Kuliner Nusantara: 4 Masakan Khas Bali Paling Enak

Kota Bali ialah tempat wisata yang paling di minati para wisatawan, apalagi para mancanegara berbondong-bondong ingin berlibur di kota bali, selain pengunjung di manjakan oleh destinasi keindahan alam nya yang asri, kota bali juga terkenal dengan masakan khas bali, yuk simak 5 kuliner khas bali yang paling enak?

1. Bebek Betutu

. Bebek Betutu ialah kuliner khas kota bali, yang sangat di sukai, alasannya mempunyai ciri khas rasa yang enak. Cara memasaknya cukup unik, yaitu daging belibis yang telah dibumbui harus dipijat-pijat terlebih dahulu. dengan dipijat-pijat maka daging belibis akan menjadi empuk dan bumbunya meresap sampai ke tulang. Bebek yang telah dipijat kemudian dibungkus dengan memakai daun pisang atau daun pinang kemudian dipanggang dalam api sekam. Proses memasak belibis betutu membutuhkan waktu berjam-jam sehingga belibis betutu hanya dimasak ketika ada program budbahasa atau upacara keagamaan.

2. Bubur Mengguh

Bubur mengguh merupakan bubur khas dari kawasan Bali utara (Buleleng) yang sering disajikan ketika upacara adat, berbeda dengan bubur ayam di kawasan lain. Bubur mengguh terbuat dari beras dan santan yang disajikan dengan ayam suwir yang dibumbui kemudian disiram kuah ayam kental dan urap sayur yang disajikan terpisah. Citarasanya sangat komplit, perpaduan gurih dan agak pedas dengan renyahnya sayur urap.

3. Srombotan

Srombotan merupakan sayuran khas Klungkung, Bali berupa lalapan sayur menyerupai kangkung, kacang panjang, dan kubis yang diberi bumbu yang disebut kalas. Kalas yaitu santan yang diberi kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur kemudian dimasak sampai kental. Kalas inilah yang menjadi ciri khas srombotan. Srombotan ini harus disajikan dengan bumbu kacang dan bumbu pedas yang dicampur sampai merata.

4. Nasi Jinggo

Nasi jinggo (atau nasi jenggo) merupakan kuliner khas Bali berupa nasi putih yang disajikan dalam bungkus daun pisang dengan lauk pauk dan sambal. Nasinya disajikan seukuran kepalan tangan saja dan lauk pauknya biasanya ialah sambal goreng tempe, serundeng dan ayam suwir


Semoga isu artikel ini sanggup bermanfaat untuk rujukan ketika ingin mengunjungi kota bali, kota bali ialah nirwana nya dunia yang hanya di miliki oleh indonesia.


Sumber https://jajanankulinernusantara.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Kuliner Nusantara: 4 Masakan Khas Bali Paling Enak. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Kuliner Nusantara: 4 Masakan Khas Bali Paling Enak"

Post a Comment

Bali Attractions