, menyerupai cokalt, keju, selai strawberry,selai nanas, kacang dan gula putih. Selanjutnya,satu persatu pisang plenetnya ditangkupkan menyerupai sandwich. menarik sekali bukan, yuk berkunjung di  daerah Gajah Mada, Semarang dengan harga Rp. 6.000,- per porsinya.

 Itulah, sedikit 5 Kuliner yang ada di semarang, masih banyak lagi masakan yang ada di semarang, untuk itu ketika berkunjung ke semarang jangan lupa untuk mencoba ke 5 Daftar Kuliner khas semarang, di jamin bakal ketagihan lho?


Sumber https://jajanankulinernusantara.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Kuliner Nusantara: 5 Kuliner Khas Semarang Yang Melegenda. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Kuliner Nusantara: 5 Kuliner Khas Semarang Yang Melegenda"

Post a Comment

Bali Attractions